Bahaya Membiarkan Bayi Tertidur di Dada Orangtua

saturadar.com | Walaupun dada ayah atau ibu adalah tempat yang hangat atau nyaman bagi bayi, namun ternyata para orangtua tidak disarankan untuk membiarkan bayinya tertidur di dada.

Ada banyak bahaya yang mungkin timbul antara lain risiko sesak napas atau sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Menurut penelitian yang dilakukan oleh organisasi yang memberi saran keamanan tidur pada bayi, Lullaby Trust, orangtua yang tertidur dengan membiarkan bayi terlelap di dadanya adalah tindakan berbahaya.

Risiko SIDS pada bayi dapat meningkat hingga 50 persen.
Tidak hanya itu saja, sebuah laporan di Inggris dan Wales memperkirakan satu dari enam bayi yang mengalami SIDS, terjadi saat tertidur dengan orang dewasa di sofa.

Menurut juru bicara Lullaby Trust, tidur di sofa atau kursi dengan bayi merupakan salah satu situasi paling beresiko.

Orangtua yang tidur bersama dengan bayi dianggap sebagai topik kontroversial. Di banyak negara dengan budaya yang berbeda, bayi yang tidur bersama orang dewasa adalah hal biasa, sedangkan di negara barat hal tersebut sangat tidak direkomendasikan.

Menurut Lullaby Trust, kalau bayi tertidur ketika sedang dipeluk di dada, segera letakkan di tempat tidurnya. Sedangkan pada ibu menyusui, sebaiknya ada orang dewasa lainnya yang ikut menemani, atau para ibu dapat menyusui bayi dalam posisi yang tidak memungkinkan bayi tertindih.

Para orangtua yang merokok, mengonsumsi alcohol dan obat-obatan, atau sedang sangat kelelahan juga tidak disarankan tidur bersama dengan bayinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel