Pengertian Filsafat Adalah : Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri dan Tujuan Filsafat

Pengertian Filsafat Adalah

Apa arti dari filsafat? Secara umum, filsafat atau philosophy sering dianggap sebagai sebuah ilmu yang mengandalkan pemikiran, sistem dan metode dalam pengkajian sebuah masalah. Tetapi apa definisi filsafat? Apa tujuan filsafat dan cabang-cabang ilmu filsafat? Untuk selengkapnya mari kita baca rinkasan dibawah ini.

Pengertian Filsafat

Pengertian filsafat secara sederhana adalah suatu kebijaksanaan hidup yang dijalankan agar memberikan suatu pandangan hidup yang menyeluruh sesuai cerminan kehidupan yang didasari oleh pengalaman hidup dan pengalaman ilmiah.

Filsafat menjabarkan persoalan secara persis sekaligus mengemukakan solusi dan membuat argumen atas solusi tadi. Persoalan yang biasa diselesaikan ialah tentang akal pikiran manusia, eksistensi manusia dan pengetahuan manusia.

Dilihat dari segi etimologi kata, filsafat berasal dari kata philosophia dan philoshophos dalam bahasa Yunani. Dimana philo berarti cinta, dan shopos atau shopia berarti pengetahuan, kebijaksanaan, dan hikmah. Yang jika disimpulkan, arti dari filsafat adalah sejumlah gagasan yang penuh dengan kebijaksanaan, pengetahuan, dan hikmah.

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

Untuk lebih mendalami pemahaman kata filsafat, mari kita lihat pengertian filsafat menurut  pandangan para ahli. Diantaranya sebagai berikut :

1. Imanuel Kant

Pengertian filsafat menurut Kant adalah suatu ilmu pengetahuan yang dijadikan pokok dan dasar dari semua pengetahuan. Dan didalam filsafat tercakup empat persoalan seperti etika, metafisika, agama, dan antropologi.

2. Johann Gotlich Fickte

Johann Gotlich Fickte menjelaskan bahwa filsafat adalah landasan dari semua ilmu yang membahas semua bidang dan semua jenis ilmu, yang mencari kebenaran hakiki dari seluruh kenyataan.

3. Cicero

Cicero menjelaskan bahwa ilmu filsafat adalah seni kehidupan segaligus sumber dari segala seni seni (the mother of all the arts).

4. Plato

Pengertian filsafat menurut Plato adalah ilmu yang mencoba untuk mencapai pengetahuan tentang kebenaran yang sebenarnya.

5. Aristoteles

Pengertian filsafat menurut Aristoteles adalah sebuah ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang berisi ilmu logika, etika, estetika, metafisika, retorika, ekonomi dan politik.

Ciri-Ciri Filsafat

Bisa juga dikatakan bahwa filsafat adalah sebuah proses refleksi dari bekerjanya akal yang di dalam prosesnya terkandung berbagai kegiatan. Untuk lebih memahami filsafat, kita juga sebaiknya memahami ciri-ciri pemikiran filsafat, diantanya adalah :

1. Logis

Logis dalam artian jalan pikiran pada ilmu filsafat bisa diterima oleh akal sehat manusia dan tidak bertentangan dengan hukum, norma atau kebiasaan manusia.

2. Bersifat Universal

Cara berfikir filsafat adalah universal atau bersifat umum dan tidak subjektif.

3. Memiliki Nilai

Karena filsafat merupakan sebuah bentuk usaha manusia dalam mencari kebenaran mengenai pengetahuan, jadi harus berdasarkan fakta-fakta agar bisa menjadi sebuah penilaian. Penilaian ini mencakup hal-hal seperti kebenaran tentang sesuatu yang butuk atau baik, susila dan asusila, hingga akhirnya filsafat dipandang sebagai salah satu suatu usaha untuk mempertahankan nilai-nilai yang baik.

4. Tidak Faktual

Tidak faktual disini dalam artian ilmu filsafat bertentangan dengan hal-hal spekulatif atau sekadar dugaan, dan melampaui batas ilmiah.

5. Implikatif

Pemikiran filsafat sebaiknya terdapat implikasi atau akibat, dengan harapan bahwa pemikiran-pemikiran dinamis dan baru lainnya lahir dan bisa menguatkan intelektual.


Cabang-Cabang Filsafat

Cabang Tujuan dan Ciri Filsafat
Bidang studi filsafat masih dibagi menjadi beberapa cabang, sesuai dengan bidang-bidangnya. Adapun cabang-cabang filsafat ialah sebagai berikut :

1. Epistemologi

Epistemologi merupakan salah satu adalah cabang filsafat yang terfokus untuk membahas pengetahuan. Aspek-aspek yang dibahas seperti validitas, asal mula, metodologi, bentuk atau struktur, yang membentuk pengetahuan manusia.

2. Etika

Etika merupakan cabang filsafaat yang fokus mempelajari mengenai norma yang berlaku dalam sebuah masyarakat, dan sekaligus digunakan sebagai pedoman untuk berperilaku.

3. Estetika

Estetika merupakan cabang filsafat yang mempelajari mengenai keindahan, dan bagaimana sebuah keindahan bisa terbentuk dan dirasakan oleh manusia.

4. Logike Episteme

Logike episteme merupakan salah satu cabang filsafat yang mempelajari tentang kecakapan dalam berpikir secara teratur, lurus, dan tepat.

5. Metafisika

Metafisika merupakan salah satu cabang filsafat yang berurusan dengan proses analitis atas hakikat fundamental tentang sifat-sifat yang meliputi realitas maupun keberadaan yang menyertainya.

6. Filsafat Ilmu

Filsafat ilmu merupakan cabang filsafat yang mempelajari tentang hakikat ilmu. Yang bertujuan untuk mempelajari bagaimana mencari akar persoalan dan menemukan asas realitas yang dipersoalkan, untuk mendapatkan penyelesaian melalui ilmu filsafat.

Tujuan Filsafat

Penerapan ilmu filsafat dalam berbagai bidang kehidupan sangatlah membantu persoalan-persoalan yang dihadapi oleh manusia. Mengacu pada tulisan diatas, maka bisa disimpulkan beberapa tujuan filsafat adalah sebagai berikut :
  • Untuk membuat manusia lebih bijak dan berhikmat dalam menjalani kehidupan.
  • Untuk mendewasakan pikiran manusia agar dapat berpikir dan berpendapat dengan baik dan sehat, serta dapat bersikap kritis.
  • Untuk membuat manusia lebih terdidik, memperkaya pengetahuan, dan mampu menilai hal-hal di sekitarnya dengan objektif.
  • Untuk membuka pikiran manusia agar lebih luas dalam memandang dunia, sebab dengan perspektif yang benar, manusia akan terhindar dari sifat egosentris.
  • Supaya kita bisa mendalami unsur pokok ilmu dan mengerti mengenai sumber, hakikat, dan tujuan ilmu.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian filsafat, ciri-ciri filsafat dan tujuan filsafat. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan bisa memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai istilah filsafat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel