Pengertian Email: Bangun Citra Bisnis Anda dengan Domain Email yang Berkelas


Kecanggihan teknologi dan informasi saat ini membuat metode kirim surat via pos sudah ditinggalkan. Dengan adanya bentuk komunikasi baru yaitu email atau electronic mail membuat Anda yang ingin mengirim pesan, file, atau lainnya menjadi lebih cepat, murah dan efisien dibandingkan harus mengirim melalui post.

Pengertian email sendiri merupakan suatu produk yang digunakan untuk mengirimkan informasi dengan format digital. Dari pengertian email tersebut, maka salah satu kelebihan dari program ini adalah Anda tidak dikenakan biaya, kecuali tersedia koneksi internet.

Jenis-Jenis Email Gratis

Ada beberapa jenis email yang bisa Anda gunakan secara gratis seperi Gmail, Yahoo Mail, Outlook.com, iCloud Mail, AOL Mail, Zoho Mail dan lain-lainnya.

Namun, jika Anda memiliki bisnis yang profesional, sebaiknya tidak menggunakan email gratisan karena dari segi keamanan sangat terbatas. Apalagi aktivitas kirim dan terima pesan email di perusahaan sangat intens dilakukan dibandingkan pengguna biasa sehinga dapat membuat penyimpanan di email lebih cepat habis.

Selain itu, jika Anda menggunakan email berbayar maka dapat menunjukkan kredibilitas dari perusahaan Anda kepada masyarakat.

Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Email Berbayar?

Dari pengertian email sebelumnya dimana digunakan sebagai media untuk saling bertukar pesan secara digital, maka berikut ini beberapa kelebihan menggunakan email berbayar untuk bisnis:

1. Profesionalitas Terlihat

Dengan domain email kelas premium atau berbayar, membuat perusahaan Anda tampak berkelas dan profesional karena tidak menggunakan produk gratisan. Karena pada email berbayar, Anda bisa menggunakan nama perusahaan sebagai domainnya.

Misalnya hrd@mediakarya.com atau cv@mediakarya.com. Secara tidak langsung, dengan alamat email tersebut membantu meningkatkan kredibilitas perusahaan.

2. Penyimpanan Besar

Pada email gratisan umumnya hanya disediakan kapasitas penyimpan pesan tidak lebih dari 2 GB dengan maksimum size file 25 MB setiap satu pengiriman. Berbeda dengan email yang berbayar yang umumnya memiliki kapasitas yang lebih besar, bisa mencapai 100 GB dengan maksimum mencapai 100 MB setiap satu pengiriman.

3. Keamanan Terjamin

Tentu saja, karena Anda membayar untuk sebuah email, maka Anda akan diberikanan perlindungan ekstra. Meskipun email diretas oleh orang lain, namun proses recovery akun sangat mudah dan data-data tidak akan hilang.

Hoster Email Berbayar

Ada beberapa hoster email berbayar yang Kami rekomendasikan untuk Anda Berikut ulasan masing-masing hoster email yang bisa Anda gunakan sebagai akun perusahaan:

1. GSuite

Merupakan email berbayar milik Google yang merupakan pembaruan dari Gmail. Tarifnya sebesar $5 per bulan untuk setiap user sehingga tidak cocok digunakan sebagai email bersama karena biaya administrasi bulanannya akan mahal.

2. MXRoute

Bisa digunakan untuk 10 user sekaligus dengan hanya membayar $25 per tahun dengan kuantitas penyimpannya sebesar 5 GB.

3. Zoho

Dalam satu domain bisa digunakan untuk 25 user dengan setiap usernya perlu membayar $2 setiap bulannya. Namun menurut testimoni pengguna, email ini kadang mengalami down server.

4. Mailcheap

Biaya administrasinya sebesar $1.99 per bulan untuk 25 GB. Jika ingin menambah kapasitas email, bisa mengajukan permintaan ke server dn melakukan tambah bayar.

Itulah ulasan tentang pengertian email dan alasan mengapa harus menggunakan email versi premium atau berbayar. Oleh karena itu, sebagai perusahaan yang profesional disarankan tidak menggunakan email gratisan. Apalagi dari segi keamanan pada email gratis masih cukup diragukan untuk kegiatan bisnis besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel