Berpelukan adalah Obat Rindu yang Paling Manjur

saturadar.com | Perasaan rindu menyerang siapa saja, apalagi kepada mereka yang sedang dimabuk cinta. Dua orang yang terpisah oleh jarak tentunya akan merasakan rindu yang mendalam. Lalu bagaimana cara menjelaskan rindu ini dan kenapa bisa terjadi? Kira-kira seperti inilah penjelasan ilmiah di balik rasa rindu atau kangen yang dirasakan seseorang.

Sejumlah penelitian menjelaskan bahwasanya jatuh cinta erat hubungannya dengan hormon dopamin, hormon yang mempengaruhi rasa sakit, bahagia, dan hasrat. Setiap kontak fisik bersama orang yang dicintai akan memicu tubuh untuk menghasilkan hormon dopamin, hal itulah yang memicu otak merespon keberadaan orang yang dicintai atau disayangi sebagai reward.

Dopamin sendiri mengikat dan membuat seseorang ketergantungan. Hormon ini juga dapat mempengaruhi hormon serotin, hormon yang membantu untuk mengendalikan suasa hati, tingkat stress dan nafsu makan. Itu yang membuat ketika seseorang jauh dengan yang orang dia sayangi rasanya berat bahkan terkadang terasa menyakitkan.

Berbeda dengan kaum hawa, siklus bulanan yang biasa dilalui kaum hawa lebih mempengaruhi suasanya hati, membuat ketergantungan dengan orang lain dan merubah sensitivitas wanita itu karena pasang surut hormon estrogen, progesteron dan hormon testosteron. Hal ini yang membuat saat wanita menjadi sentimental ketika merindukan seseorang.

Rasa rindu kepada sahabat atau keluarga tidaklah sama dengan rasa rindu terhadap pasangan. Selain itu ikatan emosi dengan pasangan juga dikaitkan dengan hormon oksitosin, yang membuat kaum adam setia pada satu pasangan saja. Bahkan cenderung memberi jarak terhadap wanita yang bukan pasangannya, dengan alasan sudah berkomitmen dengan pasangannya.

Tertulis dalam buku berjudul “The Science of Kissing: What Our Lips Are Telling Us” tulisan Sheril Kirshenbaum, yang mengatakan kedekatan fisik seperti berpelukan atau berciuman bisa membuat hormon cinta tadi mencapai titik maksimal. Sehingga wajar ketika seseorang berpelukan atau mencium orang mereka rindukan akan terasa sangat melegakan. Ternyata itulah obat penawar dari rasa rindu tadi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel