Pengertian WWW dan Keamanan Jaringan World Wide Web


Pengertian WWW atau World Wide Web adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.

WWW seringkali digunakan sebagai domain untuk suatu website bisnis. Meskipun pengguna dimudahkan dari segi data dan aksesnya, namun ternyata ada beberapa masalah dari keamanan jaringan WWW yang bisa merugikan bisnis. Beberapa kekurangan tersebut antara lain:
  • Seringkali mengalami serangan (deface1) dimana informasi pada tampilan server dapat diubah sehingga akan merugikan atau bahkan mempermalukan perusahaan yang bersangkutan.
  • WWW mudah disadap sehingga informasi yang bersifat privat seperti laporan keuangan, database client atau strategi perusahaan mudah diketahui orang lain, atau bahkan kompetitor Anda sendiri yang melakukannya. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan setup server.
  • Pada saat bertransaksi melalui WWW misalnya sedang mengirimkan nomor kartu kredit memungkinkan untuk disadap atau dalam istilah saat ini ditembak sebelum data tersebut sampai ke server website bisnis Anda.
  • Denial of service attack yaitu penyerangan terhadap server dengan melakukan request secara bertubi-tubi mengakibatkan tidak bisa memberi layanan saat dibutuhkan.
  • Melalui mekanisme tunneling, keamanan server web di belakang firewall bisa dieksploitasi dan dilemahkan, bahkan bisa dihilangkan fungsinya.
Dari pengertian WWW sudah dijelaskan bahwa program ini berguna untuk menyebarkan informasi ketika digunakan sebagai domain pada URL website perusahaan. Namun jika melihat beberapa kekurangan dari jaringan keamanan WWW tersebut, tentu akan membuat Anda khawatir dan ragu-ragu untuk menggunakan WWW. Untuk mengatasi keluhan tersebut, berikut ini beberapa cara mengatasi permasalahan keamanan server:
  • Membatasi akses pada kontrol akses dengan cara membatasi nomort IP dan domain yang bisa mengakses, menggunakan username dan password dan mengenkripsi data-data.
  • Memberikan halaman dengan proteksi password
  • Menggunakan SSSL atau Secure Socket Layer
  • Memberikan keamanan tambahan dengan program CGI
  • Mengetahui jenis server mana yang digunakan
Dari informasi tentang pengertian WWW, fungsi dan keamanan jaringannya dapat disimpulkan bahwa sebenarnya dunia internet saat ini memang sangat rawan dengan kejahatan cyber. Banyak kasus database perusahaan yang diretas oleh oknum tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, pengetahuan tentang teknologi informasi sangat diperlukan dalam suatu perusahaan untuk membantu melindungi perusahaan tersebut dari serangan cyber.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel