Pengertian Bakat Adalah : Menurut Para ahli, Jenis-Jenis dan Contoh Bakat

Arti Bakat Adalah
Apa yang dimaksud dengan bakat? Bagaimana cara mengembangkan bakat? Apa saja faktor yang mempengaruhi manusia? Pertanyaan tersebut sering kali terbesit di kepala. Bakat adalah potensi diri yang sudah kita miliki sejak kita lahir. Untuk mengetahui definisi bakat secara lebih jelas, mari kita baca ringkasan di bawah ini.

Pengertian Bakat

Arti bakat adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang secara alami dan bisa dikembangkan dengan lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan orang biasa.

Atau dengan kata lain, bakat adalah kemampuan dalam diri seseorang yang sudah dimiliki sejak lahir dimana kemampuan tersebut dapat digunakan untuk mempelajari sesuatu dengan cepat dan dengan hasil yang baik.

Bakat yang dimiliki setiap orang pastinya berbeda-beda. Misalnya saja dibidang seni, ada yang berbakat pada seni musik, pada seni lukis, maupun seni olah vokal atau tarik suara. Selain itu proses perkembangan bakat seseorang juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain seperti :
  • Struktur saraf motorik yang baik.
  • Faktor pendidikan formal non formal yang didapatkan.
  • Faktor dukungan dari lingkungan sekitar terhadap bakat seseorang.
  • Minat orang tersebut untuk mengasah bakatnya.
Baca Juga : Pengertian Disiplin

Pengertian Bakat Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami mengenai arti bakat, mari kita lihat pengertian bakat menurut pandangan beberapa ahli di bawah ini, diantaranya :

1. M. Ngalim Purwanto

M. Ngalim Purwanto menjelaskan bahwa arti bakat adalah kecakapan pembawaan tentang kesanggupan dan potensi tertentu yang dimiliki oleh seseorang.

2. Kartini Kartono

Kartini Kartono menjelaskan bahwa arti bakat adalah hal yang mencakup segala faktor yang ada dalam diri seseorang sejak awal pertama kehidupannya. Seiring berjalannya waktu, potensi tersebut perlahan berkembang hingga menghasilkan sebuah keahlian, ketrampilan, dan kecakapan.

3. Utami Munandar

Utami Munandar menjelaskan bahwa arti bakat adalah sebuah kemampuan bawaan dari diri seseorang yang perlu dilatih dan dikembangkan dengan sebaik-baiknya, agar potensi tersebut bisa mencapai titik maksimal sesuai dengan harapan.

4. William B. Michael

William B. Michael mengatakan bahwa arti bakat adalah sebuah kapasitas dalam diri seseorang untuk melakukan sebuah tugas sesuai dengan latihan yang sudah dijalani atau dilakukannya.

5. Suganda Pubakawatja

Suganda Pubakawatja menjelaskan bahwa bakat adalah sebuah bibit yang akan terlihat ketika orang tersebut mendapat sebuah kesempatan dan kemungkinan untuk dapat mengembangkannya.

Jenis-Jenis Bakat dan Contohnya

contoh dan jenis bakat misalnya
Minat dan bakat adalah dua hal yang berbeda, dimana minat cenderung pada keadaan dimana individu memiliki perhatian khusus terhadap sesuatu dan ingin mempelajarinya lebih serius.

Berbeda dengan bakat, yang memang sudah melekat pada diri seseorang semenjak dia lahir. Jika dilihat secara umum, bakat bisa kita bedakan menjadi 2, yaitu bakat umum dan bakat khusus. Di bawah ini adalah penjelasan dan contoh mengenai kedua jenis bakat tersebut :

1. Bakat Umum

Bakat umum adalah sebuah potensi atau kemampuan yang dimiliki seseorang, akan tetapi yang sifatnya umum. Atau jika disederhanakan bakat tersebut ketika dimiliki oleh seseorang masih terlihat wajar meskipun kemampuannya diatas rata-rata. 

Contoh bakat umum yang dimilik manusia adalah seperti kemampuan untuk berfikir, berbicara, membaca, menulis, bergerak dan melakukan hal lainnya yang masih bisa dilakukan oleh kebanyakan orang pada umumnya.

2. Bakat Khusus

Bakat khusus adalah sebuah potensi khusus yang dimiliki oleh seseorang, dimana kemampuan tersebut tidak dimiliki oleh orang lain, meskipun ada akan tetapi tetap memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan.

Bakat khusus tidak dimiliki oleh semua orang, melainkan hanya beberapa orang dengan beberapa potensi tertentu saja. Contoh-contoh bakat khusus yang ada di dalam diri orang-orang tertentu, antara lain :

1. Bakat Numerial

Bakat numerial adalah sebuah kemampuan khusus yang dimiliki seseorang dibidang matematika atau bentuk angka.

2. Bakat Verbal

Bakat verbal adalah sebuah potensi khusus yang dimiliki seseorang dalam kemampuan verbal yang ditunjukkan dengan konsep atau dalam bentuk kata kata.

3. Bakat Abstrak

Bakat abstrak adalah sebuah kemampuan khusus yang dimiliki seseorang dalam hal pemetaan, seperti membuat pola, rancangan, ukuran, bentuk atau posisi posisinya.

4. Bakat Skolastik

Bakat skolastik adalah sebuah kemampuan khusus yang dimiliki seseorang dalam hal-hal yang berhubungan dengan angka dan kata. Bakat khusus skolastik biasanya dimiliki oleh pembuat program, akuntan atau ilmuwan.

Sebab seseorang dengan bakat skolastik memiliki kemampuan berpikir atau penalaran jauh diatas rata-rata, dan mampu menciptakan hipotesis dan pandangan hidup yang bersifat rasional.

5. Bakat Mekanik

Bakat mekanik adalah sebuah kemampuan khusus yang dimiliki seseorang  seseorang yang berhubungan dengan tata dan alat kerja. Seseorang dengan bakal mekanik memiliki daya ingat yang baik dan mampu bekerja secara terstuktur sesuai dengan sistem yang diciptakan oleh orang itu sendiri.

6. Bakat Relasi Ruang

Bakat relasi ruang adalah kemampuan khusus yang dimiliki seseorang dalam hal mengamati pola dua dimensi maupun tiga dimensi. Bakat relasi ruang umumnya dimiliki oleh seniman, arsitek, pilot atau fotografer.

7. Bakat Ketelitian Klerikal

Bakat ketelitian klerikal adalah kemampuan khusus yang dimiliki seseorang dalam bidang menulis, meramu dan di bidang laboratorium. Keterampilan klerus tersebut membuat seseorang dengan bakat khusus ini menjadi semakin tajam tingkat ketelitiannya. Bakat ini umumnya dimiliki oleh sekertaris dan admin.

8. Bakat Bahasa

Bakat bahasa adalah kemampuan khusus yang dimiliki seseorang dalam penalaran analisis bahasa. Jika ingin menjadi professional, maka bakat bahasa wajib dimiliki oleh orang yang memiliki profesi dibidang hukum, penyiaran, editing, jurnalistik atau pramuniaga.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian bakat, jenis-jenis bakat dan beberapa contoh bakat yang dimiliki oleh manusia. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi informasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai istilah bakat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel