Pengertian APBN Adalah : Fungsi dan Tujuannya

Pengertian APBN adalah
Apa yang dimaksud dengan APBN? Dan apa fungsi APBN? Dalam sebuah negara, untuk mengatur seluruh kegiatan perekonomian nasional tentunya harus dilakukan dengan baik. Kebutuhan atau pengeluaran tersebut biasanya diuraikan langsung oleh APBN sehingga perincian mengenai pendapatan negara serta pengeluarannya dapat dicatat dengan lengkap.

Penyusunan APBN Indonesia dilakukan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan nantinya akan disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat RI.

Nah, sebetulnya apa sih pengertian APBN ini? Apa pula fungsi dan tujuannya? Dan kenapa harus melalui proses yang panjang? Untuk selengkapnya, mari kita baca pada artikel dibawah ini.

Pengertian APBN

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau disingkat dengan APBN merupakan suatu daftar rencana semua penerimaan dan pengeluaran pemerintah Republik Indonesia dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan. 

APBN akan disusun dalam jangka waktu satu tahun yaitu mulai pada tanggal 1 Januari hingga 31 Desember dan ditetapkan langsung dengan undang-undang yang berlaku serta dilaksanakan secara terbuka dan juga bertanggung jawab penuh untuk kemakmuran rakyat.

Fungsi APBN

Selain melihat pengertian APBN, disini kita juga akan melihat fungsi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Fungsi APBN dibagi menjadi dua bagian, apa saja dua bagian tersebut? Mari kita lihat selengkapnya dari penjelasan dibawah ini.

A. Fungsi APBN Dari Segi Kebijakan Fiskal

Jika kita lihat dari segi kebijakan fiskal, maka fungsi APBN ini masih terbagi lagi menjadi tiga, antara lain : 

1. Fungsi Alokasi

Fungsi alokasi APBN dari segi kebijakan fiskal adalah untuk mengatur agar APBN dapat digunakan dengan baik sesuai dengan keperluannya. Agar alokasi dana yang terdapat dari seluruh pendapatan negara baik itu seperti pembiayaan pembangunan hingga kepada pos-pos belanja khususnya dalam pengadaan barang atau jasa publik, bisa dibagikan dan dikelola dengan sebaik-baiknya.

2. Fungsi Distribusi

Fungsi distribusi APBN dari segi kebijakan fiskal adalah untuk menciptakan pemerataan ataupun dapat mengurangi kesenjangan mengenai suatu wilayah, kelas sosial dan juga sektoral. 

APBN yang diterima selain digunakan langsung untuk kepentingan umum seperti pembangunan serta kegiatan penyelenggaraan pemerintah, maka juga bisa disalurkan kembali kepada masyarakat seperti beasiswa, dana pensiun dan sebagainya.

3. Fungsi Stabilitas

Fungsi stabilitas APBN dari segi kebijakan fiskal berguna untuk mengendalikan stabilitas perekonomian negara (terkhusus dalam bidang fiskal). Misalnya ketika terjadi ketidakseimbangan yang cukup ekstrim dalam perekonomian, maka dengan demikian pemerintah bisa melakukan intervensi melalui anggaran sehingga dapat mengembalikan keadaan menjadi normal. 


B. Fungsi APBN Dari Segi Manajemen

Fungsi APBN Dari Segi Manajemen adalah sebagai berikut :
  • Sebagai alat kontrol masyarakat mengenai kebijakan yang telah dibuat langsung oleh pemerintah.
  • Sebagai pedoman bagi pemerintah untuk dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan program pada periode yang akan datang.
  • Sebagai parameter keberhasilan program kerja pemerintah dalam melaksanakan kebijakan dan juga program-program yang memang telah direncanakan.


Tujuan Penyusunan APBN

Setiap perencanaan yang dilakukan pemerintah pastinya memiliki tujuan yang baik, apalagi jika menyangkut Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Tujuan dasar penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tersebut adalah untuk mempersiapkan pembiayaan segala kepentingan khususnya untuk negara Indonesia, untuk dapat mewujudkan perekonomian nasional yang terbilang lebih baik lagi.

Selain itu, dari perincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ini, pemerintah sendiri juga jadi dapat melihat langsung seberapa besar penerimaan maupun pengeluaran negara setiap tahunnya.

Itulah beberapa informasi yang  bisa kita lihat mengenai pengertian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, beserta dengan fungsi dan tujuannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan informasi yang diperlukan oleh para pembaca, khususnya mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau disingkat dengan APBN.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel