Kenapa Sebagian Orang Memiliki Lubang Kecil di Atas Daun Telinga? Lalu Sebetulnya Apa Fungsi Lubang Tersebut?

Saturadar.com | Apakah Anda pernah bertemu orang dengan lubang kecil di atas daun telinga mereka? Cukup unik bukan? Sebagian kecil dari manusia, lebih tepatnya kurang dari satu persen manusia memiliki lubang kecil ini semenjak mereka dilahirkan. Lubang yang tidak terlalu terlihat ini disebut dengan Preauricular Sinus.

Memiliki atau tidak memiliki lubang ini ternyata tidak berpengaruh apapun terhadap kesehatan atau fungsi tubuh manusia. Lubang ini hanyalah semacam kelainan yang kebetulan bisa terlihat karena dekat dengan wajah. Van Heusinger mendokumentasikan Preauricular sinus ini pertama kali pada tahun 1864. Dijelaskan juga jika sebagian orang pemilik lubang ini hanya pada satu bagian telinganya saja, dikiri saja atau hanya dikanan saja, dan sebagian orang lainnya baru memiliki lubang pada kedua bagian telinga.


Neil Shubin, seorang ahli biologi evolusi, mengatakan jika Preauricular sinus adalah semacam sisa evolusi insang dari bentuk makhluk hidup terdahulu, sebelum menjadi bentuk manusia pada jaman ini. Jadi tidak ada yang perlu ditakutkan atau dicemaskan jika Anda memiliki lubang ini, mungkin yang perlu diperhatikan adalah kebersihannya agak tidak timbul jerawat atau luka yang bisa membuat infeksi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel