Permainan Bola Voli Adalah : Pengertian, Menurut Para Ahli, Sejarah, Teknik dan Peraturan Permainan Voli

Peraturan Bola Voli
Apa itu permainan bola voli? Bagaimana teknik dan aturan permainana bola voli? voli adalah salah satu cabang olahraga bola, dimana aturan permainannya adalah dengan menjatuhkan bola ke dalam area lapangan lawan. Untuk penjelasan selengkapnya mengenai permainan bola voli mari kita baca ulasan dibawah ini.

Pengertian Bola Voli

Bola voli adalah salah satu olahraga yang ditandingkan oleh dua tim, yang setiap timnya terdiri dari enam orang pemain. Batas antara kedua tim dibatasi oleh sebuah net penghalang yang dipasang dengan dengan ketinggian tertentu.

Permainan ini memiliki aturan yang berbeda dengan permainan dengan bentuk tim lainnya, dimana setiap pemain memiliki tugas yang berbeda dan disetiap “pindah bola” ada rotasi dalam posisi pemain.

Sungguh berbeda dengan permainan bola lainnya, seperti permainan sepak bola atau bola basket dimana seorang pemain biasanya memiliki posisi yang sama sepanjang permainan berlangsung.

Permainan Bola Voli Menurut Para Ahli

Untuk dapat memahami pengertian bola voli, mari kita lihat pengertian bola voli menurut pendapat beberapa ahli, diantaranya :

1. Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI)

Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia  atau disingkat PBVSI, menjelaskan bahwa pengertian bola voli adalah olah raga yang di mainkan oleh dua tim dalam setiap lapangan dengan dipisahkan oleh sebuah net.

Dengan aturan setiap tim memiliki kesempatan tiga kali pantulan untuk mengembalikan bola, dan bola melewati net dan jatuh menyentuh lantai lawan.

2. Mahfud Irsyada

Mahfud Irsyada menjelaskan bahwa pengertian bola voli adalah suatu jenis permainan olah raga beregu yang melibatkan dua tim, dan masing-masing tim bola voli memiliki enam orang pemain.

3. Aip Syaifudin dan Muhadi

Menurut Aip Syaifudin dan Muhadi menjelaskan bahwa pengertian bola voli adalah permainan olah raga yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 6 orang pemain.
Dimana setiap regu berupaya untuk memukul jatuh bola ke dalam lapangan lawan melalui bagian atas net penghalang.

Sejarah Permainan Bola Voli

Jika berbicara mengenai sejarah permainan bola voli, maka kita akan langsung menuju satu nama, yaitu William George Morgan. William George Morgan adalah penemu dari permainan bola voli. Permainan ini ditemukan pada tahun 1985 di Holyoke, Massacusetts, Amerika Serikat.

William George Morgan Penemu Olahraga Voli
William George Morgan adalah instruktur olahraga di organisasi yang bernama Young Men’s Christian Association atau biasa dikenal dengan YMCA.

William George Morgan terinspirasi dari permainan atau olahraga basket yang ditemukan oleh James Naismith. Dengan menggabungkan beberapa permainan atau olah raga seperti tenis, baseball, bola basket, dan bola tangan, akhirnya William George Morgan menciptakan olah raga baru yang diberi nama Mintonette.

Permainan Mintonette awalnya khusus diciptakan untuk anggota YMCA yang sudah dewasa, akan tetapi setelah mendunia karena ketenarannya akhirnya olahraga ini dimainkan oleh semua usia.

Hingga ditahun 1896 nama Mintonette diubah menjadi bola voli atau volley ball dalam bahasa inggris. Perubahan nama tadi sekaligus menjadi momen dimana pertandingan resmi pertama diadakan, yaitu pada event International YMCA Training School.

Di Indonesia sendiri, permainan ini diperkenalkan pada tahun 1928 yaitu pada masa penjajahan Belanda, dimana olahraga ini hanya dimainkan oleh para bangsawan dan orang belanda. 

Hingga pada akhirnya bisa dimainkan langsung oleh masyarakat Indonesia, ketika sudah diajarkan oleh guru-guru pendidikan jasmani asal belanda, dan dipertontonkan oleh anggota tentara yang gemar memainkannya dimasa itu.

Hingga akhirnya bermunculan klub-klub bola voli di Indonesia dan pada 22 Januari 1955 lahirlah organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau disingkat PBVSI.

Baca Juga : Pengertian Atletik

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Ada beberapa beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemain voli, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Teknik Dasar Service Dalam Permainan Bola Voli

Servis atau service adalah pukulan awal dari luar lapangan untuk memulai pertandingan. Teknik servis yang bisa dilakukan ada empat macam yaitu :

a. Servis Lompat

Servis lompat adalah servis dengan melambungkan bola ke arah atas depan, kemudian pemain melompat dan memukul bola saat pemain masih di udara, dengan mengarahkan bola ke area lapangan lawan.

b. Servis Bawah

Servis bawah adalah servis dengan sedikit melambungkan bola di udara kemudian pemain memukul dari arah bawah bola dengan posisi tangan mengepal.

c. Servis Atas

Servis atas adalah servis dengan melambungkan bola di udara kemudian pemain memukul bola dengan telapak tangan ketika bola berada di atas kepala.

d.  Servis Samping

Servis samping adalah servis dengan melambungkan bola dengan ketinggian secukupnya, lalu pemain memukul bola dengan cara menyamping sambil memutar tubuh.

2. Teknik Dasar Passing Dalam Permainan Bola Voli

Passing adalah mengoper bola kepada rekan satu tim atau memberikan umpan agar rekan satu tim dapat memukul langsung bola ke area lapangan lawan. Jenis teknik passing yang sering dilakukan dalam permainan voli ada dua, yaitu :

a. Passing Atas

Passing atas adalah passing yang dilakukan ketika posisi bola berada di atas kepala pemain. Selain untuk memberikan umpan kepada rekan satu tim, biasanya teknik ini dilakukan ketika baru menerima servis dari lawan.

b. Passing Bawah

Passing bawah adalah passing yang dilakukan ketika posisi bola dimana posisi bola lebih rendah dari posisi kepala pemain. Teknik ini sering dipakaui saat menahan servis dari lawan.

3. Teknik Dasar Smash Dalam Permainan Bola Voli

Smash adalah teknik serangan dengan memukul bola sekeras mungkin ke area lawapangan lawan dan menghasilkan poin. Beberapa teknik smash yang biasa dilakukan dalam permainan bola voli antara lain :

a. Quick Smash (First Tempo)

Quick Smash adalah teknik smash yang dilakukan oleh pemain depan tengah, dimana ketika seorang setter memberikan umpan dan posisi penyerang sudah dalam posisi di udara bersiap untuk memukul bola.

b. Semi Smash (Second Tempo)

Semi smash adalah teknik smash yang dilakukan penyerang dimana seorang setter memberikan umpan bola tidak terlalu tinggi kearah yang sudah diketahui penyerang.

c. Push Smash (Third Tempo)

Push smash adalah teknik dimana setter memberikan umpan bola sangat tinggi kemudian penyerang berlari dan melompat ke arah bola dan memukulnya.

d. Ace Smash

Ace smash adalah smash yang dilakukan oleh seorang ace, dengan melakukan pukulan keras ke daerah lapangan lawan.

e. Pull Smash

Pull smash adalah gerakan menipu lawan dengan gerakan menyerupai Quick Smash atau Semi Smash.

4. Teknik Dasar Blocking Dalam Permainan Bola Voli

Teknik Dasar Blocking Dalam Permainan Bola Voli
Blocking adalah teknik bertahan dengan menghalau serangan smash lawan supaya tidak melewati net sekaligus mengembalikan bola ke dalam lapangan lawan.

Teknik ini hanya boleh dilakukan oleh pemain pada posisi depan garis serang, dan jika pemain belakang garis serang melakukan blocking, dianggap sebuah pelanggaran.

Teknik blocking ini biasanya dilakukan oleh pemain-pemain depan dengan postur tubuh yang lebih tinggi, agar memudahkan pemain melakukan teknik ini dengan optimal.


Peraturan Permainan Bola Voli

Dibawah ini adalah beberapa peraturan dasar yang ditetapkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB) dan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Diantaranya mencakup :

1. Standar Lapangan

Standar lapangan bola voli adalah 9 meter x 18 meter, dimana batas serang pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah dengan garis tepi lapangan berukuran 5 cm.

Sedangkan tinggi net adalah 2,43 meter untuk putra dan 2,24 meter untuk tim putri, dengan lebar net 1 meter dan jarak tiang net ke garis tepi lapangan sejauh 0,5 – 1 meter.

2. Standar Bola

Standar bola yang digunakan adalah bola harus terbuat dari bahan kulit lunak atau sintetis, berdiameter 65-67 cm dan massa 260-280 gram, dengan kombinasi warna sesuai ketentuan.

3. Jumlah Pemain Setiap Tim

Dalam satu team yang terdaftar terdapat 10 pemain, dimana 6 orang adalah pemain inti dan 4 orangnya pemain cadangan. 6 orang yang bermain sudah termasuk 1 orang libero.

Libero adalah pemain yang dapat keluar-masuk, akan tetapi tidak diperbolehkan untuk melakukan smash. Batas minimum pemain dalam satu team adalah 4 orang, dan jika kurang dari 4 orang maka tim tersebut dinyatakan kalah.

4. Aturan dan Larangan Umum Dalam Bola Voli

Dalam permainan bola voli, ada beberapa aturan dan larangan yang wajib dipatuhi oleh para pemain, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Seragam tim harus memiliki nomor pemain, untuk baju posisinya di punggung dan dada, sedangkan pada celana pendek terdapat di bagian depan paha kanan.
  • Para pemain wajib menggunakan kaos kaki dan sepatu karet yang sesuai standar.
  • Saat pertandingan berjalan, pemain tidak diperbolehkan menyentuh net maupun melewati batas tengah lapangan, dan jika hal tersebut dilanggar maka tim lawan akan mendapatkan poin.
  • Servis dilakukan dari luar lapangan, tidak boleh menginjak atau melewati garis lapangan.
  • Bola tidak boleh dilempar maupun ditangkap, hanya boleh dipantulkan dengan menggunakan tangan, kepala, atau kaki.
  • Jika bola berada diluar lapangan akan tetapi blm menyentuh lantai, dan pemain masih mampu memantulkan bola ke area lapangan lawan maka bola belum dinyatakan keluar.
  • Dalam pertandingan voli tidak ada batasan pergantian pemain.
  • Setiap tim hanya boleh melakukan 1 kali timeout dalam setiap babak.
  • Pertandingan dapat dilakukan selama 3 babak (2 kemenangan) atau 5 babak (3 kemengangan).
  • Sistem perhitungan poin dalam permainan bola voli menggunakan sistem rally point dengan jumlah 25 poin. Jika terjadi poin seri 24-24 maka akan terjadi deuce atau tambahan hingga terjadi selisih dua poin.

Demikianlah penjelasan mengenai permainan bola voli, pengertian, sejarah, peraturan, serta teknik dasar bola voli. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi informasi yang dibutuhkan pembaca, terutama mengenai permainan voli.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel