Inilah 5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Orang Terdekat Ingin Bunuh Diri

Saturadar.com |  Mendengar orang asing mengucapkan keinginan untuk mati merupakan hal yang mengerikan. Akan tetapi mendengar kelurga atau orang terdekat ingin mengakhiri hidupnya adalah salah satu hal yang paling mengerikan yang pernah dialami seseorang. Lalu sebaiknya apa hal yang harus dilakukan jika orang terdekat ingin bunuh diri.

Agar bisa menguasai diri dan menghentikan niat seseorang untuk bunuh diri, Inilah 5 hal yang harus dilakukan jika mengetahui orang terdekat ingin bunuh diri.

1. Membuka Diri dan Mau Menerima
Menunjukkan simpati dan mau berempati tanpa menilai atau menghakimi. Bersikap sabar dan tenang, kemudian terimalah situasi dan kondisinya saat itu. Orang tersebut pastinya akan menghargai perilaku itu dan mau belajar bersikap dari kita.

2. Berbagi dari Hati ke Hati
Jangan takut salah bicara, pastikan orang tersebut mennyadari bahwa kita betul peduli dan mengasihinya. Dan jangan berusaha untuk menjadi orang lain ketika berhadapan dengan mereka, menjadi diri sendiri dan tunjukkan bahwa kita berusaha untuk selalu ada baginya.

3. Menjadi Pendengar yang Baik
Orang dengan niat bunuh diri pada umumnya membawa beban berat dan merasa sudah tidak mampu lagi menanggungnya. Berikanlah waktu dan hati yang tulus untuk menjadi mendengar yang baik bagi segala keluh kesah, perasaan, kemarahan, kesepian, dan keterpurukan mereka. Kadang kala, menjadi pendengar yang baik sudah cukup membantu meringankan beban mereka.

4. Membahas Motif Bunuh Diri
Jangan takut untuk bertanya motifnya mengapa mereka hendak mengakhiri hidupnya, jawaban yang dikemukakan akan membantu kita untuk menolongnya.

5. Mencari Tahu Kebenaran dan Solusinya
Orang yang hendak bunuh diri seringkali menunjukkan perubahan sikap dan perilaku, kita hendaknya memperhatikan hal ini dan jangan ragu bertanya masalah dan beban pikiran yang ditanggungnya. Jika pembahasan sampai ke tingkat “saya berfikir untuk mengakhiri hidup”, maka tanyakan dia tiga pertanyaan ini:
1. bagaimana caranya kamu ingin mengakhiri hidupmu?
2. bagaimana kamu mempersiapkannya?
3. kapan waktu yang tepat untuk kamu melakukan?


Pada dasarnya mayoritas orang tidak akan pernah menjawab hal ini dengan mendetail. Yang berarti bunuh diri sebenarnya bukan pilihan yang sungguh-sungguh diinginkannya. Ingatkan dan tegur, karena berfikir bodoh untuk mengakhiri hidup dengan bunuh diri, dan pastikan ia menerima masukan tadi dan jika perlu berikan bantuan profesional.

Akan tetapi, apabila jawaban yang diberikan sangat detail dengan perencanaan yang matang untuk mengakhiri hidup, makan jangan ragu untuk menghubungi pihak yang berwajib. Calon pelaku mungkin akan sangat marah pada Anda, tetapi ingatlah nyawa orang terdekat kita jauh lebih berarti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel