Pengertian Adiwiyata : Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya

Pengertian Adiwiyata Adalah
Apa arti adiwiyata? Apa tujuan dan manfaat adiwiyata? Adiwiyta adalah sebuah kata yang tidak umum, akan tetapi ternyata artinya penting sekali untuk kita ketahui. Adiwiyata atau Green School merupakan salah satu program yang dibuat oleh kementrian negara lingkungan hidup sehingga memiliki tujuan agar dapat mendorong terciptanya pengetahuan dan juga kesadaran warga dalam pelestarian lingkungan hidup. 

Nah disini kita akan membahas pengertian adiwiyata dengan lebih luas dan mendetail agar para pembaca bisa menambah perbendaharaan informasi, terlebih tentang pengertian aidiwayata .

Pengertian Adiwiyata

Arti diwiyata adalah sebagai salah satu tempat dengan tujuan untuk dapat memperoleh segala ilmu pengetahuan, baik mengenai norma, etika dan menjaga terciptanya kesejahteraan hidup yang baik untuk bisa menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Menurut peraturan yang telah ditetapkan oleh Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia dengan nomor 05 tahun 2013 yaitu mengenai pendoman pelaksanaan program adiwiyata yang mengatakan sekolah adiwiyata ini memang merupakan salah satu sekolah yang sangat peduli akan berbudaya lingkungan sehingga memiliki tujuan untuk mendorong pengetahuan dan juga kesadaran mengenai pelestarian lingkungan hidup.

Fungsi Adiwiyata

Fungsi dari adiwiyata adalah sebagai program yang menuntut seluruh para pelajar bisa ikut terlibat ke dalam semua aktivitas persekolahan, yang terutama  yaitu untuk mencapai lingkungan yang bersih dan sehat. Para siswa juga dituntut untuk menghindari segala macam bentuk aktifitas yang berdampak negatif bagi lingkungan.

Tujuan Adiwiyata

Pengertian Adiwiyata Green school
Tujuan dari sekolah adiwiyata apabila kita lihat secara umum adalah untuk dapat mewujudkan masyarakat sekolah mengenai peduli dan budaya didalam lingkungan dan mampu menciptakan kondisi yang lebih baik lagi khususnya di lingkungan sekolah.

Dan secara tidak langsung para pelajar dan warga sekolah jadi bisa belajar lebih banyak mengenai pelestarian lingkungan hidup yang baik. Dan berpartisipasi dalam program pemerintah untuk menjaga lingkungan untuk kepentingan bersama khususnya kepada generasi yang akan datang.

Manfaat Program Adiwiyata

Selain membahas tentang pengertian, fungsi dan tujuan adiwiyata, disini kita juga akan membahas tentang manfaat program adiwiyata. Sebab dengan dengan harapan diterapkannya program seperti ini di setiap sekolah, para pelajar jadi dapat lebih mengetahui akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.
Dibawah ini adalah beberapa manfaat mengenai program adiwiyata, diantaranya :

  • Merubah perilaku warga sekolah menjadi lebih bisa membudayakan pelestarian lingkungan dengan lebih baik lagi.
  • Menghindari resiko negatif terhadap rusaknya lingkungan khususnya untuk wilayah sekolah.
  • Dapat meningkatkan efisiensi khususnya dalam pelaksanaan mengenai kegiatan operasional sekolah.
  • Menjadi tempat pembelajaran khususnya bagi generasi muda mengenai pemeliharaan serta pengelolaan lingkungan hidup secara baik dan benar.
  • Penghematan dana dengan melalui pengurangan sumber daya manusia, sebab semua warga sekolah sudah terlibat.
  • Menciptakan kondisi kebersamaan khususnya bagi semua warga sekolah.
  • Meningkatkan kualitas belajar dan menjadi kondisi belajar mengajar yang terbilang lebih nyaman serta kondusif untuk seluruh warga sekolah.
  • Dan lain sebagainya


Begitu banyak manfaat dari penerapan program adiwiyata ini, oleh sebab itu alangkah baiknya jika program ini dilakukan disemua sekolah yang ada di seluruh bagian Indonesia. Selain lingkungan menjaid lebih bersih, sehat dan asri, para pelajar juga jadi lebih paham dalam menjaga kelestarian lingkungan. Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian, fungsi, tujuan dan manfaat adiwiyata.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat sebagai tambahan informasi bagi kita semua dan bisa menjadi semangat untuk kita lebih lagi dalam menyayangi dan menjaga lingkungan kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel