Pengertian ATM adalah : Sejarah dan Fungsi ATM

Pengertian ATM adalah
Apa itu ATM? Bagaimana sejarah ATM? Tidak banyak orang yang peduli akan kedua hal tersebut, yang penting kita bisa menggunakan ATM untuk mempermudah keperluan kita. Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui mengenai ATM, mari kita baca ulasan dibawah ini.

Pengertian ATM

ATM adalah singkatan dari Automatic Teller Machine, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi Anjungan Tunai Mandiri. Penggunaannya bukan hal yang baru bagi kita semua, sebab dari pelajar hingga orang tua sudah memiliki rekening dengan fasilitas kartu ATM yang mempermudah transaksi keuangan.

Mulai dari perumahan, perkantoran, tempat perbelanjaan hingga di kawasan sekolah juga sudah sering ditemukan mesin ATM. Karena keberadaan mesin ATM mempermudah transaksi keuangan dalam kegiatan kita sehari-hari.

Mesin ATM dapat menggantikan peranan petugas bank atau teller dalam pelayanan keuangan kepada nasabah. Sehingga nasabah tak perlu selalu pergi ke bank dan mengantri panjang hanya untuk melakukan penarikan atau pengiriman uang.

Sejarah Singkat ATM 

Jika bicara penemuan ATM, maka sulit untuk menjelaskan ide siapa yang dipakai dalam penemuan ini. Sebab ada beberapa nama yang dikatakan sebagai penemu ATM mulai dari Donald C Wetzel, John Shepherd – Barron, Luther Simjian dan James Godfellow. Demikian pula untuk perusahaan yang memproduksi mesin ini pertama kali, seperti De La Rue, Speytec – Burroughs, Asea – Metior, dan Omron Tateisi.

Yang jelas, mesin ini pertama kali muncul ditahun 1950-an di Amerika, Eropa, dan Jepang. Akan tetapi pada awalnya mesin ATM adalah mesin yang digunakan untuk meminjam uang kepada bank, di luar jam operasi bank atau ketika tidak sempat pergi ke bank.

Contohnya saja masyarakat Jepang yang pernah melabeli ATM sebagai Mesin Komputer Pinjaman. Berbeda dengan saat ini dimana ATM harus menggunakan kartu debit yang sudah dilengkapi chip guna menjaga keamanan mesin sekaligus penyimpan data nasabah.

Fungsi dan Manfaat ATM

Untuk lebih memahami mengai ATM, dibawah ini adalah beberapa fungsi dan Manfaat ATM secara umum, diantaranya adalah sebagai berikut : 

1. Penarikan Uang Tunai

Cara Penarikan Uang Tanpa Kartu di ATM
Hal yang paling umum dilakukan nasabah di ATM adalah menarik uang tunai. ATM memudahkan nasabah manakala nasabah sedang membutuhkan uang tunai. Dengan tersedianya ATM banyak tempat, pastinya nasabah bisa melakukan penarikan uang tanpa harus ke bank yang memiliki jam operasional tertentu.

Meskipun mesin ATM berfungsi selama 24 jam nonstop, akan tetapi tetap perlu diperhatikan tentang batas jumlah uang yang bisa diambil dan biaya administrasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebijakan bank terkait. Terlebih jika ATM yang digunakan bukanlah milik bank yang sama dengan rekening nasabah.

Meskipun demikian, penarikan melalui ATM tetap menjadi pilihan terbaik bagi nasabah sebab tidak perlu ke bank, mengisi formulir dan mengantri panjang yang menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga.

2. Melakukan Pengiriman Uang

Yang selanjutnya adalah mesin ATM mempermudah nasabah bank dalam pengiriman uang. Terlebih bagi yang sering berbelanja online, dimana transaksi dilakukan tanpa harus bertatap muka, dan pengiriman uang melalui ATM adalah salah satu solusi.

Atau bisa juga transfer uang kepada teman atau sanak saudara untuk keperluan apapun, baik sesama nasabah dari bank yang sama maupun dari bank yang lain. Hal ini pastinya sangat membantu, sebab terkadang diri kita merasa tidak aman jika membawa uang tunai dengan jumlah berlebihan. 

3. Menyetor Uang ke Rekening Tabungan

Cara Menyetor Uang ke Rekening Lewat ATM
Selain untuk menarik uang tunai dan transfer, ATM juga dapat kita pakai untuk menyetorkan uang tunai kita ke rekening kita sendiri atau mengirimkannya ke rekening orang lain.

Walaupun tidak semua ATM dapat melakukan hal tersebut tapi di mall-mall atau pusat perbelanjaan biasanya sudah tersedia banyak ATM semacam ini. ATM ini pastinya memudahkan nasabah untuk menyetorkan uang tanpa harus berurusan dengan teller bank.

4. Membayar Tagihan dan Kebutuhan Lainnya

cara bayar tagihan melalui atm
20 tahun yang lalu pembayaran tagihan listrik atau air sudah pasti melalui loket pembayaran resmi. Akan tetapi seiring berkembangnya jaman, penggunaan ATM pun memfasilitasi pembayaran-pembayaran rutin maupun tidak rutin kita. 

Untuk pembayaran rutin, saat ini tanpa harus ke loket pembayaran kita bisa melakukan pembayaran seperti tagihan air, listrik, telepon, internet, TV kabel, asuransi hingga bayaran bidang pendidikan, sesuai dengan layanan atau bidang yang kita gunakan di ATM.

Sedangkan untuk pembayaran tidak rutin kita juga bisa melakukan pembelian pulsa dan internet, pembayaran tiket bus, kereta, pesawat atau hotel, hingga pembelian tiket bioskop melalui ATM. Banyak hal yang dipermudah dengan adanya ATM, baik transaksi perbankan maupun non perbankan.

Jadi, itulah penjelasan singkat mengenai pengertian ATM, sejarah ATM hingga fungsi dan manfaat ATM dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga tulisan ini bermanfaat dan memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai pengertian ATM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel