Pengertian Akor Adalah : Fungsi dan Macam-Macam Akor


Pengertian Akor Adalah
Apa arti akor? Dalam dunia musik, definisi akor merupakan hal yang tidak asing lagi. Sebab akor memang berhubungan langsung dengan nada dan lagu, sehingga wajib bagi para seorang pemain musik untuk bisa memahami mengenai hal seperti ini. Dibawah ini adalah informasi yang bermanfaat bagi kita untuk lebih memahami pengertian akor, fungsi dan macam-macamnya. 

Pengertian Akor

Sebelum membahas lebih jauh sebaiknya kita lihat pengertian akor secara umum terlebih dahulu, sehingga kita bisa lebih memahaminya dengan mudah. Akor merupakan paduan beberapa nada yang jika dimainkan dengan secara bersamaan akan dapat terdengar lebih harmonis. Dan jika dilihat dari penyajiannya, akor memang dapat dimainkan secara bersamaan atau serentak ataupun bergantian. 

Paduan nada ini pada biasanya sebagai penyerta melodi, dan keterpaduan nada-nada yang terdapat di dalam akor akan terlihat pada aransemen lagu yang nantinya dimainkan dengan menggunakan banyak alat musik serta aransemen lagu untuk paduan suara.

Tak hanya itu saja, nada-nada yang memang berasal dari instrumen musik ataupun dari berbagai jenis suara yang nantinya akan dibunyikan dengan secara bersamaan maka akan membentuk suatu akor. Jadi, akor ini memang tidak hanya berperan sebagai penyerta saja melainkan juga dapat menyatu dengan melodi.

Fungsi Akor di Dalam Dunia Musik

Setelah melihat pengertian akor secara umum, mari kita lihat juga fungsi akor dalam dunia musik. Dimana akor tidak hanya berperan sebagai penyerta saja akan tetapi akor yang nantinya di mainkan juga bisa dapat menyatu dengan baik dengan melodi.

Dibawah ini adalah beberapa fungsi dari akor, yaitu diantaranya:
  • Pengiring sebuah nyanyian.
  • Sebagai panduan terciptanya lagu dengan lebih mudah.
  • Memudahkan mengaransemen sebuah lagu.

Itulah beberapa fungsi dari akor yang dapat kita dilihat seperti diatas. Walaupun terkesan umum, tetapi jika sudah memahami polanya maka akan menjadi semakin mudah dan akan sangat membantu pemain musik untuk menciptakan atau mengaransemen sebuah lagu.

Macam-Macam Akor

Akor Balikan adalah
Sesudah memahami pengertian dan fungsi dari akor, kita juga akan membahas tentang macam-macam akor. Macam-macam akor yang dimaksud terbagi sebagai berikut :

  • Akor mayor
  • Akor dominan septim
  • Akor minor
  • Akor diminished
  • A kor minor 6
  • Akor augmented
  • Akor mayor 7 dan yang lainnya.


Dari sekian banyak macam-mcam akor, ada beberapa akor yang memang sering digunakan atau dipakai langsung dalam lagu, antara lain akor mayor, akor dominan septim dan juga akor minor.

Untuk akor yang lainnya tentu akan digunakan juga, tetapi pada umumnya hanya digunakan untuk memperindah ataupun mengubah kualitas dari lagu tersebut.

Tak hanya itu saja, penyisipan akor didalam lagu tentu akan berbeda-beda sehingga memberikan efek rasa yang berbeda pula terlebih lagi dalam iringan suatu lagu. 

Untuk tingkatan akor pada suatu nada tentu memiliki 7 tingkatan yaitu diantara seperti:

  1. Akor tingkat I yaitu c’ – e’ – g’ yang disebut dengan tonika yang diberi nama C Mayor.
  2. Akor tingkat II yaitu d’ – f’ – a’ yang disebut dengan Super Tonika dan diberi nama sebagai D Minor.
  3. Akor tingkat III yaitu e’ – g’ – b’ disebut dengan Median serta di beri nama E Minor.
  4. Akor tingkat IV yaitu f’ – a’ – c” disebut dengan Sub Dominan dan diberi nama F Mayor.
  5. Akor tingkat V yaitu g’ -  b’ – d” yang disebut Dominan dan diberi nama G Mayor.
  6. Akor tingkat VI yaitu a’ – c’ – e” yang disebut Sub Media dan diberi nama dengan A Minor.
  7. Akor tingkat VII yaitu b’ – d’ – f” disebut dengan Introduktor atau leading not yang diberi nama Bdim.


Jadi itulah beberapa informasi yang dapat kita lihat mengenai pengertian, fungsi dan macam-macam akor. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan informasi kepada para pembaca mengenai pengertian kata akor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel