Pengertian Ekonomi Adalah: Prinsip dan Kegiatan Ekonomi

Apa itu ekonomi? Pengertian ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

Secara etimologis, kata "ekonomi" berasal dari bahasa Yunani, yaitu Oikos dan Nomos. Oikos berarti keluarga, dan Nomos berarti peraturan. Sehingga arti ekonomi adalah suatu peraturan dalam keluarga.


Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli


Beberapa ahli pernah menjelaskan mengenai definisi ekonomi, diantaranya adalah:

1. Robbins

Menurut Robins, pengertian ekonomi adalah studi tentang perilaku manusia sebagai hubungan antara tujuannya dihadapkan dengan ketersediaan sumber daya untuk mencapai tujuannya.

2. Alfred Marshall

Menurut Alfred Marshall, pengertian ekonomi adalah studi tentang manusia sebagaimana mereka menjalani hidup, bergerak dan berpikir dalam konteks keseharian.

3. Adam Smith

Menurut Adam Smith, pengertian ekonomi adalah penyelidikan tentang suatu keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.

Prinsip-Prinsip Ekonomi


Berikut ini adalah beberapa prinsip ekonomi:

1. Prinsip Produksi

Prinsip produksi adalah peran ekonomi dalam kegiatan pengadaan produk, baik itu barang maupun jasa. Aktivitas produksi tentunya memerlukan biaya dan usaha dalam pelaksanaannya. Kegiatan produksi akan menciptakan lapangan pekerjaan dan menghasilkan produk tertentu.

2. Prinsip Distribusi

Prinsip distribusi adalah peran ekonomi dalam proses penyaluran/ distribusi suatu produk kepada para pelanggan. Aktivitas distribusi dilakukan dengan memperkirakan waktu secara akurat sehingga produk yang didistribusikan tiba di lokasi penjualan tepat waktu.

3. Prinsip Konsumsi

Prinsip konsumsi adalah suatu kegiatan ekonomi dimana aktivitasnya adalah penggunaan suatu produk oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Contoh seseorang membeli bahan makanan dari toko kelontong. Tujuannya adalah untuk membuat makanan dari bahan mentah agar dapat memenuhi kebutuhan utamanya, yaitu makanan.

Kegiatan Ekonomi


Secara umum kegiatan ekonomi manusia adalah produksi, distribusi, dan konsumsi. Berikut penjelasannya:

1. Kegiatan Produksi


Tujuan dari kegiatan produksi adalah untuk menghasilkan produk (barang dan jasa). Produk yang dihasilkan tersebut kemudian didistribusikan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

2. Kegiatan Distribusi

Tujuan kegiatan distribusi adalah untuk menyalurkan produk (barang atau jasa) dari lokasi produksi ke lokasi terdekat dengan konsumen. Kegiatan distribusi ini meliputi berbagai aktivitas penting di dalamnya, seperti:

  • Pengangkutan barang
  • Pengemasan
  • Penyimpanan
  • Standarisasi kualitas barang
  • Dan lainnya.

Artinya, tujuan kegiatan distribusi ini adalah untuk menyalurkan barang keperluan konsumen tepat waktu dan dalam kondisi yang baik.

3. Kegiatan Konsumsi

Tujuan kegiatan konsumsi adalah untuk menggunakan produk dari produsen, baik itu barang maupun jasa sehingga konsumen terpenuhi kebutuhan hidupnya.

Di atas tadi adalah penjelasan ringkas mengenai pengertian ekonomi, prinsip-prinsip ekonomi, serta kegiatan ekonomi pada umumnya. Mudah-mudahan artikel singkat ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel