Arti Mudik dan 5 Tips Rumah Tetap Aman Selama Mudik Lebaran

perbedaan mudik dengan pulang kampung
Apa artinya mudik? Apa bedanya mudik dengan pulang kampung? Mudik adalah tradisi tahunan yg rutin dilakukan para perantau mahasiswa maupun pekerja yang ada  di kota-kota besar. Tapi bukankah pulang kampung juga artinya sama? Untuk lebih jelasnya mari baca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Mudik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi mudik adalah pulang ke kampung halaman. Asal muasal kata mudik sebenarnya adalah dari Bahasa Jawa, yaitu "muleh dilik" yang artinya pulang sebentar. Secara umum arti dari mudik adalah kegiatan perantau atau pekerja migran yang kembali atau pulang ke kampung halamannya dalam kurun waktu tertentu, biasanya satu minggu sebelum lebaran, dan berada dikampung halaman selama satu atau dua minggu.

Istilah tradisi mudik ini sendiri baru berkembang ditahun 1970an, padahal kegiatan ini sudah ada sejak jaman Majapahit dulu. Yang mana orang-orang dulu pulang ke kampung halamannya, untuk mengunjungi makan leluhur dan meminta agar diberikan berkah dalam kehidupannya. Lalu apa yang membedakannya dengan pulang kampung?

Yang menjadi perbedaannya adalah tujuannya, dimana mudik dilakukan oleh pekerja dari kota, yang pulang sejenak atau mengunjungi kampung halamannya dan akan kembali lagi ke kota untuk bekerja selepas waktu mudik berakhir. Sedangkan pulang kampung adalah ketika mahasiswa atau pekerja migran pulang ke kampung halaman dan memutuskan untuk menetap disana.

5 Tips Rumah Tetap Aman Selama Mudik

Momen mudik sering kali dimanfaatkan oleh pencuri untuk melakukan aksinya dirumah yang ditinggalkan para pemudik. Pencuri pada umumnya mengincar rumah kosong yang lingkungan sekitarnya juga terlihat sepi atau yang ditinggal juga oleh penghuni lainnya untuk mudik. Di bawah ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu agar rumah tetap aman, diantaranya :

1. Menyimpan barang berharga dengan baik

brankas adalah
Saat hendak mudik, usahakan barang-barang berharga sudah disimpan sebaik-baiknya dan dipastikan penyimpanannya sudah sangat aman, atau bisa juga dititipkan kepada orang terdekat yang kebetulan tidak mudik. Atau bisa juga barang berharga tersebut ikut dibawa mudik, apabila memang memungkinkan.

2. Memastikan semua pintu dan jendela terkunci dengan baik

Kunci pintu dan jendela
Wajib bagi para pemudik untuk memastikan seluruh pintu dan jendela rumah nantinya dapat terkunci dengan baik pada saat mudik, dan membiasakan diri untuk memeriksa kondisi kunci apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, agar penguncian pintu, jendela, pagar atau akses masuk lainnya tetap optimal.

3. Pasang CCTV jika diperlukan

Kamera CCTV adalah
Jika dana yang mencukupi, tidak ada salahnya membeli peralatan CCTV atau lensa pemantau. Alat ini dapat disambungkan dengan alat perekam televise biasa. Kita bisa memeriksa dan memutar ulang rekaman untuk melihat suasana rumah selama beberapa hari kita mudik. Jika memang harganya terlalu mahal, saat ini juga sudah dijual lensa pemantau dengan harganya murah tapi kondisinya masih baik. Atau bisa juga memasang kamera yang sudah rusak hanya untuk manakuti calon pencuri.

4. Menaruh alas kaki di depan pintu

Keset adalah
Sandal atau sepatu yang sengaja diletakkan didepan pintu rumah atau kamar yang ditinggal bisa saja menjadi alat pengecoh pencuri. Membuat seolah-olah masih ada penghuni yang tinggal didalamnya. Tapi jangan letakkan alas kaki yang mahal atau kondisinya masih bagus, karena bisa saja justru alat pengecoh ini yang langsung dicuri.

5. Membiarkan lampu tetap menyala

Sama seperti menaruh alas kaki didepan rumah, hanya saja cara ini punya kelemahan. Ketika lampu menyala di siang hari justru pencuri mengetahui bahwa rumah tersebut tidak berpenghuni. Tapi saat ini sudah ada alat sensor yang dapat dipasang pada lampu yang akan mematikan lampu ketika sudah ada sinar matahari, sensor ini merespon sinar dari matahari dan akan langsung mematikan lampu tersebut. Dan akan kembali menyalakan lampu secara otomatis ketika sensor tersebut tidak lagi merespon sinar matahari.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai arti dari mudik dan tips rumah tetap aman selama mudik, semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca, terlebih bagi yang hendak mudik tahun ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel