Anak yang Mendapatkan Perhatian dan Sentuhan Fisik dari Orang Tua Ternyata Tumbuh Lebih Baik di Masa Depan

saturadar.com | Pernah dengar sebuah teori yang mengatakan jangan menggendong atau memeluk bayi setiap mereka menangis, karena hanya akan menimbulkan rasa tergantungan anak kepada orangtuanya saat ketika mereka tumbuh besar?

Tetapi ada sebuah penelitian terbaru yang menjelaskan bahwa bayi yang sering dipeluk akan tumbuh lebih sehat, lebih bahagia, minim risiko depresi, memiliki pribadi yang baik, berempati tinggi, dan akan menjadi anak produktif.

Profesor Darcia Narvaez dari University of Notre Dame’s Department of Psychology menjelaskan hasil penelitian yang memperlihatkan bahwa mustahil untuk memanjakan bayi hanya dengan pelukan, sebab membiarkan mereka terus menangis bisa mengganggu proses tumbuh kembangnya.

Darcia menjelaskan ketika lebih muda anak-anak merasa dimanja dengan pelukan, maka akan berdampak lebih baik untuk tumbuh kembangnya.

“Yang dilakukan orangtua di bulan dan tahun pertama si bayi sangat berpengaruh untuk perkembangan otak anak yang akan berfungsi seumur hidupnya nanti. Maka perbanyaklah menyentuh, menggendong, dan memeluk agar bayi tumbuh menjadi manusia yang baik” ucap Darcia.
Perkembangan bayi akan lebih baik dengan cara seperti itu. Selain itu, cara tersebut juga bisa membuat mereka lebih tenang karena setiap sistem dalam tubuh memengaruhi perkembangan di masa depan. Sedangkan bayi yang mudah dan sering menangis memiliki sistem perkembangan tubuh kurang baik dan nantinya mudah stres.

menurut Profesor Narvaez, orang yang mudah stres cenderung tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya dan sulit menenangkan diri ketika mengalami atau menghadapi hal-hal yang dapat yang memicu amarah.

Penelitian yang akan dipublikasikan dalam jurnal Applied Development Science ini melibatkan 600 responden dewasa. Studi tersebut menyimpulkan bahwa bayi yang jarang merasakan cemas atau stress akan tumbuh menjadi anak-anak yang lebih baik. Anak yang banyak menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga juga akan memiliki pribadi yang baik, cepat beradaptasi dan tidak mudah stress.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel