4 Kebiasaan yang Jadi Penyebab Kerusakan Pada Ginjal

saturadar.com | Jika ingin memiliki ginjal yang sehat, ada banyak cara sederhana yang bisa kita lakukan, misalnya dengan tidak menunda membuang air kecil, banyak minum air putih, dan tidak mengonsumsi suplemen minuman atau makanan berpengawet. 

Ketika ginjal mempunyai bermasalah, pasti akan langsung ada perubahan yang terasa dalam tubuh kita. Oleh sebab itu, kita sering kali dilarang mengonsumsi makanan olahan dan disarankan mengonsumsi makanan seperti kubis, kembang kol, bawang putih, apel dan lain sebagainya.

Selain makanan, gaya hidup dan rutinitas kita juga akan berdampak pada kesehatan ginjal kita. Berikut ini 4 kebiasaan yang harus dijauhi karena dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. 4 hal tersebut antara lain :

1. Mengonsumsi Terlalu Banyak Garam
Mengonsumsi garam dalam level yang tinggi dapat mengakibatkan rusaknya ginjal. Saat mengonsumi garam dengan berlebihan, ginjal akan berupaya keras untuk keluarkan garam tersebut dari tubuh. Hal inilah yang akan menurunkan kekuatan ginjal akibat retensi air. Retensi air menyebabkan tekanan darah hingga mengarah pada gagal ginjal.

2. Menahan Kencing Dalam Kurun Waktu yang Lama
Menahan kencing terlalu lama tidak baik bagi kesehatan ginjal, karena kadung kemih yang penuh dalam kurun saat yang cukup lama dapat menjadi sarang bakteri, karena bakteri berkembang biak didalam urine. Hal inilah yang mengakibatkan infeksi saluran kemih atau infeksi ginjal. Selain itu memaksakan menampung urin di kandung kemih atau menahan kencing dapat mengakibatkan tenakan pada ginjal yang nantinya memicu gagal ginjal dan inkontinensia.

3. Pemakaian Obat Pereda Rasa Sakit
Pemakaian obat pereda rasa sakit juga ternyata berdampak buruk bagi ginjal. Analgesik dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal, karena tubuh akan mengurangi darah yang mengalir ke ginjal dan hal ini sangat mempengaruhi fungsi ginjal. Penggunakan obat ini dalam kurun waktu yang lama akan memicu gagal ginjal akut atau penyakit ginjal serius yang biasanya dikenal dengan nefritis intertisial kronis.

Baca Juga : Berolahraga Dengan Aktif Tidak Jadi Jaminan Terhindar dari Serangan Jantung

4. Kurang Banyak Mengonsumsi Air Putih
Mengonsumsi banyak air putih merupakan langkah terbaik untuk menghindari dehidrasi. Ketika Tubuh kita mengalami dehidarsi, aka nada banyak sel tubuh yang akan mati. Demikian juga pada ginjal, saat tubuh kekurangan cairan, maka kondisi ginjal juga akan terganggu. Setiap orang dianjurkan untuk minum air sebanayak 8 gelas dalam sehari, untuk orang dewasa sebagian 10 sampai 12 gelas dalam satu hari, sesuai dengan bobot tubuhnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel