Manajemen Perusahaan Adalah : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan dan Tingkatannya

Arti Manajemen Perusahaan Adalah
Apa arti manajemen perusahaan? Apa saja fungsi dan tujuan manajemen perusahaan? manajemen adalah unsur penting yang harus dimiliki sebuah perusahaan atau bisnis. Untuk lebih memahami definisi manajemen perusahaan dan fungsinya, mari baca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Manajemen Perusahaan

Manajemen perusahaan adalah serangkaian proses memimpin, mengatur dan mengadministrasikan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Manajemen adalah komponen penting yang harus dimiliki perusahaan untuk mewujudkan visi misi perusahaan tersebut.

Perusahaan yang tidak memiliki stuktur organisasi apalagi manajemen perusahaan yang baik pasti akan kesulitan dalam mengembangkan bisnisnya. Terlebih ketika anggota tidak menguasai pekerjaan atau tanggungjawab, maka dipastikan banyak perkerjaan yang akan terbengkalai.


Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami definisi manajemen perusahaan, mari kita lihat pengertian manajemen perusahaan menurut pandangan para ahli dibawah ini, diantaranya :

1. Lawrance A. Appley

Lawrance A. Appley menjelaskan arti manajemen perusahaan adalah sebuah seni untuk mencapai sebuah tujuan yang dinginkan dan dilaksanakan dengan usaha orang lain.

2. Stoner

Stoner menjelaskan arti manajemen perusahaan adalah sebuah ketetapan yang disepakati yang di dalamnya sudah melalui proses perencanaan, penyusunan, pengendalian dan memimpin bermacam-macam usaha dari anggota entitas atau organisasi dengan menggunakan sumber daya yang dimiliki dengan sebaik-baiknya untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

3. Koontz

Koontz menjelaskan bahwa arti manajemen perusahaan adalah suatu seni yang produktif yang didasarkan pada sebuah pemahaman ilmu, dimana keduanya saling melengkapi.

4. Wilson

Wilson menjelaskan manajemen perusahaan adalah serangkaian tindakan yang dilakukan anggota perusahaan untuk mencapai target bisnis sesuai bidang yang dinaungi perusahaan tersebut melalui aktivitas yang sistematis.

5. George R. Terry

George R. Terry menjelaskan bahwa manajemen pada perusahaan adalah suatu proses terdiri dari perencanaan, penyusunan, pengarahan dan pengendalian yang dilakukan untuk mencapai tujuan utama perusahaan, dengan melibatkan manusia dan sumber daya lainnya.

Baca Juga : Manajemen Konflik

Fungsi Manajemen Perusahaan

Peranan manajemen perusahaan sangatlah penting dalam sebuah perusahaan. Manajemen perusahaan yang baik dan terstruktur akan membawa perusahaan kepada masa depan yang menjanjikan. Adapun fungsi manajemen dalam sebuah perusahaan atau organisasi adalah sebagai berikut :

1. Memimpin

Manajemen perusahaan menempatkan seorang manajer untuk memimpin group tertentu agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Tugas dan tanggungjawab seorang manajer antara lain seperti :
  • Melakukan komunikasi
  • Memberi motivasi
  • Mengambil keputusan
  • Menentukan sumber daya manusia untuk masuk divisi tertentu
  • Mengontrol perkembangan sumber daya manusia, melalui penilaian terhadap hasil kinerja dengan memberikan saran maupun promosi.

2. Merencanakan

Manajemen dalam perusahaan berfungsi untuk merencanakan kegiatan yang akan dilakukan anggota untuk mencapai tujuan perusahaan. Bagian perencanaan termasuk salah satu yang terpenting, sebab tanpa perencanaan perusahaan tidak akan berkembang sesuai dengan tujuan perusahaan. Perencanaan yang dimaksud melingkupi :
  • Penentuan jenis kegiatan perusahaan.
  • Menetapkan jadwal atau waktu pelaksanaan kegiatan.
  • Membuat rincian target atau sasaran dari setiap kegiatan.
  • Mengendalikan biaya agar tidak melewati budget yang direncanakan.
  • Membuat standar operasional prosedur dari setiap kegiatan.

3. Menyusun

Manajemen perusahaan berperan sebagai pengatur sekaligus penghubung divisi-divisi yang ada dalam perusahaan, agar setiap pekerjaan terlaksana sesuai dengan tugas dan tanggungjawab tiap orang atau divisi dan agar kegiatan bisa dikerjakan dengan lebih efisien dan efektif.

Beberapa hal yang disusun dan diatur oleh manajemen perusahaan, seperti :
  • Membuat struktur organisasi secara hirarkial.
  • Menentukan tugas dan tanggungjawab tiap-tiap anggota atau divisi.
  • Mendelegasikan tanggung jawab.
  • Mendeskripsikan hal-hal yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya manusia.

4. Pengawasan

Setiap kegiatan yang dilakukan seluruh divisi dalam sebuah perusahaan perlu mendapat pengawasan sebagai pengendalian apabila terjadi penyimpangan terhadap tugas yang diterima.
Tugas dan tanggung jawab manajer perusahaan adalah untuk memberi saran, arahan, motivasi dan menentukan keputusan yang harus diambil jika terjadi penyimpangan.

Kegiatan pengawasan, pengendalian dan pengamatan yang dimaksud meliputi :
  • Penilaian proses kerja.
  • Penilaian hasil kerja.
  • Koreksi dan perbaikan jika dibutuhkan.

Tingkatan Level Manajemen Perusahaan

Ada beragam jenis tingkatan level manajemen dalam sebuah perusahaan. Tingkatan manajemen perusahaan secara umum adalah sebagai berikut :

1. Top Management

Pada tingkatan ini umumnya terdiri dari Boards of Director atau Chief Of Executif (CEO) dan Senior Executif.

2. Midle Management

Pada tingkatan ini terdiri Departement of Division Head.

3. Lower Management

Pada tingkatan ini biasanya terdiri dari Superintenden, General Foreman dan Supervisor.

Tugas Manajemen Perusahaan

Tugas Manajemen Perusahaan Adalah
Untuk memaksimalkan fungsi manajemen yang sudah dijelaskan di atas, maka perusahaan biasanya membagi lagi tugas dan tanggungjawab menjadi beberapa komponen.

Dimana setiap komponen bertanggungjawab sesuai dengan sistem yang sudah dibuat dan sesuai dengan tugas yang terima, untuk mewujudkan cita-cita perusahaan. Tugas dan tanggungjawab tersebut dibagi menjadi divisi-divisi atau disebut juga departemen yang bertingkat yaitu:

1. Human Research

Divisi human research bertugas untuk memberikan penilaian, saran dan wawasan terhadap sumber daya manusia yang ada dalam sebuah perusahaan. Divisi ini umumnya dipimpin oleh seorang HRD.

2. Credit Risk

Divisi credit risk adalah divisi yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan melindungi aset perusahaan, dan memegang informasi lengkap yang dapat berpengaruh terhadap perusahaan.

3. Corporate Treasury

Divisi corporate treasury adalah divisi yang bertanggungjawab untuk mengelola keuangan perusahaan.

4. Compliance

Divisi compliance adalah divisi yang bertugas mengidentifikasi dan memberi bimbingan manakala terjadi pelanggaran aturan, dan divisi ini juga yang mendesain aturan yang efektif untuk mendukung komitmen perusahaan.

5. Firm Risk Management

Firm risk management bertanggung jawab atas pengembangan manajemen risiko.

6. Firm Strategy and Execution

Firm strategy and execution adalah divisi yang bertanggungjawab untuk membantu dalam pengambilan keputusan.

7. Finance

Finance adalah divisi yang melaporkan keuangan perusahaan kepada pimpinan.

8. Internal Audit

Internal audit adalah divisi yang bertugas memberikan tinjauan independen dari kualitas pengendalian internal, manajemen risiko, dan sistem tata kelola proses perusahaan.

9. Market Risk

Market risk adalah divisi yang bertugas mengelola semua eksposur risiko pasar dalam kegiatan bisnis perusahaan.

10. Operational Risk

Operational risk adalah divisi yang bekerja sama dengan unit bisnis dan kelompok kontrol untuk membantu memastikan perusahaan memiliki program yang transparan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai arti manajemen perusahaan, fungsi, tujuan dan tingkatan level manajemen pada perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan infomasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai pengertian manajemen perusahaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel