Apakah Bahaya dan Efek Buruk Jika Orang Kebanyakan Tidur


Pada umumnya, pakar kesehatan menganjurkan orang dewasa untuk tidur 8 jam setiap harinya agak bisa mengisi kembali energi yang sudah dikelurkan selama seharian. Tapi apakah benar berbahaya dan ada efek buruk bagi orang yang kebanyakan tidur?

Dilansir dari Huffingtonpost, ternyata ada banyak efek negatif jika seseorang tidur berlebihan. Mari kita ulas satu-persatu

Meningkatnya Risiko Depresi

Hasil temuan dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2014, menyatakan jika orang yang istirahat malamnya terlalu panjang akan lebih mudah mengalami depresi. Tidur tujuh hingga sembilan jam perhari dapat memicu kenaikan potensi mengalami depresi sampai 27 persen,  sedang bagi yang tidur melebihi sembilan jam potensi mengalami depresinya bahkan naik hingga 49 persen.

Memperkecil Peluang Kehamilan

Pada tahun 2013 silam, para peneliti di Korea menyimpulkan bahwa 650 wanita yang melakukan program bayi tabung ternyata memiliki kebiasan tidur berlebih, bahkan ada yang hingga sebelas jam setiap malamnya. Kendati demikian, tetap saja tidak bisa dipastikan jika hal itu disebabkan karena kebanyakan tidur.

Berpotensi Merusak Otak Manusia

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2012, menemukan di antara lansia yang kebanyakan atau kurang bisa memicu kerusakan pada otak dalam kurun waktu enam tahun. Akan tetapi justru berlaku sebaliknya pada wanita, mereka yang tidur lebih dari Sembilan jam atau kurang dari lima jam setiap malamnya, justru langsung terlihat perubahan pada otak dan menunjukkan penuaan hanya dalam kurun waktu selama dua tahun.

Meningkatnya Risiko Diabetes

Meskipun Diabetes kerap terjadi karena pola makan yang buruk dan pemilihan menu yang berlebih, tp bisa dipastikan kebiasaan tidur melebihi delapan jam setiap malam memicu kenaikan risiko terkena Diabetes tipe 2 hingga 100 persen. Dan jika hal tersebut terjadi, maka penyakit lain juga akan mudah menggerogoti tubuh karena ketidakseimbangan glukosa didalam tubuh.

Meningkatnya Risiko Serangan Jantung

Salah satu bahaya yang terburuk dari terlalu banyak tidur adalah serangan jantung. Tidur yang berlebih mampu meningkatkan potensi serangan jantung iskemia (angin duduk) hingga dua kali lipat. Kebanyakan tidur juga sekaligus jadi bibit atau pemicu risiko penyakit arteri coroner.

Memicu Naiknya Bobot Tubuh

Bertambahnya berat badan secara tidak tentu pastinya menjadi momok yang menakutkan, terlebih pada kaum hawa. Akan tetapi memang sudah terbukti jika kelebihan tidur dapat memicu kenaikan bobot tubuh kita hingga 25 persen lebih besar, dan tubuh dapat dipastikan akan mengalami obesitas jika konsiten bertambah hingga lebih dari enam bulan.


Kesimpulannya, ada banyak sekali hal yang tidak baik bagi tubuh kita. Bahkan hal sepele seperti tidur berlebihan saja bisa meningkatkan resiko kematian. Oleh sebab itu kita harus lebih memperhatikan asupan dan waktu istirahat kita, jangan terbawa suasana akan padatnya aktivitas dan jangan juga terlena waktu senggang yang bisa dipakai untuk beristirahat, harus tetap mengingat bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel