Pengertian Ancaman Adalah : Jenis dan Contoh Ancaman


Pengertian Ancaman Adalah
Apa yang dimaksud dengan ancaman? Seperti yang ketahui bahwa ancaman memang merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi, terlebih pada suatu negara dengan warga negara yang memiliki keberagaman. Lemahnya aturan hukum dalam sebuah sistem pemerintahan juga dapat meresahkan masyarakat, dan karena ancaman kerap kali hadir di tengah-tengah masarakat umum. Nah, sebetulnya apa definisi ancaman tersebut? Mari kita lihat selengkapnya dari artikel dibawah ini.

Pengertian Ancaman 

Jika dilihat secara umum ancaman merupakan sebuah usaha ataupun kegiatan, baik itu yang dilakukan di dalam negeri ataupun yang berada di luar negeri yang dapat dinilai sebagai bentuk kejahatan dan bisa pula membahayakan identitas nasional, keutuhan wilayah negara serta sebagainya.

Tak hanya itu saja, apabila dilihat lagi dari arti yang luas, maka arti ancaman yaitu suatu usaha yang memang bersifat merugikan karena dapat merubah ataupun mengganti dari suatu kebijakan yang memang telah ada secara konsepsional sehingga berbentuk dalam tindak kriminal dan politis untuk bisa mencapai tujuan yang memang diinginkan atau direncanakan.

Ancaman tentunya menjadi suatu permasalahan yang dapat meresahkan masyarakat suatu negara. Dari dulu hingga saat ini, ada banyak sekali peristiwa yang merupakan ancaman bagi keselamatan masyarakat di berbagai negara.


Jenis-Jenis Ancaman

Untuk jenis-jenis ancaman terbagi menjadi dua yaitu ancaman militer dan juga ancaman non militer. Penjelasan lengkapnya adalah seperti yang ada dibawah ini.

1. Ancaman Militer

Ancaman militer merupakan sebuah ancaman yang sangat besar karena biasanya akan menggunakan atribut militer seperti senjata serta alat militer yang lainnya. Ancaman seperti tentunya membahayakan kedaulatan suatu negara ataupun wilayah, sehingga akan membuat masyarakat menjadi resah dan khawatir. Ancaman militer yang terjadi bisa dari dalam negeri ataupun luar negeri.

Contoh ancaman militer antara lain :
  • Terorisme
  • Pemberontakan bersenjata
  • Gerakan separatis dan makar
  • Agresi militer dari negara lain
  • Pelanggaran wilayah oleh negara lain


2. Ancaman Non Militer

Ancaman non militer yang terjadi terhadap sebuah negara biasanya terjadi pada negara sifatnya tradisional. Jika dikaitkan dengan ancaman militer seperti poin pertama tentu tidak jauh berbeda, hanya saja ancaman non militer ini memiliki perbedaan jika dilihat dari segi bentuknya.

Dimana ancaman non militer tidak bersifat fisik, dan bentuknya pun tidak terlihat karena memang ancaman seperti ini biasanya berhubungan langsung dengan ekonomi, sosial budaya, ideologi, dan teknologi.

Contoh-Contoh Ancaman

Setelah melihat pengertian ancaman dan juga jenisnya, tentu tidak lengkap rasanya tanpa adanya contoh dari ancaman. Untuk itu, mari kita lihat mengenai contoh-contoh ancaman seperti yang sudah ada dibawah ini, antara lain :

1. Ancaman Pada Lingkungan Masyarakat

  • Masyarakat masih banyak yang tidak menyadari bahwa vandalisme sangat merusak lingkungan, pengerusakan hingga pencurian fasilitas umum masih marah terjadi hingga hari ini.
  • Kesenjangan sosial dan tingginya angka kemiskinan berperan besar dalam meningkatnya kriminalitas dalam sebuah wilayah bahkan negara, bisa kita lihat nyata terjadi pada negara brasil.
  • Gaya hidup konsumtif menjadi bumerang dikalangan masyarakat menengah kebawah, selain menggerogoti mental secara tidak langsung hal tersebut akan membawa masyarakat kedalam kemiskinan.
  • Kurangnya kecintaan masyarakat akan budaya leluhur mempengaruhi kebanyakan orang di sekitar untuk mengikuti hal yang sama, hal ini akan menghilangkan identitas dan jati diri sebuah bangsa yang sejak dahulu memegang nilai-nilai luhur yang diajarkan oleh tetua-tetua dan leluhur kita.


2. Ancaman Pada Skala Nasional dan Internasional


  • Pemberontakan angkatan perang ratu adil di Bandung pada Januari tahun 1950.
  • Sabotase di GBK pada saat momen Asian Games pada tahun 1962.
  • Pelanggaran batas wilayah oleh Malaysia terhadap Indonesia di laut Sulawesi pada tanggal 24 dan 25 Februari 2007.
  • Pelanggaran batas wilayah Filipina yang berujung deportasi 39 warga Filipina pada April 2018 dari pelabuhan Belitung oleh keimigrasian Sulawesi.
  • Oktober 2018 terjadi penangkapan ikan laut ilegal, yakni dua kapal ikan asal Vietnam yang ditangkap di Laut Natuna.
  • Pemberontakan oleh Gerakan Aceh Merdeka dan Organisasi Papua Merdeka.
  • Terorisme berskala internasional yang memiliki jaringan antar negara, misalnya seperti ISIS (Islamic State of Iraq and Syria).


Dan masih sangat banyak lagi contoh lainnya jika kita berbicara mengenai ancaman. Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian ancaman, jenis-jenis, dan contoh ancaman, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel