Manajemen Waktu Adalah : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan Manajemen waktu dan Tips Manajemen Waktu dalam Berbisnis


Arti Manajemen Waktu Adalah
Apa itu manajemen waktu? Arti time management atau manajemen waktu adalah sebuah perencanaan dan pengawasan terhadap produktivitas waktu, dimana pengelolaannya dilakukan dengan baik untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Untuk lebih memahami mengenai arti manajemen waktu, mari kita baca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Manajemen Waktu

Pengertian manajemen waktu adalah sebuah cara pemanfaatan dan pengaturan waktu dalam mengerjakan kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya, dimana penyelesaian sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

Tujuan manajemen waktu adalah supaya kita bisa melakukan pekerjaan dengan efektif dan efisien, agar segala tujuan atau target dari kegiatan bisa tercapai dengan baik dan maksimal.


Manajemen Waktu Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami definisi manajemen waktu mari kita lihat pengertian manajemen waktu menurut penjelasan beberapa ahli di bawah ini, diantaranya : telah dijelaskan oleh beberapa ahli sebagai suatu perencanaan, pengorganisasian, penggerak dan pengendalian produktivitas waktu yang berkaitan dengan pekerjaan.

1. Akram

Akram mengatakan manajemen waktu adalah pemanfaatan waktu yang dimiliki dengan sebaik-baiknya untuk melakukan hal-hal penting dan dikerjakan sesuai dengan catatan tabel kerja.

2. Davidson

Davidson menjelaskan bahwa manajemen waktu adalah cara memanfaatkan waktu dengan baik dimana seseorang mampu menyelesaikan sesuatu dengan lebih cepat dan bekerja lebih cerdas.

3. Leman

Leman menjelaskan manajemen waktu adalah penggunaan waktu seoptimal mungkin dengan perencanaan aktivitas yang terorganisir baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

4. Hynes

Haynes menjelaskan bahwa manajemen waktu adalah suatu proses pribadi dengan memanfaatkan analisis dan perencanaan dalam menggunakan waktu untuk meningkatkan manfaat dan efisiensi.

Manfaat Manajemen Waktu

Untuk orang yang sedang membangun sebuah bisnis, maka manajemen waktu ada sebuah unsur yang tidak boleh diabaikan. Bahkan sudah seharusnya manajemen waktu menjadi prioritas untuk mencapai target.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat manajemen waktu :

1. Dalam Kehidupan Pribadi

  • Meningkakan kemampuan individu dalam mencapai produktivitas dan efisiensi.
  • Bisa memiliki reputasi professional yang lebih baik sekaligus meningkatkan peluang sukses. 
  • kesempatan karir yang lebih baik
  • Terhindar dari stress atau tekanan.
  • kehidupan pribadi menjadi lebih seimbang.

2. Dalam Organisasi

  • Membantu semua orang dalam menentukan prioritas sesuai tingkat urgensinya.
  • Mengurangi kecenderungan menunda-nunda pekerjaan.
  • Mencegah terjadinya selisih waktu dalam mengerjakan dua pekerjaan atau lebih, didalam waktu yang bersamaan.
  • Memudahkan evaluasi terhadap hasil pekerjaan individu atau organisasi.


Tips Manajemen Waktu dalam Berbisnis

Manajemen waktu berhubungan dengan mengatur jadwal semua kegiatan agar setiap pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Bagi pada penggiat bisnis, menerapkan sistem manajemen waktu yang baik pastinya akan meningkatkan peluang keberhasilan bisnis yang sedang dikembangkan.

Di bawah ini adalah beberapa tips manajemen waktu dalam berbisnis :

1. Membuat Skala Prioritas

Ketika seseorang menggeluti sebuah bisnis, pastinya akan menambah daftar pekerjaan yang harus dilakukannya setiap hari. Bertambahnya kegiatan-kegiatan yang menyita waktu pastinya akan sangat mengganggu dan bahkan membuat beberapa pekerjaan menjadi terbengkalai.

Oleh sebab itu kita harus membuat skala prioritas, dimulai dari membuat daftar pekerjaan yang harus selesaikan, dan menimbang seberapa penting pekerjaan tersebut, berapa waktu pengerjaan hingga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan.

Sesudah itu kita bisa memulai bekerja dengan tugas-tugas penting terlebih dahulu hingga tugas yang dirasa memiliki waktu tenggang lebih banyak.

2. Disiplin Waktu

Disiplin waktu adalah menyelesaikan target sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditetapkan. Artinya kita tidak boleh membiasakan diri untuk menunda-nunda pekerjaan, sebab semakin lama pekerjaan kita pun akan semakin menumpuk.

3. Fokus Terhadap Pekerjaan

Ketika kita sudah memiliki daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, maka sebaiknya tetap fokus terhadap pekerjaan tersebut. Kerjakan sesuai dengan agenda dan tidak mudah tergoda terhadap hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan, seperti “konkow” dengan teman atau bermain game.

4. Membuat Perencanaan untuk Bisnis Jangka Panjang

Pengusaha yang berhasil adalah orang yang selalu menyibukkan diri dengan pekerjaan dan tidak membuang-buang waktu. Pekerjaan sudah menjadi prioritas, dan setiap waktu luang adalah waktu yang berharga untuk bisnis.

Waktu yang senggang dapat kita gunakan untuk merencanakan bisnis jangka panjang atau mengatur target yang harus dicapai dalam jangka waktu tertentu. Intinya adalah kita bisa menyelesaikan dan mencapai target bisnis sesuai dengan deadline yang sudah ditetapkan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai arti manajemen waktu, fungsi, tujuan, manfaat dan tips mengenai manajemen waktu dalam berbisnis. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan infomasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai pengertian manajemen waktu.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel