Pengertian Agresif Adalah : Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenis Agresif

Pengertian Agresif Adalah
Apa yang dimaksud dengan agresif? Banyak orang yang salah mengartikan tentang definisi agresif. Ada yang mengatakan jika agresif ialah pilihan tindakan yang diambil ketika pemikiran terganggu oleh karena sebuah gangguan psikis, dan tidak sedikit juga yang tidak setuju dengan pendangan tersebut. Untuk mengetahui arti dari agresif yang sebenarnya mari kita baca artikel ini hingga usai.

Pengertian Agresif

Arti agresif secara umum ialah sebuah perilaku yang dengan sengaja bertujuan untuk menyakiti orang lain baik secara fisik maupun secara verbal. Tindakan demikian sering dikaitkan pada sikap anak-anak yang ketika menginjak usia perkembangannya, cenderung melakukan semua hal yang diinginkannya sekalipun itu ketika harus mengejek atau menyakiti anak lain.

Sikap agresif pada umumnya berkaitan dengan kondisi psikologis seseorang yang mana cenderung dilihat konotasi perilaku yang negatif. Dari pandangan ilmu psikologi, agresif adalah perilaku seseorang yang bertujuan untuk menyakiti atau bersifat menyerang makhluk yang lainnya.

Umumnya perilaku ini terbentuk pada masa perkembangan anak direntang usia 3 hingga 7 tahun, ketika anak sudah mulai mengerti konsep masalah dan solusi. Hingga dalam proses perkembangan anak tersebut terbentuk karakter dari setiap permasalahan yang terjadi di rumah atau di sekolah.

Pengertian Agresif Menurut Para Ahli

Untuk lebih mengerti tentang pengertian agresif, kita akan melihat beberapa pandangan para ahli mengenai pengertian agresif, diantaranya adalah : 

1. Linda L. Davidoff

Menurut Linda L. Davidoff, agresif ialah tindakan mahluk hidup yang bertujuan menyerang dan menyakiti mahluk lainnya, baik secara verbal maupun non verbal.

2. Leonard Berkowitz

Menurut Leonard Berkowitz, agresif iaalah bentuk perilaku yang ditujuan untuk menyakiti orang lain, baik secara fisik maupun secara mental.

3. Robert Baron

Menurut Robert Baron, agresif ialah perilaku sebuah individu yang bermaksud untuk melukai atau mencelakai individu lain, yang tidak menginginkan datangnya tingkah laku tersebut.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian agresif ialah suatu sifat atau nafsu untuk menyerang; cenderung (ingin) menyerang sesuatu yang dianggap sebagai hal atau situasi yang mengecewakan, menghalangi, atau menghambat.


Ciri-Ciri Perilaku Agresif

Sikap dan perilaku orang yang agresif kita kenali dari melihat sikap dan tindakan seseorang dalam kehidupannya sehari-hari. Ciri-ciri perilaku agresif yang bisa terlihat langsung antara lain :
  • Orang agresif cenderung mengekspresikan perasaan tanpa mengindahkan perasaan orang lain, dan tidak segan untuk menyinggung.
  • Tatapan orang agresif cenderung dingin, merendahkan, tidak ekspresif, dan terkadang melotot ketika sedang berbicara.
  • Orang agresif memiliki kecenderungan berbicara dengan cepat, dan lebih suka membicarakan hal-hal terkait dirinya sendiri.
  • Suka berbangga diri ketika dipuji orang, akan tetapi suka membuat orang yang memujinya merasa tersinggung.
  • Suka memberi opini pribadi akan semua hal dari sudut pandang mereka sendiri, dan membenarkan pendapatnya tadi.
  • Suka menyerang, mengintimidasi, mengkritik dan memaksa untuk meminta penjelasan lebih lanjut.
  • Mempertahankan haknya tanpa peduli dengan hak orang lain.
  • Suka memotong pembicaraan dan mengintimidasi orang lain yang tidak sependapat dengan dirinya.


Jenis-Jenis Perilaku Agresif

Sesudah menganalisa perilaku dari pelaku sikap dan tindakan agresif, maka para pakar psikologi membagi perilaku agresif menjadi dua jenis, antara lain agresif rasa benci atau agresif emosi dan agresif sebagai sarana untuk mencapai tujuan. Dibawah ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai masing-masing jenis perilaku agresif tersebut :

1. Agresif Emosi

Agresif emosi ditandai dengan seseorang akan memiliki sifat emosi yang tinggi dan  sering mengungkapkan kemarahan. 

Agresif ini berpusat pada tujuan dari sifat agresif itu sendiri dan sering disebut sebagai agresif jenis panas.

Orang dengan sifat agresif jenis ini cenderung tak peduli, saat perbuatannya lebih banyak menimbulkan kerugian daripada manfaat untuk orang lain.

2. Agresif untuk Mencapai Tujuan

Untuk agresif jenis ini, seseorang biasanya akan menunjukkan sikap ambisius untuk mencapai tujuannya, dan antara pelaku dan korban pada umumnya tidak ada hubungan pribadi.


Jadi garis besarnya mengenai pengertian agresif adalah perilaku yang negatif untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kata-kata atau tindakan yang keras. Selain tidak memikirkan perasaan orang lain, orang dengan perilaku agresif cenderung untuk melecehkan atau merendahkan orang lain.

Semua itu karena orang agresif sangat menjaga hak hak dan kepentingan pribadi, dan tidak menghargai kepentingan orang lain. Hal ini bisa timbul karena kepribadiannya sendiri, atau bisa juga karena terbentuk dari lingkungannya.

Itulah alasan kenapa pendampingan orang tua sangatlah penting dalam masa perkembangan anak, sebab jika sudah terlanjur mempunyai sifat agresif, maka akan sangat sulit merubak karakternya.

Demikianlah penjelasan tentang arti agresif, ciri-ciri, serta jenis-jenis perilaku agresif. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca, terlebih mengenai istilah agresif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel