Pentingnya Komunikasi Dalam Bisnis

Apa itu komunikasi? Pengertian Komunikasi adalah aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, dan gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya. Biasanya aktivitas komunikasi ini dilakukan secara verbal atau lisan sehingga memudahkan kedua belah pihak untuk saling mengerti.


Setelah mengetahui pengertian komunikasi, kita berangkat pada alasan pentingnya komunikasi dalam bisnis. Berikut ini alasan pentingnya komunikasi dalam bisnis:

1. Membangun Kerjasama Tim


Kerjasama dalam sebuah bisnis terbentuk karena adanya komunikasi yang baik antar anggota. Komunikasi tidak hanya sesama rekan kerja saja, namun juga secara vertikal antara atasan dan bawahan.

Pemimpin yang baik adalah yang mampu berinteraksi dan mendengarkan gagasan dari karyawannya. Tanpa komunikasi, kerjasama tidak dapat dibentuk.

2. Menghindari Kesalahpahaman Antar Tim


Komunikasi adalah bentuk koordinasi di dalam perusahaan. Sehingga dengan adanya komunikasi dapat menghindari kesalahpahaman antar anggota perusahaan.

Hal ini karena dengan berkomunikasi maka akan timbul rasa kepercayaan dalam tim dan meminimalisir terjadinya sengketa. Jika terjadi suatu permasalahan maka solusi terbaik adalah dengan membicarakannya.

3. Mendorong Peningkatan Kualitas Layanan


Komunikasi bertujuan untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Tentu jika ada interaksi yang baik antara pelanggan dan perusahaan maka akan memberikan kesan pelayanan yang baik sehingga pelanggan akan terikat untuk terus membeli jasa atau produk yang Anda jual.

4. Meningkatkan Proses Bisnis


Tidak bisa memaksakan proses yang sempurna dalam suatu bisnis. Sehingga dengan adanya komunikasi melalui pertemuan rutin antar anggota dapat dijadikan agenda evaluasi untuk saling bertukar pendapat.

5. Menciptakan Suasana Positif


Jika terjadi permasalahan baik yang berasal dari internal maupun eksternal perusahaan, maka dengan adanya komunikasi dapat memperlancar proses penyelesaian masalah.

6. Memahami Kondisi Pasar


Menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan atau konsumen, maka dapat mempermudah untuk mengetahui kondisi pasar, persaingan dan apa yang kurang dari perusahaan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel