Pengertian Adab Adalah : Fungsi dan Faktor Munculnya Adab

Pengertian Adab Adalah

Adab adalah sebuah kata yang tidak asing bagi kita, meskipun kata adab adalah kata yang umum akan tetapi masih banyak orang yang masih bingung mengenai arti dari adab, apalagi di tengah masyarakat yang identik dengan beretika dan bertanggung jawab. Tetapi, apa benar manusia beradab hanya sebatas etika dan tanggung jawab saja? Oleh sebab itu, pengertian adab akan kita bahas sedikit lebih dalam, beserta dengan seluk beluknya.

Pengertian Adab

Dari segi etimologi kata, arti kata adab merupakan sebuah akhlak yang mulia dimana berbentuk dalam tingkah laku, tabiat maupun aturan yang didasari oleh norma maupun agama. Kata adab sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti pendidikan atau mendidik. Namun arti adab dalam bahasa Yunani adalah kebiasaan atau etika.

Jadi substansi kata adab adalah perilaku yang menunjukkan kehalusan maupun kebaikan budi pekerti baik itu kesopanan maupun akhlak untuk mendidik diri sendiri sehingga menjadi orang yang paham akan aturan dan bertanggung jawab dalam segala hal.

Fungsi Penting Penerapan Adab

Kehadiran adab sangatlah penting sebab adab merupakan salah satu bagian dari akhlak mulia yang nantinya akan menuntut manusia untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa menempatkan diri pada tempat maupun waktu tertentu.

Tentunya maksud dari manusia beradab adalah seorang manusia yang mampu bertanggung jawab pada hak maupun kewajiban yang dimilikinya. Nantinya para manusia beradab akan menjadi pribadi yang adil sehingga bisa dijadikan sebagai seorang pemimpin, ditambah lagi manusia beradab biasanya akan terus belajar termasuk mau memperbaiki diri sehingga bisa menyempurnakan akhlaknya.

Tentunya adab sendiri juga merupakan salah satu hal yang dapat menumbuhkan kecintaan seseorang terhadap sang Pencipta maupun kepada sesama manusia. Serta dengan adanya adab maka dapat mengecegah manusia dalam melakukan perbuatan tercela atau keji.

Maka tidak heran apabila adab sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, untuk membuat kehidupan kita menjadi lebih teratur dan ideal.

Pengertian Adab Menurut Para Ahli

Ada banyak pendefinisian dari kata adab menurut kamus-kamus Bahasa Indonesia, meskipun banyak pandangan yang berbeda mengenai arti kata adab akan tetapi pengertiannya secara absolut tidak jauh berbeda. Dibawah ini adalah pengertian adab menurut ahli dan cendikiawan, antara lain :

1. Al-Jurjani

Menurut Al-Jurjani adab adalah proses memperoleh ilmu pengetahuan yang dipelajari guna mencegah pelajar dari bentuk kesalahan.

2. Ibrahim Anis

Menurut Ibrahim Anis adab adalah ilmu yang objeknya membahas nilai-nilai yang berkaitan dengan perbuatan manusia.

3. Soegarda Poerbakawatja

Menurut Soegarda Poerbakawatja adab adalah budi pekerti, watak, kesusilaan, yaitu kelakukan baik yang merupakan akibat dari sikap jiwa yang benar terhadap khaliknya dan terhadap sesama manusia.

4. Hamzah Ya’qub

Menurut Hamzah Ya’qub adab adalah ilmu yang menentukan batas antara baik dan buruk, antara terpuji dan tercela, tentang perkataan atau perbuatan manusia lahir dan batin. Dan ilmu pengetahuan yang memberikan pengertian tentang baik dan buruk, ilmu yang mengajarkan pergaulan manusia dan menyatakan tujuan mereka yang terakhir dari seluruh usaha dan pekerjaan mereka.

5. Ibn Miskawaih (1030 M)

Menurut Ibn Miskawaih adab adalah suatu keadaan yang melekat pada jiwa manusia, yang berbuat dengan mudah, tanpa melalui proses pemikiran atau pertimbangan (kebiasaan sehari-hari).


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemunculan Adab

Tentunya ada beberapa faktor yang membuat adanya kemunculan adab seiring berjalannya waktu. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap lahirnya adab, antara lain seperti :

1. Ajaran agama

Pendidikan agama merupakan pondasi dalam kehidupan manusia sehari-hari serta merupakan bekal untuk kehidupan di akhirat, tidak heran jika agama dapat memberikan pengaruh terhadap adab seorang manusia. Serta mereka yang belajar agama dengan baik maka akan tahu seberapa pentingnya kehadiran adab dalam kehidupan manusia.

Sebab mereka yang beriman dapat patuh terhadap aturan yang terdapat di dalam agama sehingga mereka akan cenderung takut ketika akan melakukan perbuatan buruk. Bahkan manusia yang hidup dengan takut akan hukum alam seperti karma-pala atau tabur tuai, maka biasanya hidupnya akan menjadi lebih tentram, aman, dan bahagia.

2. Adat istiadat

Tentunya adat istiadat sangat memberi pengaruh terhadap sikap seseorang sehingga dapat melahirkan adab seorang manusia. Sebab adat istiadat identik dengan sikap yang diwariskan secara turun temurun serta telah dipertahankan sejak lama, tidak heran jika hal seperti ini bisa memberikan pengaruh terhadap kebiasaan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun demikian, tidak semua aturan adat atau kebudayaan bisa diterapkan atau bisa melahirkan adab, karena ada beberapa kondisi juga dimana aturan adat bertentangan dengan aturan agama. Oleh sebab itu maka sebaikanya ditimbang kembali sebelum memilih hal-hal yang akan diterapkan dalam membentuk adab, baik untuk diri sendiri maupun dalam sebuah komunitas.


Kesimpulannya Adab adalah norma atau aturan yang tidak tertulis mengenai sopan santun yang berdasar pada aturan agama dan adat budaya. Norma yang digunakan dalam pergaulan sesama manusia dan mengatur perihal sopan santun terhadap sesama manusia. Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian adab, semoga bermanfaat untuk kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel