Pengertian Aplikasi adalah : Arti, Manfaat, Klasifikasi, dan Contoh Aplikasi

Pengertian Aplikasi adalah
Apa arti aplikasi? Banyak orang yang sebatas memahami bahwa aplikasi adalah sebuah format data, tanpa mengetahui fungsi aplikasi, manfaat aplikasi dan klasifikasinya. Agar lebih memahami mengenai pengertian aplikasi secara lebih luas, mari kita baca artikel di bawah ini.

Pengertian Aplikasi

Dari sudut pandang ilmu komputer, aplikasi merupakan perangkat lunak atau program komputer yang beroperasi pada sistem tertentu yang dibuat untuk melakukan perintah tertentu.

Dari segi etimolgi kata, aplikasi berasal dari bahasa Inggris yaitu “application” yang artinya adalah penggunaan maupun penerapan. Yang jika disederhanakan maka bisa disimpulkan bahwa pengertian aplikasi adalah suatu penerapan perangkat lunak atau software yang dikembangkan dengan tujuan untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Menurut cara pengembangannya, ada 3 jenis aplikasi, antara lain :

1. Aplikasi Mobile

Aplikasi Mobile ialah aplikasi yang dikembangkan untuk dijalankan di perangkat mobile atau telepon selular.

2. Aplikasi Desktop

Aplikasi desktop ialah aplikasi yang dikembangkan untuk dapat dijalankan di perangkat PC maupun laptop.

3. Aplikasi Web

Aplikasi Web ialah aplikasi yang dikembangkan untuk dijalankan menggunakan komputer dan koneksi internet.

Aplikasi yang dikembangkan biasanya akan dapat dijalankan oleh banyak jenis sistem operasi. Contohnya adalah aplikasi game ponsel yang bisa berjalan pada sistem operasi android maupun pada IOS.

Dibawah ini adalah beberapa kriteria yang menunjukkan bahwa sebuah aplikasi bisa dikatakan berkualitas, diantaranya :

  • Dapat dijalankan pada banyak platform.
  • Dapat memenuhi kebutuhan pengguna gadget.
  • Dapat merespon instruksi dengan cepat bahkan pada gadget dengan spesifikasi low-end.


Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Dibawah ini adalah beberapa pengertian aplikasi menurut pandangan para ahli. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sri Widianti

Pengertian aplikasi menurut Sri Widianti ialah suatu program atau perangkat lunak yang dibuat sebagai front end sebuah sistem. Kemudian digunakan dalam mengelola data untuk digunakan menjadi suatu informasi yang bermanfaat untuk penggunanya.

2. Hengky W. Pramana

Pengertian aplikasi menurut Hengky W. Pramana ialah suatu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan berbagai aktivitas maupun pekerjaan manusia. Contohnya seperti aplikasi untuk layanan masyarakat, periklanan, aktivitas niaga, permainan dan lain sebagainya.

3. Rachmad Hakim S.

Pengertian aplikasi menurut Rachmad Hakim S. ialah sebuah software yang dikembangakan dengan tujuan tertentu. Bisa sebagai pengolah data, menjalankan permainan dan hal-hal lainnya.

4. Harip Santoso

Pengertian aplikasi menurut Harip Santoso ialah suatu kelompok file (report, class, form) yang dikembangkan guna mengerjakan sebuah kegiatan tertentu yang saling berhubungan. Contohnya seperti aplikasi payroll dan fixed asset.

5. Ali Zaki dan Smitdev Community

Pengertian aplikasi menurut Ali Zaki dan Smitdev Community ialah suatu komponen yang digunakan sebagai media pengoperasian pengolahan dokumen atau data.

Manfaat Aplikasi di Banyak Bidang

Dari penjelasan diatas dan menurut pandangan ahli, bisa disimpulkan jika aplikasi pastinya membawa kemudahan dan kenyamanan kepada penggunanya di segala bidang. Dibawah ini adalah manfaat aplikasi pada banyak bidang, diantaranya :

1. Bidang Kesehatan

Manfaat aplikasi pada bidang kesehatan juga sangat banyak, salah satu contoh yang umum adalah aplikasi yang digunakan sebagai pendata pasien dimana akan tersimpan semua rekam medis pasien. Baik dari penyakit, jenis perawatan, lama perawatan dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga berguna untuk mencegah kesalahan sistem hingga 99% dengan menggunakan barcode, dimana tidak akan ada kesalahan penanganan pasien, sekalipun terdapat nama dan tanggal lahir yang sama antar pasien.

2. Bidang Pendidikan

Manfaat aplikasi pada bidang pendidikan sangatlah banyak, salah satunya sebagai media untuk memperkaya bahan pengajaran. Misalnya dengan menggunakan Microsoft Power Point untuk media penyajian materi, dimana animasi-animasi yang ditambahkan bisa membuat proses belajar menjadi lebih menarik, sehingga ada hasil yang lebih maksimal ketika menyampaikan materi.

3. Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Manfaat aplikasi pada bidang iptek sangatlah luas, baik aplikasi yang digunakan untuk mengumpulkan informasi maupun mencari informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

4. Bidang Bisnis

Manfaat aplikasi dalam bidang bisnis sangatlah banyak, salah satu contohnya adanya aplikasi yang membantu menghitung besarnya keuntungan yang diperoleh. Sebab perhitungan manual umunya memakan waktu yang jauh lebih lama.

5. Bidang Militer

Manfaat aplikasi dibidang militer sangat luas, mulai dari mempermudah sistem navigasi sederhana secara manual, bahkan hingga untuk mengontrol pesawat pengintai tanpa awak. Dengan banyaknya aplikasi yang digunakan pada bidang militer bisa dipastikan, pekerjaan anggota militer lebih optimal dan sebuah negara juga menjadi lebih aman.

Klasifikasi Aplikasi

Fungsi Aplikasi Adalah
Klasifikasi aplikasi dibagi menjadi enam macam sesuai dengan kegunaannya, adapun pengelompokkan aplikasi tersebut ialah sebagai berikut:

1. Personal Computer Software

Personal Computer Software ialah aplikasi yang dikembangkan dan dipakai dalam perangkat komputer, secara legal dan personal.

2. Web Based Software

Web Based Software Web Based Software yaitu aplikasi yang dikembangkan dan digunakan sebagai media penghubung antara pengguna dengan internet secara langsung.

3. System Software

System software yaitu aplikasi digunakan untuk mengelola dan mengendalikan proses operasi internal di dalam sistem komputer.

4. Engineering and Scientific Software

Engineering and Scientific Software yaitu aplikasi yang dikembangkan guna mempermudah manusia menyelesaikan permasalahan yang bersifat non algoritmik.

5. Real Time Software

Real time software yaitu aplikasi yang digunakan untuk mengamati, menganalisa, dan mengendalikan suatu kejadian pada dunia nyata yang sedang berlangsung.

6. Business Software

Business Software ialah aplikasi yang dikembangkan guna kepentingan usaha, umumnya adalah untuk mengatur sistem keuangan.

Contoh Aplikasi

Contoh Aplikasi Adalah
Berikut ini adalah contoh aplikasi yang sebagian besarnya sudah biasa kita gunakan sehari-hari, pada perangkat komputer maupun mobile. Diantaranya adalah :

  • Adobe Reader yang digunakan untuk membaca dokumen dengan ekstensi .doc, .docx, dan .pdf.
  • Adobe Photoshop yang digunakan untuk mengolah file gambar.
  • Microsoft Word yang digunakan untuk membaca dan mengolah dokumen.
  • Microsoft Powerpoint yang digunakan dalam presentasi, aplikasi ini bisa membuat dan menampilkan data yang sesuai dengan format datanya.
  • Winamp dan Grove Music yang digunakan sebagai pemutar lagu lagu.
  • Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera yang digunakan pengguna untuk berselancar menjelajahi internet.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian aplikasi, manfaat aplikasi, klasifikasi, dan beberapa contoh aplikasi yang biasa dipakai. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan terlebih mengenai istilah aplikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel