Pengertian Apresiasi dan Cara Memberikan Apresiasi Kepada Karyawan


Secara umum pengertian apresiasi adalah suatu bentuk atau proses untuk melihat, menghayati, menilai, dan menghargai suatu karya seni. Masyarakat mengenal apresiasi sebagai suatu penghargaan atas karya seni atau prestasi seseorang.

Namun, dari pengertian apresiasi tersebut juga dapat diterapkan pada lingkungan kerja dimana apresiasi diwujudkan dalam bentuk reward kepada karyawan atas bakti kerjanya selama bekerja di perusahaan. Hal tersebut juga didukung oleh pernyataan Alfred North Whitehead yang mengatakan bahwa apresiasi merupakan wujud penghargaan kepada seseorang yang diberikan atas prestasinya dalam sebuah kegiatan, dalam hal ini adalah perusahaan.

Seberapa pentingkah seorang pemimpin perusahaan memberikan apresiasi kepada bawahan atau karyawan mereka? Perlu diingat bahwa bisnis tidak akan berkembang tanpa adanya andil dari anggota perusahaan. Bahkan pada beberapa kasus, upah tidak cukup untuk menggantikan kerja keras para karyawan untuk membantu membangun perusahaan.

Oleh karena itu dengan memberikan apresiasi kepada karyawan bisa menjadi salah satu bentuk ucapan terimakasih dari seorang pemimpin kepada anggotanya. Apresiasi juga menjadi salah satu cara mempertahakan karyawan yang memiliki kompentensi tinggi. Perusahaan cenderung akan kehilangan karyawan jika pemimpinnya tidak bisa menghargai kerja keras pegawainya.

Jika Anda seorang CEO atau pemimpin perusahaan, memberikan apresiasi tidak harus secara muluk-muluk atau berlebihan. Berikut ini terdapat cara-cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menunjukkan apresiasi kepada karyawan.

6 Cara Sederhana Memberikan Apresiasi Kepada Karyawan

1. Pujian

Mengacu dari pengertian apresiasi maka walapun Anda seorang pemimpin jangan malu untuk mengungkapkan pujian kepada karyawan yang melakukan pekerjaannya dengan benar. Menurut beberapa pakar psikologi, pujian dapat membentuk semangat yang lebih tinggi bagi seseorang karena ia akan berusaha membuktikkan bahwa pujian tersebut pantas ia dapatkan.

2. “Maaf”, “tolong” dan “terimakasih”

Sebagai seorang pemimpin yang bijaksana, biasakan untuk mengucapkan tiga kata wajib yaitu “Maaf”, “tolong” dan “terimakasih” di lingkungan kerja ketika ingin meminta bantuan orang lain. Tidak hanya diantara karyawan saja, namun juga diantara pemimpin kepada bawahannya. Walaupun terlihat sepele, namun kata-kata tersebut akan membuat karyawan merasa dihargai oleh pemimpinnya.

3. Makan bersama

Sesekali Anda bisa mengajak karyawan Anda untuk makan bersama diluar agenda kantor dan biarkan mereka menentukan tempat mana yang mereka suka. Dengan cara ini bisa membantu Anda lebih akrab dengan karyawan dan membicarakan hal-hal lain diluar lingkup pekerjaan.

4. Tempat kerja yang nyaman

Bentuk apresiasi lainnya juga bisa Anda wujudkan dengan meningkatkan sarana prasaran di kantor untuk membentuk lokasi kerja yang nyaman. Misalnya dengan memberikan tempat fitness gratis, coffee break sepuasnya selama jam kerja atau fasilitas lainnya yang sekiranya dapat memberi rasa nyaman karyawan ketika berada di kantor.

5. Bonus

Mungkin bentuk apresiasi yang kelima ini yang paling sering diaplikasikan di perusahaan. Jika perusahaan mengalami keuntungan lebih, tidak ada salahnya Anda memberikan sedikit bonus kepada karyawan.

6. Tunjangan

Menurut data statistik, saat ini tidak lebih dari 25% perusahaan yang memberikan tunjangan seperti asuransi kepada karyawannya. Padahal tunjangan merupakan bentuk apresiasi yang paling nyata dan bisa diarasakan oleh karyawan. Misalnya Anda bisa memberikan asuransi kesehatan, tunjangan hari raya, uang makan, uang lembur dan lainnya. Tunjangan dipercaya menjadi cara paling optimal untuk mempertahankan karyawan.

Jadi itulah ulasan tentang pengertian apresiasi dan beberapa cara sederhana yang bisa Anda aplikasikan untuk menunjukkan apresiasi kepada karyawan Anda. Marilah menjadi pemimpin yang bijaksana dan dicintai oleh anggotanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel