Pengertian ASEAN : Sejarah, Tujuan dan Prinsip Utama ASEAN

Pengertian ASEAN adalah
Apa arti dan kepanjangan ASEAN? Bagaimana sejarah ASEAN? Apa tujuan dibentuknya ASEAN? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang kerap kali muncul ketika kita berbicara mengenai ASEAN. Nah, untuk dapat memahami mengenai ASEAN mari kita baca ringkasan dibawah ini.

Pengertian ASEAN

Association of South East Asian Nations atau yang disingkat menjadi ASEAN adalah perhimpunan bangsa-bangsa di Asia Tenggara atau bisa juga disebut organisasi geo-politik dan ekonomi negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Indonesia adalah salah satu anggota, sekaligus salah satu negara yang menjadi pendiri ASEAN. Populasi manusia di kawasan Asia Tenggara tahun 2009 mencapai 600 juta jiwa. Kawasan Asia Tenggara, meliputi wilayah daratan seluas 4,46 juta kilometer persegi dan wilayah lautnya seluas 13,4 juta kilometer persegi.

Sejarah Terbentuknya ASEAN

Pada awal pembentukannya, hanya 5 negara yang mengikuti deklarasi seputar kerja sama antar negara, dengan harapan bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi, pendidikan dan sosial politik di Asia Tenggara.

Deklarasi tersebut dilakukan di negara Thailand, tepatnya di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967, dengan ditandatanganinya deklarasi oleh perwakilan menteri luar negari dari 5 negara.

5 orang yang menjadi pemrakarsa ASEAN tersebut, antara lain :
  • Adam Malik dari Indonesia
  • Thanat Khoman dari Thailand
  • Narsisco Ramos dari Filipina
  • S Rajaratnam dari Singapura
  • Abdul Razak dari Malaysia

Jumlah negara yang sudah tergabung didalam ASEAN hingga saat ini ada sekitar 10 negara. Berikut adalah nama negara beserta tahun bergabung dengan ASEAN.
  1. Indonesia : 8 Agustus 1967
  2. Thailand : 8 Agustus 1967
  3. Filipina : 8 Agustus 1967
  4. Singapura : 8 Agustus 1967
  5. Malaysia : 8 Agustus 1967
  6. Brunei Darussalam : 7 Januari 1984
  7. Vietnam : 28 Juli 1995
  8. Laos : 23 Juli 1997
  9. Myanmar : 23 Juli 1997
  10. Kamboja : 30 April 1999

H E Lim Jock Hoi dari Brunei Darussalam adalah Sekretaris Jendral ASEAN saat ini, dan posisi tersebut akan bertahan hingga tahun 2022.

Negara Republik Demokratik Timor Leste yang kita kenal dengan Timor Timur atau Timor Lorosae, diketahui juga sudah mengajukan proposal untuk menjadi anggota ASEAN, namun proposal tersebut masih menunggu keputusan dari seluruh anggota ASEAN.

Tujuan ASEAN

Landasan terbentuknya organisasi ini adalah untuk saling bekerjasama dan menciptakan keamanan bagi seluruh negara anggotanya. Dari penjelasan diatas, beberapa tujuan terbentuknya ASEAN antara lain adalah :
  • Menjadi wadah dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian, kemajuan sosial hingga perkembangan budaya negara-negara ASEAN.
  • Menjaga perdamaian negara-negara di Asia Tenggara.
  • Meningkatkan kerjasama antar negara di berbagai bidang maupun sektor, mulai dari pertanian, perikanan hingga industri agar bisa meningkatkan taraf hidup rakyat setiap anggota ASEAN.
  • Meningkatkan kerja sama berskala internasional.
  • Meningkatkan kualitas IPTEK negara-negara di Asia Tenggara, yang berdampak positif kepada bidang pendidikan, profesional, administrasi, dan teknik.

Prinsip Utama ASEAN

Ada 4 prinsip utama yang wajib dijalankan oleh anggota ASEAN, diantaranya yaitu:
  1. Menghormati kemerdekaan, kesetaraan, kedaulatan identitas nasional serta integritas wilayah negara anggota.
  2. Bersama-sama bertanggungjawab dan berkomitmen dalam meningkatkan keamanan, kemakmuran dan perdamaian di wilayah ASEAN.
  3. Menolak adanya agresi, penggunaan kekuatan maupun ancaman yang menentang hukum internasional.
  4. Lebih mengutamakan penyelesaian sengketa dengan cara damai dan tidak mencampuri urusan dalam negeri setiap anggota.

Di luar dari 10 negara anggota ASEAN tadi, organisasi ini juga sudah melakukan banyak kerja sama pada bidang ekonomi dengan sejumlah negara di luar kawasan Asia Tenggara. Kemudian negara-negara ini bergabung dalam suatu forum kerja sama yang disebut dengan ASEAN+3.

Negara yang bergabung ini antara adalah Jepang, Cina, dan Korea Selatan. Ketiga negara tersebut dianggap memiliki potensi perekonomian yang bisa membantu pertumbuhan perekonomian negara-negara anggota ASEAN.

Kerjasama yang berjalan mencakup bidang industri manufaktur, yang terbesar adalah otomotof dan transportasi. Selain dengan ketiga negara dari Asia Timur tadi, ASEAN juga bekerjasama dengan sebuah negara pertumbuhan ekonominya sedang meningkat dengan pesat, yaitu India.

Itulah ulasan singkat mengenai pengertian ASEAN, sejarah, tujuan dan prinsip utama ASEAN. Semoga artikel ini bisa menambah pengertahuan dan menjadi informasi yang bermanfaat bagi para pembaca,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel