Pengertian Aerophone Adalah : Prinsip dan Keunikan Alat Musik Aerophone

Pengertian Aerophone Adalah
Apa yang dimaksud dengan aerophone? Alat musik yang telah dibagi berdasarkan sumber suaranya, dan salah satunya adalah jenis alat musik Aerophone. Secara umum, definisi alat musik aerophone adalah alat musik yang sumber suaranya berasal dari udara.

Pengertian Aerophone


Memiliki kemampuan memainkan musik adalah sebuah kelebihan, apalagi jika keahlian tersebut diasah dan ditekuni, sudah bisa dipastikan dalam jangka panjang akan menjadi sebuah kemahiran yang mungkin tidak bisa dinilai dari segi materi.

Ada banyak manfaat dalam bermusik, selain untuk mengisi waktu luang, bisa juga untuk menghibur diri dan orang lain. Tidak ada orang yang tidak menyukai musik, hanya saja selera setiap orang berbeda, tergantung genre musik atau jaman.

Tidak hanya jenis musiknya, akan tetapi alat musik juga bermacam-macam. Dibawah ini adalah macam-macam jenis alat musik dibedakan dari media dan sumber suaranya, diantaranya adalah:

1. Membranophone

Membranphone merupakan jenis dari peralatan musik yang suaranya dihasilkan dari pembentangan selaput membran. Selaput yang di maksud bisa berasal dari kulit kambing, sapi, domba, dan dari berasal dari beragam kulit sintetis yang tersedia.

Contoh alat musik yang digolongkan sebagai alat musik membranphone seperti rebana, drum, kendang dan alat perkusi lainnya. Bunyi yang dihasilkan beragam, tergantung dari cara memainkan dan tingkat kerasnya pukulan.

2. Chordophone

Chordophone merupakan jenis dari peralatan musik yang suaranya dihasilkan dari petikan atau gesekan pada senar atau dawai.

Contoh alat musik yang digolongkan sebagai alat musik chordophone adalah kecapi, harpa, biola, banjo, cello, dan sebagainya. Ciri utama alat musik chordophone adalah adanya senar atau dawai pada peralatan musik tersebut.

3. Idiophone

Idiophone merupakan  jenis dari peralatan musik yang suaranya dihasilkan dari resonansi benda metal atau logam yang terdengar ketika alat musik ini digoyang, di gesek, di tepuk dan lain sebagainya.

Contoh alat musik yang digolongkan sebagai alat musik idiophone  antara lain adalah gong, bel, simbal, kulintang dan lain sebagainya.

4. Electrophone

Electrophone merupakan  jenis dari peralatan musik yang suaranya dihasilkan dari komponen elektronik yang ada pada alat musik tersebut. Bisa dikatakan alat musik electrophone merupakan alat musik yang lebih kekinian.

Contoh alat musik yang digolongkan sebagai alat musik elctrophone antara lain gitar elektrik, drum elektrik, biola elektrik dan peralatan musik elektrik yang lainnya.

5. Aerophone

Aerophone merupakan  jenis dari peralatan musik yang suaranya dihasilkan dari perpaduan antara ruangan resonansi pada alat musik dengan getaran udara. Sebagian alat musik aerophone merupakan alat musik yang tergolong tradisional.

Contoh alat musik yang digolongkan sebagai alat musik aerophone adalah seruling, akordion, clarinet, harmonica, recorder, melodeon, saxophone, pianika, terompet dan lain sebagainya.

Prinsip Alat Musik Aerophone

Jika dilihat secara lebih detail, pengertian aerophone adalah peralatan musik yang sumber bunyinya adalah berupa udara. Peralatan musik yang masuk dalam jenis ini cara memainkannya adalah dengan cara di tiup oleh pemusiknya.

Yang jadi pertanyaannya adalah bagaimana dan dari  mana bunyi yang indah itu muncul? Bunyi indah pada jenis musik aerophone terjadi karena adanya getaran yang terjadi di dalam alat musik yang akhirnya menghasilkan bunyi suara yang merdu dan bervariasi.

Pada dasarnya cara memainkan alat musik ini adalah dengan memberi tekanan udara didalam alat musik dengan menggunakan nafas. Kemudian variasi bunyi yang dihasilkan alat musik tadi akan keluar dari alat sesuai dengan nada yang sudah disesuaikan dengan desain lubang pada alat musik tersebut, sehingga bunyi-bunyian yang dihasilkan pun berbeda-beda.

Keunikan Musik Aerophone

Pengertian Aerophone
Para musisi biasanya menggunakan jenis alat musik aerophone, sebagai penyempurna atau untuk memperindah bunyi-bunyian dari alat musik yang lain. Pada dasarnya alat musik aerophone memang bukanlah alat musik utama, akank tetapi keberadaannya mampu menjadikan sebuah lagu menjadi lebih harmonis sehingga akan semakain enak didengar.

Itulah yang menjadikan alat musik aerophone unik dan berbeda dengan jenis alat musik yang lainnya.  Genre musik yang sering melibatkan alat musik yang satu ini adalah pop jazz, klasik dan jazz yang hadir dengan ritme lagu yang unik dan musik-musik tradisional.

Itulah penjelasan singkat mengenai alat musik aerophone berserta dengan keunikannya dalam perpaduan musik. Semoga artikel ini bisa menambah informasi dan bermanfaat bagi para pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel