Pengertian Antropologi Adalah : Menurut Para Ahli, Ruang Lingkup dan Tujuan Antropologi

Pengertian Antropologi Adalah
Apa itu antropologi? Antropologi adalah sebuah cabang ilmu yang mempelajari manusia, akan tetapi apa definisi antropologi secara umum? Untuk penjelasan selengkapnya mari kita baca penjelasan dibawah ini, muali dari pengertian, ruang lingkup hingga jenis antropologi.

Pengertian Antropologi

Pengertian antropologi secara umum ialah ilmu yang mempelajari tentang manusia, mulai dari perilaku manusia, agama manusia, kebudayaan manusia dan lain-lain.

Dari segi etimologi kata, kata antropologi berasal dari bahasa Yunani yaitu “Anthropos” yang artinya adalah manusia, dan “Logos” yang artinya adalah wacana. Jadi bisa disimpulkan bahwa arti antropologi ialah ilmu yang dikembangkan untuk mempelajari tentang manusia dan hal-hal yang berhubungan dengan manusia.

Dalam mengkaji antropologi, ada dua hal yang dikedepankan yaitu  komparatif dan holistik. Sebab kajian-kajian dalam antropologi cenderung dari aspek sejarah yang didalami secara menyeluruh agar mendapatkan gambaran bagaimana manusia dilihat ilmu hayati, ilmu pengetahuan sosial maupun humaniora.

Ilmu antropologi awalnya dikembangkan karena Eropa tertarik kepada adat istiadat dan budaya etnis lain yang berbeda masyarakat mereka. Mulanya kajian antropologi hanya terfokus kepada sebuah kelompok masyarakat yang hidup dalam satu lingkungan tetapi dengan ciri khas yang berbeda-beda.

Seiring berjalannya waktu kemudian ilmu antropologi berkembang dan tidak hanya mempelajari kelompok manusia tunggal yang mendiami suatu wilayah yang sama. Penelitian etnografis multisitus sering menjadi kajian dalam ilmu antropologi.

Pengertian Antropologi Menurut Para Ahli

Ada banyak pandangan mengenai ilmu antropologi ini, salah satunya adalah dari pandangan ahli. Dibawah ini adalah antopologi dari pandangan para ahli, diantaranya adalah :

1. William A. Haviland

Pengertian antropologi menurut William A. Haviland yaitu sebuah ilmu yang meneliti tentang manusia mulai dari warna dan bentuk fisik, serta kebudayaan yang dihasilkan oleh masyarakat.

2. David Hunter

Pengertian antropologi menurut David Hunter suatu ilmu pengetahuan yang lahir karena keingintahuan yang tidak terbatas mengenai manusia.

3. Tulian Darwin

Pengertian antropologi menurut Tulian Darwin ialah ilmu yang lahir dari keinginan manusia untuk membuktikan asal mula manusia beserta perkembangannya, melalui banyak penelitian mengenai primata yang ada di dunia.

4. Rifhi Siddiq

Pengertian antropologi menurut Rifhi Siddiq adalah ilmu yang memperlajari semua aspek kehidupan manusia mulai dari seni dan budaya, norma dan tradisi, lambang, bahasa, maupun teknologi.

5. Conrad Phillip Kottak

Pengertian antropologi menurut Conrad Phillip Kottak ialah ilmu yang mempelajari keragaman umat manusia secara holistik, meliputi aspek sosial budaya, biologis, bahasa, dan lingkungannya. Bdari waktu ke waktu, baik dari masa lalu, saat ini hingga masa depan.

Ruang Lingkup Antropologi

Ruang lingkup antropologi dibagi menjadi dua, yaitu antropologi budaya dan antropologi fisik. Dibawah ini adalah penjelasannya.

1. Antropologi Budaya

Ruang lingkup antropologi budaya pada dasarnya mempelajari mengenai asal usul dan sejarah kebudayaan yang ada pada manusia, evolusi kebudayaan dan pembangunannya termasuk bentuk dan fungsi kebudayaan manusia.

Antropologi budaya sendiri masih dibagi lagi menjadi tiga cabang, yaitu:

a. Etnologi

Etnologi sendiri mendalami mengenai pendeskripsian sifat-sifat khusus  kebudayaan dan kelompok-kelompok manusia yang sangat berragam. Sayangnya etnologi sendiri terbatas hanya sebagai teori ilmu kebudayaan.

b. Etnolinguistik

Etnolinguistik adalah ilmu yang mengkaji bahasa-bahasa yang digunakan manusia mulai dari zaman dahulu hingga dunia modern. Metodenya dengan melihat dari manusia di jaman dahulu yang sudah memiliki tulisan maupun orang yang tidak memiliki tulisan.

c. Arkeologi Prehistory

Arkeologi Prehistory mempelajari kekayaan budaya di jaman purbakala kemudian  menghubungkannya dengan peradaban modern.

2. Antropologi Fisik

Ruang lingkup antropologi fisik pada dasarnya mempelajari secara sitematik mengenai manusia sebagai organism biologis.

Antropologi fisik sendiri masih dibagi lagi menjadi dua cabang, yaitu:

a. Somatologi

Somatologi merupakan ruang lingkup antropologi fisik yang mempelajari mengenai keberagaman manusia dari sudut segi ciri fisik.

b. Paleontropologi

Paleontropologi merupakan ruang lingkup antropologi fisik yang mempelajari asal-usul manusia berikut evolusinya, berdasarkan penelitian dari fosil yang ditemukan.

Tujuan Mempelajari Antropologi

Tujuan  Antropologi adalah
Tujuan utama mempelari antropologi adalah mempelajari perjalanan umat manusia sejak awal kemunculannya, menggunakan teori evolusi biologi sebagai fakta sejarah.

Seiring berjalannya waktu, tujuan dari antropologi juga bertambah yaitu untuk mengapresiasi sekaligus memahami sejarah manusia sebagai entitas biologis homo sapiens dan makhluk sosial dalam kerang kerja yang komprehensif dan interdisipliner.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian antropologi, ruang lingkup antropologi dan tujuan antropologi. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan, terutama untuk istilah antropologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel