Manajemen Pendidikan Adalah : Pengertian, Menurut Para Ahli, Ruang Lingkup, Peran, Tujuan dan Fungsi Manajemen Pendidikan

Arti Manajemen Pendidikan Adalah

Apa itu manajemen pendidikan? Apa tujuan dan fungsi manajemen pendidikan? Arti manajemen pendidikan adalah sebuah tata kelola sumber daya dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi dibidang pendidikan. Untuk penjelasan lengkap mengenai manajemen pendidikan, mari kita baca ringkasan dibawah ini.

Pengertian Manajemen Pendidikan

Definisi Manajemen Pendidikan adalah sebuah tata kelola sumber daya, baik sumber daya manusia, material, waktu, informasi dan sumber daya lainnya agar penggunaannya lebih efektif dan efisien, dan diatur mulai dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan hingga dan pengawasan kegiatan pada bidang pendidikan.

Manajemen pendidikan diatur oleh secara langsung, dan menjadi tanggungjawab manajer pendidikan tersebut untuk mewujudkan pelaksanaan aktivitas pendidikan yang sesuai target, yaitu untuk meningkatkan keteraturan pelaksanaan sumber daya perusahaan.


Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami mengenai pengertian manajemen pendidikan, mari kita lihat penjelasan pengertian manajemen bidang pendidikan menurut pandangan beberapa ahli dibawah ini, diantaranya :

1. Stephen J. Kneziech

Stephen J. Kneziech menjelaskan bahwa manajemen pendidikan merupakan sekumpulan fungsi organisasi yang menjamin efisiensi dan efektivitas pelayanan pendidikan, melalui perencanaan, pengambilan sebuah keputusan, metode kepemimpinan, pengaturan alokasi sumber daya, stimulasi dan koordinasi personil dan iklim organisasi yang kondusif.

2. W. Haris

W. Haris menjelaskan, manajemen pendidikan adalah sebuah metode untuk mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya manusia atau material, agar lebih terintegrasi dan efektif dalam pengembangan kualitas manusia.

3. Hadari Nawawi

Hadari Nawawi menjelaskan arti manajemen pendidikan adalah rangkaian kegiatan pengendalian usaha yang dilakukan dengan terencana dan sistematis untuk mencapai tujuan pendidikan, terlebih kepada lembaga pendidikan formal.

4. Sagala

Sagala menjelaskan bahwa manajemen pendidikan adalah sebuah penerapan ilmu manajemen dalam dunia pendidikan mulai dari proses pembinaan, pengembangan dan pengendalian usaha dan praktek-praktek pendidikan.

5. Djam’an Satori

Djam’an Satori menjelaskan, arti manajemen pendidikan adalah  keseluruhan kerjasama yang mengoptimalkan pemanfaatan semua sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

6. Engkoswara

Engkoswara menjelaskan arti manajemen pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang tata kelola sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif. Dengan menciptakan suasana yang baik bagi manusia untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah disepakati.

7. Soebagio Atmodiwirio

Soebagio Atmodiwirio menjelaskan, arti manajemen pendidikan adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengatur tenaga pendidikan dan sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.

8. Made Pidarta

Made Pidarta menjelaskan, arti manajemen pendidikan adalah aktivitas memadukan berbagai sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah direncanakan.

9. Sutisna

Sutisna menjelaskan, arti manajemen pendidikan adalah keseluruhan proses yang membuat sumber daya personil dan meteriil yang tersedia dipergunakan dengan efektif untuk tercapainya tjuan bersama dalam bidang pendidikan.

10. Syarif

Syarif menjelaskan, arti manajemen pendidikan adalah semua upaya yang dilakukan bersama-sama untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya, dalam menunjang tercapainya pendidikan yang lebih baik.

11. Biro Perencanaan Depdikbud

Arti manajemen pendidikan dalam pandangan Biro Perencanaan Depdikbud adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan, mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya

Manusia seutuhnya yaitu manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan, keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap, mandiri, serta bertanggung jawab pada masyarakat dan bangsa.

Baca Juga : Manajemen PAUD

Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan

Ruang lingkup manajemen di bidang pendidikan dibagi menjadi 4 bagian, pembagian dan perinciannya adalah sebagai berikut :

1. Berdasarkan Wilayah Kerja

Ruang lingkup berdasarkan wilayah kerja terbagi menjadi :
  • Manajemen pendidikan tingkat nasional yang menangani pelaksanaan pelatihan pendidikan baik di dalam maupun di luar sekolah. Melakukan penyelenggaraan pelatihan, pengembangan metode penelitian hingga meliputi kebudayaan dan kesenian secara nasional.
  • Manajemen pendidikan tingkat provinsi yang menangani pelaksanaan pelatihan pendidikan dalam lingkup provinsi saja.
  • Manajemen pendidikan dalam satu kabupaten atau kotamadya yang menangani pelaksanaan pelatihan pendidikan dalam lingkup kabupaten atau satu kotamadya.
  • Manajemen pendidikan satu unit kerja dimana hanya bertanggungjawab pada satu unit kerja yang langsung menangani pekerjaan dalam bidang pendidikan.
  • Manajemen bidang pendidikan terkecil yaitu adalah manajemen kelas.

2. Berdasarkan Objek Garapan

Ruang lingkup berdasarkan ojek garapan terbagi menjadi :
  • Manajemen humas komunikasi pendidikan.
  • Manajemen kurikulum.
  • Manajemen lembaga atau organisasi pendidikan.
  • Manajemen Tata Usaha atau Tata Laksana pendidikan
  • Manajemen prasarana dan prasarana sekolah.
  • Manajemen Anggaran pendidikan
  • Manajemen personil-personil dalam sekolah
  • Manajemen siswa

3. Berdasarkan Fungsi

Ruang lingkup berdasarkan fungsi maupun struktur kegiatannya terbagi menjadi :
  • Perencanaan.
  • Pengorganisasian.
  • Pengarahan.
  • Koordinasi.
  • Pengawasan dan Evaluasi.

4. Berdasarkan Pelaksana

Dalam lingkup lingkungan 
Bila kita melihat dari ruang lingkup lingkungan kelas, peran seorang tenaga pengajar atau adalah sebagai administrator sekaligus manajer. Dan oleh sebab itu wajib untuk seorang guru untuk dapat melaksanakan kegiatan manajemen.

Peranan Manajemen Pendidikan

Manajemen pendidikan memiliki 4 peranan yang harus dikerjakan untuk mewujudkan tujuan pendidikan dalam sebuah lembaga atau perusahaan. Adapun 4 peran tersebut antara lain :

1. Perencanaan

Manajemen pendidikan memastikan seluruh sumber daya untuk dapat membuat peta kerja serta yang sesuai bidang dan visi perusahaan.

2. Pengorganisasian

Manajemen pendidikan mengumpulkan data seluruh sumber daya manusia maupun modal dan peralatan yang dibutuhkan. Selanjutnya melakukan pengorganisasian untuk membuat metode yang paling efektif yang melibatkan semua komponen agar tujuan utama perusahaan dapat tercapai.

3. Pelaksanaan Kerja

Manajemen pendidikan menggerakan sumber daya manusia, dan memberikan motivasi untuk pelakasaan kegiatan agar sesuai dengan perencanaan untuk mencapai tujuan bersama.

4. Pengawasan

Mengawasi dan mengontrol sumber daya agar berjalan sesuai dengan perencanaan yang sudah disepakati dan jika terjadi kesalahan maka manajer harus segera memberi instruksi agar semua proses kembali seperti rencana semula.

Tujuan Manajemen Pendidikan

Tujuan Manajemen Pendidikan Adalah

Tujuan utama dari diterapkannya manajemen pendidikan adalah agar kepribadian pelajar dapat terbentuk sesuai dengan tujuan dari pendidikan nasional dan tingkat perkembangan atau perbaikan untuk usia pendidikan.

Manajemen di bidang pendidikan juga memiliki tujuan umum lainnya, adapun tujuan dan manfaat tersebut adalah sebagai berikut :
  • Terciptanya suasana dan proses belajar yang aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan.
  • Melahirkan pelajar-pelajar yang aktif dalam pengembangan diri, baik dari segi perilaku, spiritual dan intelektual agar menjadi palajar yang dapat mengontrol diri, berahlak mulia, terampil dan berguna bagi orang lain.
  • Melahirkan pelajar yang kompeten.
  • Terwujudnya tujuan pendidikan melalui metode yang efektif dan efisien.
  • Membentuk citra positif dalam pendidikan.
  • Mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan
  • Melahirkan sistem pendidikan yang berkualias, merata, relevan dan akuntabel.
  • Membekali tenaga pendidik dengan pengetahuan tambahan mengenai proses dan tugas administrasi pendidikan.

Fungsi Manajemen Pendidikan

Fungsi Manajemen Pendidikan Yaitu Adalah
Dengan perubahan kondisi global dan peluang masa depan yang lebih gemilang, peningkatkan kualifikasi sumber daya manusia merupakan sebuah keharusan. Peningkatan yang dimaksud meliputi pengelolaan perusahaan, bisnis, strategi, sumber daya manusia, pendidikan dan pengajaran.

Manajemen pendidikan juga berfungsi sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan tersebut. Banyaknya inovasi yang kita rasakan saat ini juga bermula dari berbagai kegiatan yang dimulai oleh manajemen pendidikan dalam penerapan kaidah-kaidah manajemen dalam bidang pendidikan.

Adapun fungsi manajemen pendidikan antara lain:
  • Memotivasi dan mengembangkan perancangan strategi lewat pendekatan yang rasional, sistematis dan efektif yang berguna bagi manajer dan tim.
  • Mengoptimalkan seluruh proses hingga pada proses pendidikan agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya.
  • Membantu menyediakan sumberdaya yang efektif sesuai dengan kualifikasi pendidikan.
  • Menciptakakan sumber daya yang memahami pola dan alur kerja yang efektif dan efisien, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
  • Meningkatkan sikap profesional dan rasa tanggungjawab dalam diri setiap orang dalam melaksanakan tugas.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian manajemen pendidikan, ruang lingkup, peranan, tujuan dan fungsi manajemen pendidikan dalam sebuat lebaga, organisasi atau perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai istilah manajemen pendidikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel