Pengertian Artikulasi Adalah : Artikulator, Jenis Artikulator dan Faktor Pendukung Artikulasi

Pengertian Artikulasi Adalah
Apa itu artikulasi? Bagaimana prosesnya? Definisi artikulasi menurut KBBI ialah pelafalan atau pengucapan kata. Dimana ada perubahan rongga dan ruang, pada saluran suara dalam menghasilkan bunyi suara. Untuk lebih memahami proses dan faktor-faktor yang mempengaruhi artikulasi, mari kita baca selengkapnya pada artikel dibawah ini.

Pengertian Artikulasi

Dalam teknik vocal, artikulasi adalah perubahan saluran yang terjadi pada dalam ruang dan rongga saluran suara, yang mana hal tersebut akan mengakibatkan bunyi yang dihasilkan menjadi lebih jelas pada pendengaran.Atau disebut juga teknik dalam pelafalan kata perkata agar dapat bernyanyi dengan baik, jelas dan benar.

Bagian dari tubuh yang mengatur artikulasi berada mulai dari bagian bibir luar hingga pita suara. Yang mana fonem-fonem akan dibentuk dari getaran pita suara, bersamaan dengan perubahan posisi mulut (bibir dan lidah).

Sedang dalam dalam musik artikulasi sendiri ialah arah dan teknik yang mempengaruhi peralihan nada dan kesinambungan dari satu not dengan not yang lain.

Sedang dalam ilmu biologi, artikulasi disebut sebagai sebuah keterkaitan antar tulang, dimana dua tulang atau lebih, melakukan kontak yang menghasilkan suara gemeretak. Penjelasan lain mengenai arti dari kata artikulasi adalah pengucapan kata dengan mulut agar dapat didengar dengan baik, dan bisa dipahami oleh pendengar.

Artikulasi yang baik dapat dinilai dari kejelasan setiap kata yang keluar dari mulut orang yang mengucapkan. Terutama bagi orang-orang yang bernyanyi atau terbiasa menggunakan 2 jenis bahasa atau lebih.

Pengertian Artikulator

Artikulasi juga berhubungan dengan articulator atau alat ucap. Atau dengan kata lain adalah semua organ tubuh manusia yang digunakan dalam proses pengucapan bunyi dan bahasa. Organ-organ tersebut diantaranya ialah paru-paru, laring, faring, rongga hidung, rongga mulut, bibir, gigi, lidah, alveolum, palatum, velum, dan unila.

Jenis Artikulator

Artikulator sendiri dibagi menjadi dua jenis, antara lain adalah artikuator pasif dan artikulator aktif. Penjelasannya sebagai berikut :

1. Articulator aktif

Yaitu alat ucap yang bisa bergerak dan dipergunakan untuk menghasilkan bunyi bahasa. Contohnya adalah lidah dan bibir.

2. Artikulator pasif

Yaitu adalah alat ucap yang tidak bisa bergerak, tetapi disentuh atau didekati oleh artikulator aktif dalam menghasilkan bunyi bahasa. Contohnya adalah gigi atas dan langit-langit.

Faktor Pendukung Untuk Artikulasi Yang Baik

Ada banyak faktor yang mempengaruhi artikulasi seseorang, baik dari luar maupun dari diri sendiri. Dan dibawah adalah beberapa hal yang mempengaruhi artikulasi, diantaranya adalah :

1. Posisi Mulut

Posisi dan bentuk mulut yang tepat dan tidak dipaksakan adalah salah satu faktor yang membuat artikulasi menjadi baik. Sebab udara akan dengan leluasa masuk dan keluar dari rongga mulut, yang mempengaruhi artikulasi kita dalam menghasilkan vokal yang baik.

2. Posisi Badan

Posisi badan yang baik juga dapat membantu kelancaran sirkulasi udara yang menjadi pendorong utama penghasil suara. Contoh posisi badan yang baik adalah ketika posisi kepala yang tegak, tulang belakang dalam posisi lurus, sedikit membusung pada bagian dada dan posisi kedua kaki tegak dan berjarak sekitar 20cm.

3. Latihan Olah Vokal

Latihan olah vokal dilakukan untuk menghasilkan suara yang jelas di telinga sekaligus untuk menyempurnakan bernyanyi agar terdengar enak dan merdu.

4. Latihan Teknik Bunyi Vokal

Bunyi vokal adalah suatu bunyi yang keluar dari paru-paru saat tidak hambatan, dimana suara yang dihasilkan akan berbeda sesuai dengan tinggi rendah lidah, maju mundurnya lidah dan posisi bibir.

5. Latihan Teknik Pembentukan Bunyi Konsonan

Bunyi konsonan adalah suatu bunyi yang keluar dari paru-paru dengan memperoleh hambatan, dimana suara yang dihasilkan sangat bergantung pada peranan lidah.

Macam-macam bunyi konsonan, antara lain :

1. Resonansi

Resonansi ialah suatu gejala bunyi yang dikembalikan di suatu ruangan, atau disebut juga sebagai gema yang timbul karena pantulan suara.

2. Pernapasan

Pernapasan ialah proses masuk dan keluarnya udara dari paru-paru. Dan penggunaan udara untuk bernyanyi jauh lebih tinggi daripada untuk bernapas.

3. Pembawaan

Salah satu keberhasilan seorang penyanyi dalam membawakan suatu lagu ialah ketepatan dalam melakukan interpretasi terhadap suatu karya musik atau lagu.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian artikulasi, artikulator, dan faktor yang mempengaruhi artikulasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan terlebih mengenai istilah artikulasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel