Kata-kata Bijak Menginspirasi

kata-katabijaksana
Kata-kata yang keluar dari mulut kita memiliki kekuatan magis, karena nasihat yang kita berikan kepada seseorang bisa menjadi tuntunan yang akan menjaganya seumur hidup. Akan tetapi bisa juga perkataan buruk yang kita lontarkan kepada seseorang menjadi racun kebencian yang akan membunuhnya setiap hari.

Itulah sebabnya kita harus benar-benar memilih kalimat yang baik untuk orang disekitar kita agar tidak menyakiti perasaan. Pastinya kita tidak asing dengan kalimat ‘lidah lebih tajam dari pedang’ bukan. Nah, oleh sebab itu lebih baik kita memberi aura positif melalui perkataan kita kepada orang-orang disekitar kita.

Manfaat Kata-Kata Bijak

Penggunaan kata yang mengandung motivasi dan semangat mudah ditemukan pada kata-kata bijak. Kata-kata bijak adalah sumber motivasi dan menjadi stimulan yang memberi semangat kepada kita untuk menjalankan hari-hari kita dengan semakin baik, dari waktu ke waktu.

Terlebih jika kata-kata bijak tersebut sangat berhubungan dengan kehidupan kita. Orang yang suka mengikuti nasehat dari kata-kata bijak biasanya tidak mudah terganggu dengan cemooh-an orang-orang yang iri atau “julid”, sebab mereka sangat memilih hal-hal yang perlu dan tidak perlu dicerna dalam pikirannya.

Contoh Kata-Kata Bijak dan Artinya

contoh kata-kata bijaksana
Ada banyak sekali kata-kata bijak yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, dan dapat menginspirasi dan memberi motivasi orang yang mendengar atau membacanya. Kata-kata bijak yang biasa kita gunakan biasanya ditulis oleh tokoh-tokoh dunia yang terkenal seperti Plato atau Aristoteles. Tetapi banyak juga kata-kata bijak yang sudah diterjemahkan dalam banyak bahasa dan tidak diketahui penulisnya.

Berikut ini adalah contoh kata-kata bijak terjemahan, yang sering digunakan karena terkenal dan menginspirasi banyak orang.


  • “Kebencian adalah penyakit yang akan mematikan kebaikan.”

Artinya kita sebaiknya tidak memupuk kebencian dalam kehidupan kita sebab adalah penyakit yang akan mematikan kebaikan. Cara terbaik adalah dengan melupakan, belajar untuk terima keadaan dan tetap melakukan yang terbaik untuk semua orang.

  • “Sehari selembar benang, lama-lama jadilah selembar kain”

Kalau kita baca sepintas mungkin akan kita lihat sama seperti pepatah “berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian.” Memang bentuk pepatahnya tidak jauh, akan tetapi sebenarnya tetua kita ingin menyampaikan jika dengan ketekunan dan kesabaran maka kita akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

  • "Sebelum menjadi kupu-kupu yang indah, betapa banyak waktu yang harus dilaluinya dalam kepompong.”

Sebuah kupu-kupu dengan sayapnya yang sangat indah pun dulunya adalah seekor ulat yang mengelikan, kemudian menjadi kepompong yang lebih mengerikan dan tidak memiliki daya tarik sama sekali. Hingga bila sudah tiba saatnya ia akan menjadi kupu-kupu yang dapat terbang dengan sayap indahnya dan memukau siapapun orang yang melihatnya.

Begitu pula dengan kita yang mungkin saat ini masih menjadi ulat atau kepompong atau sedang dalam proses menjadi kupu-kupu yang indah. Ingatlah, semua indah pada waktunya.

  • “Masalah dapat mendewasakan”

Permasalahan hidup tidak mungkin lepas dari setiap manusia, lantas apa kita akan menyerah begitu saja? Tentu tidak. Saat permasalahan hadir dalam kehidupan kita, janganlah menjadi lemah. Jangan meminta masalah untuk tidak hadir dalam kehidupan, akan tetapi tegarlah agar kita bisa melewati semuanya. Sebab permasalahan juga lah yang akan membuat kita menjadi semakin dewasa, jadi tetaplah kuat.

  • “Uang bukanlah segalanya, tetapi segalanya butuh uang”

Ungkapan diatas tidak mungkin dibantah, sebab uang memang tidak akan menjamin kebahagian seseorang, tetapi jika tidak memiliki uang bisa dipastikan bahwa kebahagiaanmu lebih tidak terjamin lagi. Meskipun uang bisa membeli kebahagiaan, tetapi dengan uang kita bisa cepat meraih kebahagiaan. Dan uang juga bisa membantu kita untuk memberi kebahagiaan pada orang yang kita sayangi.

  • "Lebih indah hidup sederhana apa adanya, daripada hidup mewah dengan hutang di mana-mana."

Sebab inti dari kebahagiaan bukanlah dari segi materi, melainkan kesanggupan kita bersyukur atas nikmat dunia yang sudah kita miliki atau rasakan. Belajar bersyukur dan berusaha lebih keras agar mendapatkan hidup yang lebih baik jauh lebih terpuji daripada sekadar menuruti gengsi.

  • “Jika kehidupan membuat diri menangis, ingat ada ribuan kenangan indah yang membuat kita tersenyum.”

Manusia terkadang lebih terfokus kepada hal-hal menambah beban pikiran atau kesedihan, terlebih jika mengingat orang-orang terdekat biasa menjadi tempat berbagi yang sudah meninggalkan dunia ini. Padahal sebetulnya ada banyak kenangan indah yang memotivasi dan membuat kita semakin kuat, ketika mengingat momen-momen atau nasehat-nasehat dari orang tersebut.

  • “Bermimpilah dalam hidup, jangan hidup dalam mimpi.”

Target setiap manusia dalam hidupnya memang beragam, begitu juga dengan cara mewujudkannya. Mimpi tidak ada artinya jika hanya sebatas mimpi, oleh sebab itu beranjaklah dari zona nyaman dan wujudkan mimpi-mimpi tadi.

  • “Jangan jadi katak dalam tempurung.”

Orang yang besar tidak mungkin meremehkan orang lain, sebab sehebat apapun dirinya, pasti dia akan menghargai kelebihan dan kekurangan orang lain. Tetapi berbeda dengan orang dengan “katak dalam tempurung.” Orang-orang yang demikian cenderung bermegah diri sementara wawasan tidak luas dan dirinya juga tidak mau berfikir terbuka.

Berikut ini adalah contoh kata-kata bijak dalam bahasa inggris, yang sering digunakan karena terkenal dan menginspirasi banyak orang.


  • “What is coming is better than what is gone.”

Yang datang pasti lebih baik daripada yang telah hilang.

kata-kata bijaksana
  •  “Not everything is meant to stay in your life. Some things only come as a lesson. To teach you value of time.”

Tidak semua hal akan tinggal selamanya didalam hidupmu. Beberapa dari mereka hanya datang sebagai pelajaran hidup, untuk mengajarimu arti waktu.

  • “The world is filled with nice people. If you can’t find one, be one.”

Dunia ini berisi orang baik. Jika kau tidak bisa menemukan satupun, jadilah orang baik itu.

  • “Best thing in life is seeing a smile on the faces of your parents, and realize that you are the reason.”

Hal terindah dalam hidup adalah melihat senyum di wajah orang tuamu, dan menyadari bahwa kamulah alasannya.

  • “What ever you lost wasn’t yours.”

Segala hal yang hilang darimu bukanlah milikmu.

  • "Just because you're correct does not mean that you're right."

Artinya jika kita sesuai kenyataan bukan lantas kita sudah menjadi benar, sebab banyak sekali pandangan, opini atau pendapat dari orang lain yang juga bisa saja benar. Itulah perlunya bagi kita untuk selalu bercermin dan koreksi diri.

  • “Open your mind first, before you open your mouth.”

Artinya kita harus berpikir terlebih dulu sebelum kita membuka mulut untuk angkat bicara. Agar setiap yang keluar dari mulut kita tidak menjadi perkataan yang kotor dan kosong, melainkan suatu buah pikiran.

  • “Change will not come if we wait for some other person or some other time. We are the ones, we’ve been waiting for. We are the change that we seek.”

Artinya perubahan tidak akan datang jika kita menunda dan hanya menunggu orang lain untuk melakukan perubahan itu. Kita adalah yang seharusnya melakukannya dan kita kita adalah perubahan yang dicari. Kalimat diatas cukup terkenal sebab disampaikan langsung Barrack Obama dalam sebuah pidatonya sebagai presiden Amerika Serikat.

Jadi itulah penjelasan mengenai kata-kata bijak, beserta manfaat dan beberapa contoh-contoh kata-kata bijak. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menginspirasi para pembaca, untuk menjadikan kata-kata bijak di atas menjadi motivasi dalam hidup.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel