Tips Supaya Resolusi Tahun Baru Berhasil

Saturadar.com | Beberapa lembaga survei terkemuka mengamati bahwa 42 sampai 92 persen target resolusi tahun baru yang dibuat setiap orang pada akhirnya gagal tercapai. Dan 80 persen diantaranya tidak lagi dikerjakan setelah minggu kedua di bulan februari. Bahkan hanya 8 dari 100 orang yang akhirnya memenuhi resolusi tahun baru tersebut.

Sebab mayoritas orang membuat target yang terlalu berat hingga dibutuhkan usaha yang lebih juga untuk resolusi tahun baru tersebut berhasil. Misalnya saja pada tahun 2016 yang lalu resolusi yang paling umum adalah melakukan pola hidup sehat, memiliki bentuk badan yang bagus, melakukan kegiatan atau hobi yang baru, melakukan perjalanan atau travelling dan yang terakhir berhemat dan berinverstasi.

Target yang tinggi pastinya memberi tantangan yang berat, tidak cukup sebatas kemauan yang sederhana untuk dapat mengalahkan tantangan ini. Menurut Julie Weidenfeld, konsultan kebugaran di Delray Beach, Fla, bahwa kecenderungan gagalnya seseorang mencapai resolusi tahun baru adalah karena tidak memiliki rencana yang terstruktur untuk mencapainya.

Kurang lebihnya, seperti inilah cara yang dapat membantu supaya resolusi tahun baru berhasil.

1. Punya Alasan untuk Melakukannya
Menurut weildenfeld, tidak cukup dengan membuat target-target saja, seperti ingin menurunkan bobot tubuh sebesar 10 kg . Alangkah lebih baik jika mengatakan “Saya ingin mengurangi bobot tubuh 2 kg setiap bulannya sebab dengan bobot dan ukuran tubuh seperti ini saya tidak ingin menderita diabetes dan harus menyuntikkan insulin ke dalam tubuh saya.

2. Memiliki Perencanaan yang Matang 
Resolusi tahun baru akan berhasil dengan tenggat waktu yang realistis. Baik perihal berhemat atau menurunkan berat badan. Dan yang perlu disadari adalah jika apa yang dikerjakan tidak akan selalu berjalan mulus sesuai rencana, sehingga perlu persiapkan “plan B” untuk mengatasinya.

Misalnya saja untuk mengatasi godaan makan, Anda bisa gantungkan baju atau celana dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran yang biasa digunakan saat ini, atau bisa juga meletakkan foto pantai. Kedua hal tadi bisa dijadikan “TARGET” supaya komitmen untuk berdiet semakin disiplin, Anda percaya akan cocok mengenakan pakaian yang lebih kecil tadi atau Anda akan memiliki foto pantai dengan Anda ada didalam foto tersebut hanya saja dengan tubuh yang ideal dan seksi.

makanan sehat mendukung resolusi diet untuk berhasil
Supaya resolusi tahun baru ini berhasil maka perlu ditetapkan target-target kecil atau sengaja membagi target yang besar dalam beberapa tahapan. Misalnya saja jika menurut Anda menurunkan bobot tubuh 15 kg adalah hal yang sangat berat, jadikan target yang berbeda setiap bulannya misalnya 1 kg di awal dan 2 kg untuk yang berikutnya.

3. Memiliki Rekan atau Role Model yang Kondisinya Sama
Supaya lebih termotivasi untuk berhasil, cobalah mencari rekan dengan resolusi yang serupa, hal ini bisa membantu untuk keduanya bisa saling mengingatkan. Atau memiliki role model dari media sosial yang bisa menjadi inspirasi untuk menggenapi resolusi tahun baru ini untuk dapat berhasil. Karena dengan melihat postingan dari seseorang yang dikagumi pastinya akan membantu untuk proses pencapaian dari resolusi tersebut.


4. Membuat Reward dan Punishmen
Apabila sudah terlihat sedikit hasil dari tahapan resolusi, ada baiknya memberi hadiah kepada diri sendiri supaya semakin bersemangat. Contohnya saja, apabila sudah rutin berolahraga seperti jogging, jika sudah dilakukan secara rutin 3 kali seminggu didalam waktu 3 bulan hadiahkanlah sepatu kepada diri sendiri.


Atau beri hukuman kepada diri sendiri semisal ketika biasanya melakukan olahraga secara rutin, dan kali ini ada jadwal yang bolong, maka anda harus melakukan jogging dengan jarak yang lebih jauh dari biasanya, melakukan plank set atau gerakan lainnya sebagai hukuman sekaligus olahraga pengganti dari jadwal yang bolong tadi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel