Pengertian Ekonomi Adalah: Definisi, Prinsip, dan Kegiatan Ekonomi


Pengertian Ekonomi Adalah

Apa itu ekonomi? Pengertian ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari tentang aktivitas manusia yang berhubungan dengan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

Secara etimologis, kata "ekonomi" berasal dari bahasa Yunani, yaitu Oikos dan Nomos. Oikos berarti keluarga, dan Nomos berarti peraturan. Sehingga arti ekonomi adalah suatu peraturan dalam keluarga.

Terdapat lima motif ekonomi, yaitu

  1. Motif pemenuhan keperluan sehari-hari yang dilakukan konsumen, misalnya membeli kebutuhan pokoknya (bahan makanan)
  2. Motif mencari keuntungan yang dilakukan oleh penjual, misalnya menjual kebutuhan konsumen dan mengambil untung.
  3. Motif penghargaan, misalnya melakukan sesuatu untuk mendapatkan penghargaan.
  4. Motif kekuasaan, misalnya melakukan hal-hal tertentu untuk mendapatkan kekuasaan.
  5. Motif sosial, misalnya melakukan hal-hal yang menolong orang lain.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli pernah menjelaskan mengenai definisi ekonomi, diantaranya adalah:

1. Robbins

Menurut Robins, pengertian ekonomi adalah studi tentang perilaku manusia sebagai hubungan antara tujuannya dihadapkan dengan ketersediaan sumber daya untuk mencapai tujuannya.

2. Alfred Marshall

Menurut Alfred Marshall, pengertian ekonomi adalah studi tentang manusia sebagaimana mereka menjalani hidup, bergerak dan berpikir dalam konteks keseharian.

3. Adam Smith

Menurut Adam Smith, pengertian ekonomi adalah penyelidikan tentang suatu keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.

4. John Stuart Mill

Menurut John Stuart Mill, definisi ekonomi adalah ilmu yang konsen pada penciptaan nilai tukar barang dan jasa yang dapat meningkatkan kekayaan dan kemakmuran suatu negara.

5. Hermawan Kartajaya

Menurut Hermawan Kartajaya, definisi ekonomi adalah suatu wadah dimana sektor industri melekat di atasnya.

Prinsip-Prinsip Ekonomi


Berikut ini adalah beberapa prinsip ekonomi:

1. Prinsip Produksi

Prinsip produksi adalah peran ekonomi dalam kegiatan pengadaan produk, baik itu barang maupun jasa. Aktivitas produksi tentunya memerlukan biaya dan usaha dalam pelaksanaannya. Kegiatan produksi akan menciptakan lapangan pekerjaan dan menghasilkan produk tertentu.

2. Prinsip Distribusi

Prinsip distribusi adalah peran ekonomi dalam proses penyaluran/ distribusi suatu produk kepada para pelanggan. Aktivitas distribusi dilakukan dengan memperkirakan waktu secara akurat sehingga produk yang didistribusikan tiba di lokasi penjualan tepat waktu.

3. Prinsip Konsumsi

Prinsip konsumsi adalah suatu kegiatan ekonomi dimana aktivitasnya adalah penggunaan suatu produk oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Contoh seseorang membeli bahan makanan dari toko kelontong. Tujuannya adalah untuk membuat makanan dari bahan mentah agar dapat memenuhi kebutuhan utamanya, yaitu makanan.

Kegiatan Dalam Ekonomi


Secara umum kegiatan ekonomi manusia adalah produksi, distribusi, dan konsumsi. Berikut penjelasannya:

1. Kegiatan Produksi


Tujuan dari kegiatan produksi adalah untuk menghasilkan produk (barang dan jasa). Produk yang dihasilkan tersebut kemudian didistribusikan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

2. Kegiatan Distribusi

Tujuan kegiatan distribusi adalah untuk menyalurkan produk (barang atau jasa) dari lokasi produksi ke lokasi terdekat dengan konsumen. Kegiatan distribusi ini meliputi berbagai aktivitas penting di dalamnya, seperti:

  • Pengangkutan barang
  • Pengemasan
  • Penyimpanan
  • Standarisasi kualitas barang
  • Dan lainnya.

Artinya, tujuan kegiatan distribusi ini adalah untuk menyalurkan barang keperluan konsumen tepat waktu dan dalam kondisi yang baik.

3. Kegiatan Konsumsi

Tujuan kegiatan konsumsi adalah untuk menggunakan produk dari produsen, baik itu barang maupun jasa sehingga konsumen terpenuhi kebutuhan hidupnya.

Di atas tadi adalah penjelasan ringkas mengenai pengertian ekonomi, prinsip-prinsip ekonomi, serta kegiatan ekonomi pada umumnya. Mudah-mudahan artikel singkat ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel