Manajemen PAUD Adalah : Arti, Fungsi, Tujuan dan Aplikasi Manajemen PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini Adalah
Apa itu manajemen PAUD? Apa fungsi dan tujuan manajemen PAUD? PAUD adalah Pendidikan Anak Usia Dini. Sedangkan manajemen PAUD adalah sebuah proses atau usaha untuk mengatur berjalannya PAUD dengan maksimal. Untuk dapat lebih memahami mengenai pengertian manajemen PAUD, mari kita baca penjelasan singkat di bawah ini.

Pengertian Manajemen PAUD

Arti Manajemen PAUD adalah sebuah upaya dalam mengatur keberlangsungan Pendidikan Anak Usia Dini, supaya memberikan pendidikan terbaik kepada anak dalam membantu pertumbuhan dan perkembangannya.

Pendidikan Anak Usia Dini diberikan kepada anak-anak yang berusia 3 – 8 tahun sebelum mereka memasuki Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar. Akan tetapi ada juga lembaga yang memberi layanan PAUD pada Tempat Penitipan Anak atau Taman Bermain.

Pendidikan Anak Usia Dini pada umumnya memiliki visi untuk mengajarkan anak bersosialisasi dengan teman yang sebaya. Tetapi tidak jarang juga pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini ikut mengajarkan tentang budi pekerti dan kebiasaan baik.


Ruang Lingkup Manajemen PAUD

Ruang lingkup manajemen PAUD antara lain adalah seperti tata kelola PAUD dan visi PAUD. Dan hal penting yang menjadi fokus sekolah-sekolah PAUD antara lain adalah :
  • Manajemen kurikulum PAUD
  • Manajemen pendidikan dan tenaga pendidik
  • Manajemen anak didik di lembaga PAUD
  • Manajemen sarana dan prasarana
  • Manajemen desain lingkungan sekolah
  • Manajemen proses, input, dan output PAUD
  • Manajemen pengawasan PAUD

A. Usia Anak untuk PAUD

Ruang lingkup PAUD dibagi berdasarkan usia anak, antara lain :
  • Infant usia 0 - 1 tahun.
  • Toddler usia 2 - 3 tahun.
  • Preschool atau tingkat Taman Kanak-Kanak usia 3 - 6 tahun.
  • SD Kelas Awal usia 6 - 8 tahun.

B. Lembaga Pendidikan PAUD

Di bawah ini adalah beberapa lembaga PAUD, diantaranya :
  • Taman kanak-kanak (TK)
  • Kelompok bermain (KB)
  • Taman Penitipan Anak (TPA)
  • Satuan PAUD Sejenis (SPS)
  • Raudatul Athfal (RA)
  • Bustanul Athfal (BA)

PAUD adalah
Setiap anak usia dini sudah seharunya mendapatkan Pendidikan Anak Usia Dini, sebab sebaiknya pendidikan memang diberikan kepada anak sejak mereka masih usia dini. Akan tetapi tidak harus melalui lembaga PAUD.

Anak-anak usia dini tersebut bisa mendapatkan pendidikan dari orang tua mereka di rumah mereka masing-masing. Selain memberikan pendidikan, orang tua juga bisa memperkuat ikatan yang ada antara orang tua dengan anaknya.

Tujuan Manajemen PAUD

Tujuan Manajemen PAUD Adalah
Tujuan utama manajemen Pendidikan Anak Usia Dini adalah untuk memastikan anak usia dini bertumbuh dan berkembang dengan maksimal. Pertumbuhan dan perkembangan yang dimaksud antara lain seperti :
  • Perkembangan komunikasi dan bahasa pada anak.
  • Perkembangan kecerdasan kognitif, misalnya seperti kemampuan berpikir. Perkembangan fisik, seperti melatih koordinasi motorik halus dan kasar anak.
  • Perkembangan sosio emosional, baik emosi anak atau cara anak tersebut bersikap akan dipantau.

Tujuan manajemen Pendidikan Anak Usia Dini secara khusus adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Efektifitas

Manajemen PAUD mengatur agar semua program PAUD bisa dilaksanakan dengan baik, dan melibatkan semua komponen lembaga PAUD, mulai dari orang tua, tenaga pendidik, lingkungan sekolah, dan lain sebagainya.

2. Meningkatkan Efisiensi

Efisien disini berhubungan dengan penghematan, dimana seluruh program PAUD yang dilaksanakan bisa berjalan dengan baik dengan menggunakan sumber daya seminimal mungkin.

Aplikasi Manajemen PAUD

Pihak Kementerian dan Kebudayaan Republik Indonesia memberi kemudahan dengan mengeluarkan aplikasi manajemen PAUD yang dapat diakses di manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id.

Melalui aplikasi tersebut diharapkan tiap sekolah dapat melakukan sinkronisasi bersama data secara nasional. Aplikasi ini dapat digunakan secara sederhana, yaitu dengan mendaftarkan lembaga PAUD secara online untuk mendapatkan username dan password agar dapat memasukkan data ke dalam aplikasi.

Kemudian, lembaga PAUD tersebut bisa memasukkan data yang diminta, dan akan dilakukan sinkronisasi data di tiap semester untuk memperbaharui data.

Proses sinkronisasinya sendiri bisa dilakukan dengan dua cara, antara lain :
  1. Menggunakan fitur daftar pengiriman yang ada pada situs KEMENDIKBUD kemudian isi rentang waktu, NPSN, alamat, dan status data, lalu klik tampilkan untuk melihat semua data.
  2. Menggunakan user login, kemudian masukkan username dan password yang dimiliki pada saat pendaftaran, lalu klik masuk dengan akun dapodik. Lalu pengguna atau user bisa melihat dan menggunakan data yang akan disinkronisasi.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian manajemen PAUD, fungsi, tujuan dan penjelasan mengenai aplikasi manajemen PAUD. Diharapkan melalui manajemen PAUD, tumbuh kembang anak akan lebih optimal lagi. Semoga artikel ini bermanfaat dam memberikan informasi yang dibutuhakan pembaca, terlebih mengenai istilah manajemen PAUD.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel