Permainan Bola Basket Adalah : Pengertian, Sejarah, Peraturan dan Teknik Dasar

Perngertian Bola Basket
Apa saja aturan dalam permainan bola basket? Bagaimana sejarah olahraga basket? Permainan bola basket adalah salah satu olahraga paling popular, dan sudah dimainkan diseluruh dunia. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai permainan bola basket, mari kita lihat tulisan di bawah ini.

Pengertian Permainan Bola Basket

Posisi Pemain dalam Permainan Bola Basket
Permainan bola basket adalah olahraga berkelompok yang terdiri dari dua tim berlawanan dengan anggota masing-masing 5 orang, dimana setiap tim akan berusaha memperoleh poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan hingga waktu pertandingan habis.

Pertandingan bola basket diselenggarakan di ruangan yang memiliki ukuran lapangan bola basket dengan panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter.

Adapun beberapa posisi pemain dalam permainan bola basket antara lain :

  • Pemain depan atau forward yang bertugas mencetak poin dan memasukkan bola ke dalam ring lawan.
  • Pemain bertahan atau defense yang bertugas menghadang lawan.
  • Pengatur strategi atau playmaker yang bertugas mengatur tempo permainan dan alur alur bola.

Amerika Serikat adalah penggemar utama olahraga bola basket, dan kompetisi bola basket Amerika Serikat yang dikenal dengan National Basketball League, ataut disingkat NBA selalu menjadi tontonan yang menarik bagi penggemar basket di seluruh dunia.

Sejarah Permainan Bola Basket

Jika berbicara mengenai sejarah permainan bola basket, pastinya sudah tidak asing lagi nama James Naismith, yaitu seorang guru olahraga yang menciptakan permainan tersebut secara tidak sengaja ditahun 1891.

Sejarah Bola Basket
James Naismith, Penemu Permainan Bola Basket
Pria asal Kanada ini berusaha melahirkan sebuah kegiatan yang bisa dilakukan para siswa di ruang tertutup, untuk mengisi waktu mereka dikala liburan musim dingin. Hingga akhirnya pada 15 Desember 1891, James Naismith menciptakan permainan yang sering dia mainkan ketika masih anak-anak.

Banyak penolakan bagi permainan ini diawal perkembangannya, mulai dari dinggap terlalu keras atau dikatakan tidak cocok dimainkan pada ruang tertutup. Hingga akhirnya James Naismith pun membuat beberapa peraturan dasar dalam permainan ini, yang salah satunya adalah menempatkan keranjang di dinding ruang olahraga.

Awalnya, permainan ini terdiri dari sembilan anggota dimana teknik dribble tidak dipakai, akan tetapi hanya mengoper bola dengan lemparan. Seiring berjalannya waktu ada banyak pembaharuan mengenai aturan maupun teknik dalam permainan bola basket.

Hingga pada 20 Januari 1892 dilakukanlah pertandingan pertama bola basket. Pemberian nama basketball ini sendiri berasal dari salah seorang murid James Naismith, dan akhirnya orang-orang mengenal permainan tersebut dengan nama basketball.

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat olahraga bola basket terkenal seantero Amerika Serikat. Mulai dari kota besar hingga ke seluruh negara bagian mengenal olahraga ini, semua orang memainkan bola basket dan tidak jarang juga mereka menggelar kompetisinya.

Peraturan Permainan Bola Basket

Adapun beberapa peraturan dasar permainan bola basket adalah sebagai berikut :

  • Pemain diperbolehkan mengoper bola (passing) atau menembak ke ring (shooting) dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan.
  • Pemain diperbolehkan blocking dengan memukul bola, akan tetapi tidak dengan tangan terkepal.
  • Pemain tidak diperbolehkan berlari sambil memegang bola, harus dipantukan ke lantai untuk berjalan atau berlari.
  • Tidak ada teknik menjegal dalam permainan bola basket, dan tindakan menjegal lawan akan dikenai sanksi pelanggaran.
  • Apabila seorang pemain membuat tiga pelanggaran berturut-turut maka tim lawan akan mendapatkan poin.
  • Bila bola keluar, tim yang mengeluarkan bola tidak berhak mengambil bola untuk melanjutkan permainan, melainkan harus dari tim lawan.
  • Waktu pertandingan adalah empat kuarter yang masing-masing berdurasi sepuluh menit.
  • Tim yang berhasil memasukkan bola ke dalam ring dengan jumlah poin terbanyak dinyatakan sebagai pemenang.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Dari awal permainan bola basket diciptakan hingga masa perkembangannya, permainan bola basket hanya diperbolehkan menggunakan teknik lemparan. Dibawah ini adalah beberapa teknik dasar permainan bola basket yang yang perlu kita ketahui :

1. Teknik Menggiring Bola atau Dribble

Teknik dribble dilakukan untuk menghindari lawan atau untuk mempermudah pemain mengumpan bola kepada rekan satu tim. Teknik ini dilakukan dengan memantukan bola ke lantai dan kembali lagi ke tangan pemain.

Teknik dribble sendiri ada 2 jenis yaitu dribble tinggi dan dribble rendah. Dribble tinggi biasanya dilakukan untuk menggiring bola dengan cara berjalan cepat hingga berlari untuk memasuki wilayah pertahanan lawan atau menyerang.

Sedangkan dribble rendah dilakukan ketika pemain mempertahankan bola dan menjaga bola agar tidak direbut oleh lawan. Dribble rendah juga sering digunakan dalam menggocek lawan untuk membuat gerakan yang dapat mengelabui lawan.

2. Teknik Mengumpan atau Passing

Teknik ini dilakukan ketika hendak mengoper bola kepada rekan satu tim, dan bisa dilakukan dengan dengan satu atau dua tangan. Dalam permainan bola basket sendiri terdapat enam jenis passing, antara lain :

  • Overhead pass atau teknik melempar bola dari atas kepala, yang biasa digunakan ketika pemain dikepung oleh lawan.
  • Chest pass atau teknik melempar bola di depan dada menggunakan dua tangan, yang biasanya digunakan untuk mengoper bola dengan cepat, kepada rekan yang jaraknya dekat.
  • Baseball pass atau teknik melempar bola dengan gerakan yang mirip gaya melempar bola pada permainan baseball, dan dipakai untuk mengejutkan lawan dengan lemparan tidak terduga.
  • Bounce pass atau teknik memantulkan bola ke lantai dan diterima oleh rekan satu tim, dan sering digunakan ketika menghindari hadangan lawan dengan postur besar.
  • Hook Pass adalah teknik dengan satu tangan dengan posisi melipat di atas bahu, biasa digunakan untuk merusak pertahanan lawan.
  • Under Pass adalah teknik mengumpan yang dilakukan dari arah pinggang.

3. Teknik Pivot

Teknik pivot adalah gerakan tipuan kepada lawan dimana pemain menggerakkan badan dengan bertumpu pada salah satu kaki dan kedua tangan menjaga bola dari serbuan lawan.

4. Teknik Menembak atau Shooting

Teknik shooting adalah teknik yang harus dikuasai semua pemain, sebab teknik inilah yang terkadang jadi penentu poin sebuah tim. Dalam teknik shooting ada beberapa metode yang dilakukan untuk memasukkan bola ke dalam ring lawan, antara lain :

  • Teknik set shoot dengan diam di tempat dan memasukkan bola dengan satu atau dua tangan
  • Teknik jump shoot dengan melompat dan memasukkan bola ke ring lawan.
  • Teknik lay up dengan memasukkan bola dengan berlari lalu melompat.

5. Teknik Rebound

Teknik rebound adalah teknik untuk mengambil bola yang gagal masuk ke dalam ring. Teknik ini sendiri dibagi menjadi dua jenis, antara lain rebound ofensif dan rebound defensif.

  • Rebound ofensif dilakukan ketika lemparan bola yang gagal masuk oleh rekan satu tim, dimasukkan ke dalam ring oleh rekan tim.
  • Rebound defensif dilakukan untuk merebut bola yang gagal dimasukkan oleh lawan agar tidak ada lagi usaha untuk memasukkan bola ke ring.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai permainan bola basket, mulai dari pengertian, sejarah, peraturan, serta teknik dasar permainan bola basket. Semoga tulisan ini bermanfaat dan memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai permainan bola basket.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel