Pengertian Apatis Adalah : Definisi, Ciri-Ciri, Penyebab dan Dampak Buruk Sikap Apatis

Pengertian Apatis Adalah
Apa arti apatis? Apa penyebab seseorang menjadi apatis? Arti apatis adalah sebuah kondisi ketidak pedulian seseorang terhadap beberapa hal tertentu dalam kehidupannya. Tidak jauh berbeda dengan sikap cuek, namun sikap apatis lebih berbahaya bagi kehidupan sosial. Untuk penjelasan lebih lengkapnya mari kita baca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Apatis

Definisi Apatis adalah sebuah kondisi psikologis dimana seseorang tidak tanggap dan bersikap acuh tak acuh atau tidak perduli terhadap aspek emosional, sosial, atau fisik yang berhubungan dengan kehidupan sosial manusia.

Apatis adalah sebuah reaksi umum terhadap stress yang dapat berpusat terhadap suatu objek tertentu, contohnya seperti kepada manusia atau kepada aktivitas yang ada di lingkungannya.

Sikap yang demikian masih berkaitan dengan depresi, hanya saja ditunjukkan dengan sikap cuek atau kurang berminatnya seseorang terhadap hal-hal yang menurutnya tidak penting.

Baca Juga : Pengertian Konflik

Arti Apatis Menurut Para Ahli

Untuk dapat lebih memahami mengenai arti apatis, mari kita kita pengertian apatis menurut pandangan para ahli berikut ini, diantaranya :

1. Littre dan Robin

Littre dan Robin menjelaskan bahwa dalam ilmu kedokteran sikap apatis adalah kondisi psikologis dimana seseorang sudah memiliki ketumpulan moral, bahkan hingga tidak sensitif terhadap kesenangan dan rasa sakit.

2. Luis Rey

Luis Rey menjelaskan bahwa dalam bidang ilmu psikologi, arti apatis adalah kondisi kejiwaan dimana seseorang menunjukkan ketidaktertarikan, ketidakpedulian dan ketidakpekaan terhadap kehidupan sosial, emosional, atau fisik.

3. Albertine Minderop

Albertine Minderop menjelaskan bahwa arti apatis adalah sebuah sikap dimana seseorang menarik diri dan seolah-olah pasrah pada keadaan.

4. Fritz Solmitz

Fritz Solmitz menjelaskan bahwa arti apatis adalah suatu ketidakpedulian seseorang karena tidak memiliki minat khusus terhadap aspek-aspek tertentu, seperti aspek fisik, emosional, dan kehidupan sosial.

Karakteristik atau Ciri-Ciri Orang Apatis

Tidak Perduli
Setiap orang yang mengalami kondisi psikologi yang apatis pada umumnya menunjukkan ciri-ciri yang sama, ciri-ciri tersebut antara lain seperti :
  • Kehilangan minat terhadap banyak hal dalam hidupnya.
  • Ketidakpekaan bahkan ketidakpedulian terhadap orang lain maupun lingkungan sekitarnya.
  • Tidak menunjukkan gairah maupun semangat terhadap banyak hal yang dulunya dianggap menarik.
  • Tidak memperdulikan berbagai aspek yang penting dalam kehidupan manusia, baik aspek emosional, sosial, atau kehidupan fisik.



Penyebab Orang Menjadi Apatis

Penyebab Orang Menjadi Cuek
Ada banyak penyebab seseorang akhirnya memiliki sikap apatis, dan biasanya sikap apatis tersebut lahir karena beberapa hal kurang baik dalam pengalaman hidupnya. Beberapa hal yang menjadi penyebab seseorang menjadi apatis antara lain :

1. Hilangnya Rasa Percaya pada Orang Lain

Hilangnya rasa percaya terhadap orang lain biasanya timbul karena seringnya dikecewakan atau dikhianati oleh orang lain, terlebih jika hal tersebut dilakukan oleh orang-orang terdekat yang di percaya atau orang disayangi.

2. Tekanan Emosional

Tekanan emosional bisa saja dialami seseorang yang menerima perilaku yang tidak menyenangkan dari orang lain, seperti menerima diskriminasi atau karena perundungan (bully) secara terus menerus.

3. Hilang Rasa Percaya Diri

Orang yang kehilangan rasa percaya diri kerap kali menjadi apatis. Merasa dirinya tidak lebih baik dari orang lain karena merasa kurang menarik secara fisik. Terlebih jika kekurangan tersebut menjadi bahan cibiran orang lain terhadap dirinya.

4. Tidak Mendapat Kasih Sayang yang Cukup

Kurang kasih sayang juga dapat menjadikan orang bersikap apatis, apa yang dia dapatkan selama ini dijadikan sebuah standar untuk bagaimana harus bersikap kepada orang lain. Bukan hanya bersikap apatis saja, bahkan terkadang bisa bersikap buruk.

Dampak Buruk Sikap Apatis

Sikap apatis yang ada dalam kehidupan manusia, akan merugikan baik diri sendiri maupun orang lain. Mulai dari kehidupan pribadi, sosial dan politik bahkan negara juga akan terpengaruh jika banyak orang bersikap apatis. Di bawah ini adalah dampak buruk sikap apatis dalam kehidupan manusia, diantaranya :
  • Tidak adanya kontrol sosial sebab semua orang tidak berminat pada berbagai hal.
  • Meningkatkan potensi perpecahan di tengah masyarakat karena kurangnya kebersamaan.
  • Menumbuhkan individualisme dalam suatu masyarakat yang berujung ketidakpedulian satu sama lain.
  • Tidak berkembanganya kehidupan untuk menjadi lebih baik karena kurangnya kesadaran atau kepedulian terhadap diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian apatis, karakteristik, penyebab dan dampak buruk sikap apatis. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai istilah apatis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel