Pengertian Amanah Adalah : Jenis dan Contoh Sikap Amanah

Pengertian Amanah Adalah
Apa arti amanah? Bagaimanakah sikap orang yang amanah? Ada banyak definisi dari amanah, ada yang mengatakan jika artinya adalah melindungi, ada pula yang mengatakan arti amanah adalah bertanggungjawab. Tapi sebetulnya apa itu amanah? Untuk penjelasan lengkapnya mari kita baca artikel dibawah ini.

Pengertian Amanat

Pengertian amanah secara umum ialah sungguh-sungguh dapat dipercaya dan jujur. Yang berarti jika kita meletakkan tanggungjawab kepada orang yang memiliki amanah maka pekerjaan tersebut akan dilakukan orang tersebut dengan sebaik-baiknya.

Akan tetapi ada pandangan lain yang mengatakan jika pengertian amanah merupakan sebuah bentuk kepercayaan terhadap seseorang atau sesuatu yang dipercayakan kepada seseorang. Amanah bisa juga didefinisikan sebagai sebuah Al wadiah atau titipan yang harus untuk dilindungi dan dilaksanakan.

Sedangkan jika dilihat dari bahasa arab, arti dari amanah ialah sebuah tanggung jawab atau segala sesuatu yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia, untuk dilaksanakan. Tanggung jawab tersebut meliputi Khilafah ilahiyah, Khilafah takwiniyah, serta dalam hubungan manusia dengan Tuhan (hablum minallah)  dan hubungan antar manusia (hablum minannas).

Amanah, apabila dikerjakan dengan baik oleh orang yang dipercaya untuk melakukannya, maka dijamin akan mendapatkan banyak kebaikan. Begitu juga dengan sebaliknya, apabila tidak dikerjakan dengan sebaik-baiknya atau tidak dijalankan sebagaimana mestinya maka akan menghasilkan banyak keburukan.

Jenis-Jenis Amanah

Dalam ajaran agama Islam, amanah dibedakan menjadi dua jenis, antara lain amanah fitrah dan amanah taklif syar’i.

Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Amanah Fitrah

Amanah fitrah adalah sebuah petunjuk yang yang menjelaskan bahwa kebenaran, tauhid dan kebaikan menjadi fitrah manusia, sesuai dengan aturan Allah yang berlaku di alam semesta. Dengan kata lain amanah fitrah adalah sebuah kewajiban umat manusia sebab sudah kodratnya sebagai khalifah di muka bumi.

Walaupun demikian, dengan adanya amanah fitrah tidak serta merta setiap perilaku manusia akan selalu berada dalam jalan yang benar, sebab selain diberi akal sehat, manusia juga diberikan hawa nafsu dan berbagai penyakit hati.

Oleh sebab itu amanah fitrah tersebut harus diperjuangkan dan dijadikan pedoman, supaya bisa menjadi kekuatan untuk menegakkan kebenaran.

2. Amanah Taklif Syar’i

Amanah taklif syar’i adalah sebuah amanah yang diembankan oleh syari’at, dan menjadi ketaatan seseorang terhadap syariatnya. Bisa juga disebut dengan sebuah batu ujian kehambaan seseorang kepada Tuhannya.

Contoh Sikap dan Perilaku Amanah

Contoh sikap dan perilaku amanah dapat dengan mudah kita temukan atau kita lakukan dalam kehidupan sosial kita. Dibawah ini adalah beberapa contoh sikap dan perilaku amanah tersebut :

1. Menjaga Diri Dengan Baik

Semua orang di dunia ini pastinya memiliki sesuatu yang berharga dalam hidupnya. Baik itu adalah harta benda, pekerjaan, keluarga ataupun kesehatan dirinya. Menjaga hal-hal tersebut dengan sebaik-baiknya adalah sebuah prioritas, dan harus dilakukan dengan amanah.

2. Menjaga Jabatan

Jabatan yang tinggi adalah sebuah amanah yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Maksud dari kata dijaga disini adalah orang yang memiliki posisi penting tersebut menggunakan posisinya dengan sebaik-baiknya, sebagaimana semestinya.

dan tidak menyalahgunakan jabatan tadi sekadar untuk kepentingan pribadi, keluarga, atau kelompok. Sebab bisa melahirkan dosa dan pelanggaran hukum jika menggunakan jabatan untuk hal yang tidak terpuji dan hal tersebut bentuk penghianatan terhadap amanah yang diemban.

3. Menjaga Rahasia

Setiap manusia bertanggung jawab atas rahasia yang diberikan oleh orang lain, baik itu rahasia perusahaan atau yang hanya sekadar rahasia remeh temeh. Karena menjaga informasi tersebut adalah sebuah bentuk amanah, dan harus dikerjakan dengan sebaik-baiknya.

4. Menjaga Hak Orang Lain

Sedikit berbeda menjaga rahasia, kali ini contohnya adalah ketika kita dipercaya untuk menjaga barang titipan milik orang lain. Ketika kita menitipkan atau dititipkan tas, dompet atau ponsel, maka itu adalah sebuah amanah. Jangan sampai rusak hingga nanti kembali ke tangan pemiliknya.

Tidak berbeda ketika kita menemukan barang berharga yang tidak diketahui pemiliknya, akan sangat baik jika kita menyerahkan kepada yang berwajib agar barang tersebut bisa kembali ke tangan pemiliknya. Hal sesederhana itu juga sebuah bentuk amanah, yang akan mendatangkan kebaikan jika kita kerjakan dengan baik.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai arti amanah, jenis-jenis, serta contoh sikap dan perilaku yang amanah dalam kehidupan sehari. semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca, terlebih mengenai istilah amanah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel