Pengertian Abiotik : Definisi dan Faktor Abiotik

Pengertian Abiotik
Apa yang dimaksud dengan Abiotik? Pengertian abiotik berbeda dengan antibiotik. Terkadang ada kata atau istilah yang masih asing di telinga kita, yang bahkan kurang kita mengerti makna atau arti kata itu yang sebenarnya, dan kadang kita juga sering salah mengartikan makna kata tersebut.

Oleh karenanya perlu di cek terlebih dahulu di Kamus Besar Bahasa Indonesia mengenai definisi dari kata tersebut, salah satunya adalah abiotik. Jika kata atau istilah antibiotik, mungkin sudah banyak orang yang tahu dan sering menggunakannya, namun untuk kata atau istilah abiotik mungkin masih jarang yang menggunakannya dalam percakapan sehari-hari dan jarang juga orang yang tahu makna kata tersebut. Nah simak mengenai pengertian abiotic sebagai berikut ini.

Definisi Abiotik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian abiotik itu bisa dimaknai sebagai tidak hidup, atau bisa juga dikatakan sebagai mati, atau disebutkan juga sebagai tidak memiliki ciri hidup ataupun benda tidak hidup atau berhubungan dengan atau bercirikan oleh tidak adanya organisme hidup, semacam itu. Sangat jauh ya ternyata artinya dengan kata antibiotik, yang artinya agak sedikit berbeda, yakni zat kimia yang dihasilkan dari mikroorganisme tertentu.

Hal-hal yang Masuk dalam Kategori Abiotik

Kategori Abiotik
Beberapa hal yang termasuk dalam kategori dan dapat memenuhi kriteria untuk dapat disebut sebagai abiotik tersebut antara lain adalah batu kali, atau tanah atau udara atau cahaya sinar matahari, atau air, atau topografi, atau kelembaban, atau garam mineral, atau Ph derajat keasaman, atau salinitas yakni tingkat keasinan kadar garam suatu air, arus air ombak, atau angin atau cuaca atau iklim dan lain sebagainya. Segala sesuatu yang tidak hidup di lingkungan ekosistem dapat masuk dan bisa disebut sebagai abiotik.

Penggunaan Kata Abiotik

Kata atau istilah abiotik ini banyak dan lazim dipergunakan dalam ilmu ekologi yang mempelajari mengenai lingkungan dan habitatnya, atau lebih tepatnya adalah ilmu yang mempelajari mengenai interaksi hubungan antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya dan juga dengan benda mati yang ada dalam habitat lingkungannya.

Komponen Abiotik adalah salah satu kombinasi kata yang sering digunakan dan bisa menjadi contoh dari penggunaan kata abiotik tersebut. Makna dari kalimat komponen abiotik adalah  komponen yang terdiri dari beberapa benda-benda mati yang merupakan unsur-unsur penyusun ekosistem, yang dapat berupa unsur kimiawi ataupun unsur fisik, yang menjadi medium atau substrat berlangsungnya ekosistem pada suatu habitat kehidupan.

Contoh kalimat lain dalam penggunaan kata abiotik ini adalah kalimat gejala alam abiotik, yang maksudnya adalah berbagai gejala alam yang terjadi pada dan sebagai akibat dari perubahan benda-benda mati penyusun komponen habitat lingkungan, yakni seperti puting beliung, yang merupakan gejala alam dari unsur udara dan angin, lalu ada fenomena tsunami yang merupakan gejala alam dari ombak dan air laut, dan lain sebagainya.

10 Contoh faktor abiotik antara lain :


  1. air
  2. sinar matahari
  3. kelembaban
  4. iklim
  5. suhu
  6. pH
  7. tanah
  8. sinar matahari
  9. tekanan udara
  10. pasang surut air laut


Lawan Kata Abiotik

Kata abiotik ini memiliki lawan kata, yakni biotik. Makna dari kata atau istilah biotik tentu saja akan berlawanan dengan makna atau arti dari kata abiotik. Jika makna dari kata atau istilah abiotik ialah komponen habitat lingkungan yang terdiri dari aneka macam dan jenis benda-benda mati maka makna dari kata atau istilah biotik itu ialah sebaliknya, yakni komponen habitat lingkungan yang terdiri dari aneka macam dan jenis makhluk hidup, dalam hal ini maka manusia adalah termasuk ke dalam kategori sebagai salah satu unsur dari komponen biotik. 

Contoh faktor biotik antara lain :


  1. tanaman hijau (pohon pisang, mangga, rumput)
  2. jamur
  3. bakteri
  4. ganggang
  5. herbivora (rusa, sapi, domba),
  6. karnivora (beruang, singa, anjing)
  7. omnivora (burung, tupai, tikus dan manusia)
  8. cacing tanah
  9. kaki seribu
  10. kepiting

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai pengertian abiotik, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel