20 Obat Penumbuh Rambut Alami, Ampuh dan Cepat

Apakah kamu sedang mencari obat penumbuh rambut alami yang dapat mengatasi masalah kebotakan? Jika ya, maka sebaiknya kamu membaca artikel ini dengan seksama.

Rambut adalah salah satu aset berharga yang paling diperhatikan oleh hampir semua orang baik pria maupun wanita. Karena rambut juga menjadi salah satu yang paling mempengaruhi penampilan selain dari pakaian dan aksesoris yang kita kenakan.

Biasanya kita, terkhusus kaum hawa, mempunyai waktu khusus untuk merawat rambut setiap bulannya. Akan tetapi bagaimana jika rambut kesayangan kita sudah mengalami kerontokan bahkan kebotakan?

Kebotakan tidak melihat usia, bayangkan jika pendamping hidup juga belum ada tapi sudah mengalami kebotakan. Pastinya akan sangat mengganggu rasa percaya diri kita bukan? Namun tidak perlu cemas csecara berlebihan apabila sudah terlanjur mengalami kebotakan. Masih ada terapi atau obat alami untuk menumbuhkan rambut.

Obat Penumbuh Rambut Alami


Jangan terburu-buru memilih untuk menggunakan obat pabrikan, karena bahan yang mengandung zat kimia tertentu berbahaya dalam penggunaan jangka panjang. Masih ada banyak bahan yang alami yang tidak memiliki efek samping tapi tetap ampuh saat digunakan sebagai bahan penumbuh rambut. Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara penggunaannya :

1. Teh Hijau

Teh Hijau
Teh hijau sangat erat dengan dunia kesehatan, selain kandungan antioksidannya yang sangat tinggi ternyata teh hijau juga ampuh untuk menyuburkan rambut kepala. Caranya adalah dengan menyeduh teh hijau tersebut dengan air panas kemudian diamkan hingga airnya dingin. Kemudian usapkan teh hijau yang sudah dingin ke bagian kepala yang mengalami kerontokan atau kebotakan, setelah dibiarkan selama 30 menit, bilas dengan air dingin.

2. Bawang Merah

Bawang merah
Selain sebagai bumbu masakan, bawang merah juga bisa digunakan untuk menumbuhkan rambut. Caranya yaitu dengan mengiris tipis beberapa siung bawang merah, kemudian peras sedikit untuk mendapatkan airnya. Gunakan air perasan bawang merah tersebut dibagian kulit kepala sebagai minyak untuk memijat. Pijat dengan lembut kurang lebih 1 jam untuk hasil maksimal, kemudian bilas dengan shampoo dan air hingga bersih.

3. Minyak Urang Aring

Minyak Urang Aring
Urang aring sudah terkenal sebagai salah satu bahan alami penumbuh rambut, bahkan sudah dijadikan sebagai salah satu bahan alami pada shampo. Minyak urang aring sendiri mudah ditemukan dipasar tradisional. Perawatan yang bisa dilakukan dengan minyak urang aring adalah dengan mengoleskannya secara rutin saat akan tidur malam dan juga sesaat setelah anda mandi pada pagi dan sore hari di bagian kulit kepala.

4. Jus Bayam

Jus Bayam
Bayam merupakan sayuran murah yang memiliki kandungan yang sangat baik bagi kesehatan. Sayur ini juga ampuh untuk digunakan sebagai obat alami penumbuh rambut. Prosesnya adalah dengan memblender sayur bayam segar hingga halus. Selanjutnya oleskan jus bayam tadi dengan kapas ke seluruh permukaan kulit kepala hingga merata. Kemudian pijat-pijat kepala dengan lembut dan diamkan selama 30 menit. Bila sudah, cuci dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

5. Telur Ayam Kampung

Telur Ayam Kampung
Telur Ayam Kampung pastinya tak terlalu sulit untuk dicari, karena sudah tersedia diminimarket. Untuk metode ini tidak disarankan menggunakan telur ayam biasa, karena manfaatnya tidak akan maksimal. Proses pembuatannya adalah dengan menyiapkan bagian kuning telur ayam kampung segar yang sudah dicampur dengan minyak zaitun. Setelah itu oleskan ke bagian kulit kepala yang mengalami kebotakan, biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan dengan rutin supaya hasilnya maksimal.

6. Buah Lemon

Buah Lemon
Selain minyak urang aring, air perasan buah lemon juga terkenal sebagai obat alami penumbuh rambut yang efektif. Metode perawatannya adalah dengan mencampur segelas air hangat dengan dua buah lemon segar, kemudian oleskan campuran tadi ke kulit kepala yang mengalami kebotakan. Ternyata selain untuk melembabkan kulit kepala, perasan air lemon juga berkhasiat menghilangkan ketombe.

Yang perlu diperhatikan adalah proses ini tidak boleh dilakukan lebih dari 1 kali dalam seminggu, karena dapat merubah warna alami rambut.

7. Madu

Madu
Selain untuk meluruskan rambut secara alami, madu juga berkhasiat untuk menumbuhkan rambut secara alami dan ampuh. Yaitu dengan mencampur 2 sendok makan madu, 2 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan bubuk kayu manis. Setelah dicampur dengan merata, usapkan ramuan tadi pada kulit kepala dan biarkan selama 30 menit. Jika sudah, bilas dengan air bersih.

8. Lidah buaya

Gel Lidah Buaya
Tidak ada lagi yang asing dengan manfaat lidah buaya sebagai obat penumbuh rambut alami. Lidah buaya juga berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok dan berketombe. Untuk perawatan kepala yang mengalami kebotakan adalah dengan mengoleskan gel dari batang lidah buaya yang telah dikupas. Pijat lembut selama 10 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.

9. Lada Hitam

Lada Hitam
Selain melancarkan peredaran darah dalam tubuh, lada hitam juga berkhasiat untuk menyuburkan rambut secara alami. Caranya adalah dengan menumbuk halus beberapa biji lada kemudian diberikan beberapa tetes perasan buah lemon. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata dan menyerupai pasta. Setelah itu oleskan pada bagian kulit kepala yang mengalami kebotakan, diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

10. Santan

Santan Coconut Milk
Kalau biasanya kita menggunakan santan untuk membuat makanan, pada saat ini ada sedikit perberbedaan. Sebab kali ini kita akan menggunakan santan untuk menumbuhkan rambut. Caranya adalah dengan mencampur setengah gelas air santan segar dengan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan yogurt hingga merata.

Akan tetapi jangan lupa untuk mencuci rambut dengan air hangat terlebih dahulu sebelum menggunakan ramuan penumbuh rambut ini. Setelah itu langsung aplikasikan ramuan tadi pada bagian kulit kepala. Biarkan selama 30 menit kemudian bersihkan dengan air dingin.


11. Baking Soda dan Bubuk Mustard

Baking soda
Campuran dari kedua bahan ini diklaim manjur sebagai untuk obat alami penumbuh rambut. Selain untuk mengatasi kerontokan biasanya juga digunakan untuk menyuburkan rambut. Caranya pembuatannya adalah dengan mencampurkan kedua bahan dengan shampo yang biasa kita digunakan. Selanjutnya digosokkan ke bagian kulit kepala dan pijat-pijat dengan lembut. Apabila dilakukan dengan rutin, rambut dijamin akan semakin sehat dan lebat.

12. Minyak kelapa

Minyak kelapa
Masih banyak orang di desa yang dengan rutin menggunakan minyak kelapa sebagai minyak rambut. Karena memang terbukti rambut menjadi semakin lebat dan hitam setiap harinya. Dari kebiasaan inilah akhirnya penggunanya mendapatkan rambut tebal dan terawat. Tapi untuk hasil maksimal minyak kelapa bisa di kombinasikan dengan bahan lain, komposisinya adalah 20 ml minyak kelapa, 10 ml minyak gooseberry, dan 1 sendok makan air lemon. Campurkan ketiga bahan hingga merata kemudian oleskan pada seluruh permukaan kepala. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

13. Kemiri

Kemiri
Kemiri adalah bahan alami untuk menyuburkan rambut kepala, cukup dengan mengoleskan minyak kemiri ke seluruh bagian kepala dengan sambil dipijat lembut. biarkan selama 1 malam dan pagi harinya langsung bilas dengan air dingin. Baiknya saat pemakaian, kepala dibungkus kain agar selain hasilnya bisa maksimal, sarung bantal juga tidak kotor oleh minyak kemiri yang dipakai semalaman. 

14. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Selain sebagai ramuan obat-obatan, ternyata minyak zaitun juga bermanfaat untuk menyuburkan dan menumbuhkan rambut kepala secara alami. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 2 sendok teh madu original. Aduk hingga merata dan oleskan ke bagian kepala dan diamkan selama 30 menit, dan bilas dengan air bersih. Cara ini bisa dilakukan 3 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

15. Kulit Apel

Kulit Apel
Jangan lagi sembarang membuang kulit apel, sebab kulit apel ternyata bermanfaat untuk menumbuhkan rambut. Karena diyakini kandungan antioksidan yang tinggi pada kulit apel yang bisa melancarkan peredaran darah di kulit kepala. Proses pembuatannya adalah dengan mencampurkan kulit apel segar dengan minyak zaitun dan aduk hingga encer. Kemudian campuran tadi ke seluruh permukaan kulit kepala dengan sambil dipijat lembut. Biarkan kurang lebih 30 menit kemudian bilas dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan cara ini setiap hari.

16. Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji
Yang kebanyakan orang tahu daun jambu biji adalah obat untuk mengobati diare, tapi ternyata daun jambu biji memang berkhasiat untuk menumbuhkan rambut secara alami. Caranya dengan merebus beberapa lembar daun jambu biji sampai warnanya menjadi kegelapan. Setelah air mendidih matikan kompor dan biarkan air menjadi dingin dengan sendirinya. Setelah itu ambil rebusan tadi kemudian usapkan pada bagian kulit kepala yang mengalami kebotakan. Lakukan cara ini secara rutin agar anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

17. Daun Seledri

Daun Seledri
Selain sebagai bumbu pada masakan, seledri juga efektif untuk menumbuhkan rambut secara alami. Kandungan dalam daun seledri juga dapat menghilangkan ketombe dan bisa meluruskan rambut secara alami. Untuk menggunakan daun seledri sebagai obat penumbuh rambut, potong daun seledri segar secukupnya. Kemudian blender sampai menjadi jus yang sangat halus, dan oleskan ke seluruh bagian rambut. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

18. Air Kelapa Muda

Air Kelapa Muda
Metode ini mungkin sangatlah jarang didengar, akan tetapi jangan remehkan air kelapa muda yang memiliki banyak manfaat, yang salah satunya adalah untuk menyuburkan rambut kepala. Caranya sangatlah mudah, hanya dengan menggunakan air kelapa muda untuk mencuci kepala setiap hari. Dengan menggunakan air kelapa untuk keramas, rambut akan semakin subur dan lebat.

19. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jeruk nipis digunakan sebab mengandung vitamin C yang sangat tinggi, sehingga sangat bagus untuk pertumbuhan rambut kepala. Caranya adalah dengan memeras 1 buah jeruk nipis segar dan menyapukannya air perasan tersebut ke kulit kepala hingga merata kemudian biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih dan untuk hasil maksimal terapkan cara ini setidaknya 2 kali seminggu.

20. Buah Pisang

Buah Pisang
Ini adalah cara dan bahan yang paling aman dalam merawat dan menumbuhkan rambut pada bagian kepala yang mengalami kebotakan. Dengan menghaluskan buah pisang hingga menjadi seperti bubur kemudian menaruhnya diseluruh bagian kulit kepala. Pijat lembut selama beberapa menit sebelum di bilas dengan menggunakan air dingin.

Sangat mudah dan aman bukan merawat rambut menggunakan bahan-bahan alami di atas. 20 cara diatas wajib dicoba sebelum beralih menggunakan obat penumbuh rambut buatan pabrik. Kalau ada cara dan bahan ada yang aman dan alami, kenapa harus pilih yang beresiko? 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel