Pengertian Acapella Adalah : Sejarah Perkembangan dan Aransemen Acapella


Pengertian Acapella Adalah
Apa yang dimaksud dengan acapella? Definisi acapella adalah jenis musik yang ditampilkan oleh individu atau kelompok tapi dengan tidak menggunakan alat music. Kita pastinya sudah tidak asing lagi mendengar apabila ada sebuah seni musik yang dimainkan tanpa menggunakan alat musik? Hal ini sangat umum dan banyak ditampilan dalam parade musik, teater atau bisa ditonton di youtube. lantas apa sebenarnya pengertian acapella secara luas maupun secara khusus, mari kita ulas satu persatu. 

Pengertian Acapella

Sebenarnya apa pengertian acapella? Sebenarnya masih banyak orang yang asing dengan istilah yang satu ini. Acapell sendiri memiliki pengertian dua yakni secara luas ataupun secara sempit. Definisi dari musik acapella sendiri adalah suatu jenis musik yang menampilkan suatu kelompok atau individu tanpa menggunakan iringan alat musik.

Setiap orang memilih jenis suara yang menyerupai alat musik dan suara yang dihasilkan orang tersebut dikeluarkan dari mulut, baik itu rithm, bass maupun vocal.

Pengertian acapella secara sempit adalah musik yang dinyanyikan secara solo dan grup dimana hanya mengandalkan vokal tanpa adanya iringan instrumental music. Sedangkan dalam pengertian yang lebih luas, acapella merupakan salah satu genre musik yang bisa dimainkan tanpa menggunakan alat musik dimana hanya mengandalkan suara mulut yang menirukan instrument gitar, bass, drum, trumpet dan yang lainnya.  Dan salah satu jenis alat music yang paling banyak ditirukan dalam acapella adalah musik ritmis. 

Sejarah dan Perkembangan Acapella

Bagi penikmat musik acapella umumnya sudah mengetahui bagaimana awal mula musik ini lahir dan berkembang. Tetapi jika belum mengetahui sejarahnya, rasanya ada baiknya juga untuk mengetahui bagaimana sejarah dan perkembangan singkat mengenai genre musik yang satu ini. Musik acapella awalnya sering dimainkan oleh para imigran Afrika yang sering bernyanyi di dalam perayaan pesta di suku-suku pedalaman.

Karena adanya kondisi ekonomi yang sulit inilah membuat mereka tidak mampu untuk membeli alat musik. Karena keterbatasan tersebut akhirnya mereka memutuskan untuk meniru suara alat musik yang biasa digunakan oleh paduan suara orang kaukasia di sebuah Gereja. 

Pentatonix, Grup Acapella asal Amerika

Pada saat itu orang-orang kaukasia menganggap jika acapella hanyalah sebuah nyanyian vokal tanpa menggunakan alat musik, akan tetapi bagi orang afrika sendiri acapella merupakan teknik pembagian suara (sopran, alto, tenor dan bass) ditambah menirukan suara alat musik. 

Banyak orang yang mengatakan jika musik acapella adalah musik yang berkembang sebagai musik religius Kristen. Tetapi beberapa agama seperti Islam, Nasrani dan Yahudi ternyata juga tidak memanfaatkan alat musik ketika sedang menyanyikan lagu agamis, hanya saja gaya musik acapella tidak berkembang pesat saat itu.

Musik acapella di Indonesia pada awalnya perkembangannya tidak mendapatkan perhatian yang cukup serius karena terkesan berantakan dan tidak harmonis, dan tidak banyak juga penyanyi yang bisa menirukan alat musik.

Pentaboys, Grup Acapella asal Indonesia

Tetapi seiring berjalannya waktu, saat ini musik acapella sudah sangat diterima oleh hampir semua kalangan, dimana kini sudah muncul tim acapella yang lebih kreatif dan modern yang menyanyikan lagu mulai dari keroncong, jazz bahkan dangdut.

Tips Aransemen Acapella

Bagi yang tertarik mempelajari musik acapella, wajib untuk mengetahui dasar-dasar mengaransemen musik acapella. Dibawah ini adalah hal mendasar melakukan aransemen pada musik acapella, antara lain : 

  • Tentukan terlebih dahulu lagu yang akan dibawakan oleh vocal utama
  • Tentukan akord dengan bass yang akan ditirukan
  • Tentukan jenis aliran musik yang akan di mainkan beserta temponya
  • Lakukan pembagian suara rhyrhm agar suara yang dihasilkan maksimal
  • Lakukan aransemen lagu sesuai dengan komposisi, mulai dari intro, song, reff, interlude, coda hingga penutup, dan lupa tentukan konsep lagunya.


Keunikan dari musik acapella inilah yang membuat peminatnya selalu bertambah dari waktu ke waktu. Kira-kira demikianlah pengertian acapella secara singkat yang wajib kita ketahui, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel