Menambah Berat Badan dengan Teh dan Kopi

saturadar.com | Kopi dan teh merupakan minuman yang paling populer di dunia. Untuk meningkatkan citarasa dari dua minuman ini, kebanyakan orang menambahkan gula, krim atau perasa ke dalam cangkir teh atau kopi mereka. Kebiasaan ini sebenarnya ikut menambah jumlah kalori yang diasup.

Di Amerika telah dilakukan sebuah survey untuk mengungkapkan seberapa banyak orang yang menambah kalori dengan memasukkan perasa atau pemanis ke dalam kopi dan teh.

Penelitian tersebut meneliti sebuah data yang dikumpulkan selama 12 tahun, dari tahun 2000 hingga tahun 2012, dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional. Respondennya dianggap mencerminkan sampel nasional dan diikuti oleh 13.185 orang dewasa peminum kopi dan 6.215 orang dewasa peminum teh  dalam 24 jam sebelum disurvei.

Hasilnya menunjukkan jika lebih dari 51 persen orang dewasa AS minum kopi dan hampir 26 persen minum teh pada hari tertentu. Sekitar dua pertiga peminum kopi dan sepertiga peminum teh memasukkan gula, krim, perasa, atau perasa kaya kalori lainnya untuk dicampurkan dalam minuman mereka.

kopi susu

Seorang peneliti menjelaskan bahwa kebanyakan orang lebih suka minum kopi dan teh dengan gula, krim, atau madu. Bahan tambahan tersebut padat energi dan lemak, tetapi rendah kandungan nutrisinya.

teh susu atau teh tarik
Produk susu juga hanya menambahkan sedikit kalsium ke dalam makanan, akan tetapi jumlahnya hanya 22 miligram per hari dan jumlah tersebut dianggap tidak berarti. Asupan kalsium harian yang direkomendasikan adalah 1.000 sampai 1.300 miligram/hari, tergantung pada usianya atau saat sedang dalam kondisi hamil.

Para pecinta kopi hitam mengkonsumsi sekitar 69 kalori per hari, atau lebih sedikit daripada mereka yang menambahkan pemanis, krim atau campuran lainnya ke dalam kopi mereka, dan lebih dari 60 persen kalori berasal dari gula.

Sedangkan peminum teh cenderung menambahkan lebih sedikit zat tinggi kalori dalam minumannya. Mengonsumsi teh dengan tambahan kalori meningkatkan asupan kalori harian sekitar 43 kalori dan hampir 85 persen kalori tersebut berasal dari gula.

Jumlah tersebut memang kelihatannya kecil, akan tetapi kaalu dilakukan setiap hari tentunya akan menambah berat badan. Kebanyakan peminum kopi dan teh secara teratur sengaja menambahkan gula untuk meningkatkan rasa minuman mereka, tanpa menyadari atau mempertimbangkan implikasi kalori dan nutrisinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel