Tiga Kesalahan Olahraga Saat Bulan Puasa

saturadar.com | Berolahraga ketika bulan puasa memang cara yang tepat untuk menjaga kebugaran tubuh. Akan tetapi, banyak yang melakukan kesalahan ketika berolahraga pada bulan puasa.
dr Alia Basalamah, National Fitness Training Manager dari Fitness First Indonesia, mengatakan seringnya terjadi kesalahan ketika berolahraga dibulan puasa, tiga kesalahan yang sering terjadi antara lain:

1. Makan terlalu banyak ketika berbuka
Yang sering terlupa adalah ketika semakin banyak porsi makan kita saat berbuka, maka kita pun memerlukan waktu yang lebih banyak juga untuk mencerna, inilah yang membuat jadwal olahraga kita pun harus dimundurkan. Apabila kita memaksakan berolahraga, nantinya akan menyebabkan sakit atau kram, jika sudah terlanjur makan banyak, maka kita tidak diperkenankan untuk berlatih 30-60 menit kedepan.

2. Tidak sahur
Banyak orang yang melewatkan sahur di bulan puasa. Mereka berfikir makan di malam hari dan langsung bangun setelah subuh adalah cara yang baik, akan tetapi tubuh tidak bisa asal puasa selama 13 jam lebih. “Saat hendak latihan pada jam sebelum berbuka puasa, kita akan pusing, dan tidak kuat karena sudah puasa lebih dari 13 jam”, ujar dr Alia.

3. intensitas latihan
Bagi yang rutin berolahraga dan menjadikannya gaya hidup, pasti akan merasa tidak enak apabila tidak berolahraga, bahkan dapat merubah mood secara signifikan. Tetapi ada hal yang perlu diketahui bahwa intenst olehraga saat bulan puasa tidak bisa disamakan seperti pada saat sedang tidak berpuasa.
“Intensitas harus disesuaikan, tidak boleh sama atau pun tinggi” ucapnya. Ini karena badannya tidak siap, karena badan harus beradaptasi dengan siklus yang baru. Oleh sebab itu pilihlah jenis olahrga yang tidak terlalu memaksakan kapasitas tubuh kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel