Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 Pada Komputer

Cara Mengoptimalkan Performa Windows 10 Pada Komputer
Sistem operasi yang terbaru saat ini dan menjadi favorit para pengguna PC adalah Windows 10. Semua pengguna sistem operasi Windows pastinya sudah mengetahui keunggulan dan kualitas Windows 10 dibanding pendahulunya. Ditambah update dengan fitur-fitur yang menarik pastinya membuat Windows 10 menjadi salah satu dari yang terbaik saat ini.

Namun, terkadang ada beberapa hal yang membuat Windows menjadi lemot secara tiba-tiba, tanpa diketahui sebabnya. Dibawah ini adalah beberapa cara untuk membuat performa PC Windows 10 kita, menjadi lebih baik. 

1. Mematikan Aplikasi atau Program yang Tidak Dipakai

Kadang kala tanpa kita sadari, komputer kita menjadi lambat karena ada banyak program lain yang running dibelakang aplikasi yang sedang kita gunakan. Oleh sebab itu, program-program tersebut sebaiknya dimatikan agar lebih memacu performa komputer.

Kita bisa mematikan program-program yang tidak kita gunakan melalui Task Manager. Caranya dengan menekan keyboard berlambang Windows dan pilih Task Manager atau bisa dengan menekan “Ctrl + Shift + Esc” secara bersamaan.

Mematikan Aplikasi atau Program yang Tidak Dipakai
Pada layar Task Manager, kita bisa klik bagian kiri bawah yaitu More Details untuk mengakses Task Manager secara lebih lengkap, kemudian klik tab Startup. Pada halaman ini kita bisa mengatur program apa saja yang bekerja secara otomatis pada saat startup. Klik kanan dan pilih Enable untuk mengaktifkan dan Disable untuk menonatifkan program, sesuai dengan kebutuhan users.

2. Mematikan Fitur Shadows, Animation, dan Special Effects

Inilah yang membedakan Windows 10 dengan yang lain, yaitu tampilannya yang lebih kaya jika kita bandingkan dengan seri Windows pendahulunya. Hanya saja untuk menjalankan fitur-fitur tersebut pastinya akan  mempengaruhi kinerja sistem, apalagi bagi para pengguna PC dengan spesifikasi low end atau standar.

Solusianya adalah dengan meminimalisir pemakaian fitur-fitur tadi. Caranya adalah dengan mengetik “sysdm.cpl” dalam kotak pencarian Windows 10. Setelah muncul kotak dialog System Properties, klik tab Advanced dan klik Setting di bagian Performance untuk membawamu melihat berbagai daftar shadow, animation dan Spesial Effects.

Mematikan Fitur Shadows, Animation, dan Special Effects
Untuk mencapai performa terbaik kita bisa memilih Adjust For the Best Performance pada bagian atas layar kemudian klik OK. Atau kita juga bisa pilih Custom dan memilih mengaktifkan beberapa fitur apa saja. Agar kulitas tampilan tetap terjaga tetapi tidak memperlambat sistem PC.

3. Mengoptimalkan Prosesor

Ada tiga pengaturan standar Windows dalam pengaturan daya prosesor, antara lain Balanced, High Performance, dan Power Saver. Power Saver pada Windows 10 bisa mempengaruhi kinerja komputer dan membuatnya sedikit lebih lambat. Dengan menggantinya ke Balance atau High Performance pastinya akan membuat kinerja Windows menjadi lebih baik.

Cara pengaturannya adalah melalui Control Panel, kemudian klik Hardware and Sound, lalu klik Power Options. Pilihan yang tersedia umumnya adalah Balanced (recommended) dan Power Saver, dan jika ingin melihat setting High Performance, kita bisa klik tanda panah Show Additional Plans.

4. Mematikan Index Pencarian

Fitur pencarian pada Windows yang lebih umum disebut sebagai search index, membuat kita bisa mengakses aplikasi, file, dan sebagainya dengan cepat tanpa harus menuju sumber folder. Meskipun sebenarnya fitur ini membantu kita yang suka lupa lokasi file, ternyata fitur tersebut bisa mempengaruhi proses loading PC dan membuatnya menjadi agak lemot.

Kalau kita mau mengoptimalkan performa Windows 10 kita, sebaiknya mematikan juga fitur search index. Caranya ketik “service.msc” pada kotak pencarian di menu Start, setelah jendela Service muncul, cari Indexing Service atau Windows Search di daftar layanan. Klik dua kali, lalu klik Stop dan reboot.

5. Buang Segala Bloatware

Selain empath al diatas, ada juga satu hal yang dapat memperlambat kinerja PC kita. Tidak selalu dari fitur yang disediakan Windows, tapi justru karena adanya bloatware atau adware yang terinstal dalam PC. Hal ini sangat mengganggu karena selain membuat kinerja PC menjadi lambat, aplikasi yang tak diinginkan ini juga bisa membuat hardisk kita penuh.

Akan tetapi kita tetap bisa meng-uninstall program-program ini secara manual melalui Control Panel. Caranya yaitu dengan klik kanan pada menu Start, kemudian klik Control Panel.Sesudah itu pilih program yang akan dibuang dan klik Uninstall A Program.

Atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi anti-malware bawaan dari Windows 10 yang sudah ampuh memberantas bloatware pada PC.

Kira-kita itulah 5 hal yang bisa dicoba dirumah, bagi kita yang mau mengoptimalkan kinerja Windows 10 pada PC kita. Semoga cara-cara diatas berguna dan bisa diterapkan dengan mudah. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel