Pengertian Banjir Adalah : Macam-Macam, Penyebab, Dampak dan Cara Mencegah Banjir

Banjir Adalah Bencana Alam
Apa yang dimaskud dengan banjir? Bagaimana cara mencegah banjir? Banjir adalah salah satu bencana alam yang kerap terjadi ketika musim penghujan tiba. Ada banyak jenis dan penyebab banjir. Untuk lebih jelasnya mari kita baca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Banjir

Banjir adalah bencana alam yang terjadi ketika jumlah air yang berlebih berada di daratan yang biasanya kering. Penyebabnya karena meluapnya jumlah air pada tempat yang biasa menjadi tempat penampungannya, seperti danau dan sungai.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri, pengertian banjir adalah berair banyak dan juga deras, kadang-kadang meluap. Akan tetapi arti banjir salam pandangan masyarakat adalah bencana atau hal negatif yang terjadi akibat kelalaian manusia.

Bencana banjir pastinya berkaitan dengan hal-hal yang merugikan, oleh sebab itu banjir bisa dikatakan sebagai sebuah bencana alam. Yang paling merugikan adalah banjir periodik yang banyak menimbulkan kerusakan berat, terutama pada daerah yang padat penduduk atau yang berada di bantaran sungai.

Macam-Macam Banjir

Bencana banjir sendiri dibedakan menjadi beberapa macam sesuai dengan faktor-faktor yang menjadi penyebab banjir. Diantaranya seperti : 

1. Banjir Air

Banjir air adalah banjir yang paling umum terjadi, biasanya diakibatkan air di danau, sungai, selokan atau saluran air lainnya meluap dan menggenangi daratan. Banjir seperti ini umumnya karena hujan deras dan berkepanjangan, atau ketika saluran dan penampungan air sanggup berfungsi dengan baik.

2. Banjir Bandang

Banjir bandang adalah banjir yang membawa media air sekaligus lumpur. Banjir jenis ini sangat berbahaya bagi manusia karena memiliki daya rusak yang tinggi dan menyulitkan manusia ketika hendak menyelamatkan diri.

Banjir bandang biasanya terjadi pada daerah pegunungan dimana tanah pada pegunungan tersebut seolah longsor karena adanya air hujan yang ikut terbawa air ke daratan yang lebih rendah. Arus banjir bandang terkadang membawa pohon yang berukuran besar sehingga dapat merusak pemukiman warga yang terkena banjir bandang tersebut.


3. Banjir Lumpur

Banjir lumpur memiliki sedikit perberbedaan dengan banjir bandang, dimana lumpur yang membanjiri permukaan tanah berasal dari dalam bumi, dan terkadang membawa kandungan bahan atau gas kimia yang berbahaya bagi manusia.

4. Banjir Rob (Laut Pasang)

Banjir rob adalah banjir yang disebabkan air laut yang sedang pasang, biasanya dialami oleh orang yang tinggal di sekitar bantaran laut. Pasang air laut tidak selalu bisa ditahan oleh tanggul, sehingga akhirnya akan menggenangi daratan.

5. Banjir Lahar Dingin

Banjir lahar dingin adalah banjir yang terjadi ketika erupsi gunung berapi, biasanya membawa bebatuan dan lumpur ketika prosesnya berlangsung. Lahar yang memenuhi sungai atau danau akan pendangkalan dan memicu banjir.

Penyebab Banjir

Bencana banjir dapat menimbulkan banyak korban jiwa atau kerugian secara materi. Dan untuk mencegahan, alangkah baiknya kita mengetahui penyebab-penyebab dari banjir. Dibawah ini adalah beberapa penyebab banjir yang perlu kita  ketahui, diantaranya :

1. Buang sampah sembarangan

Sungai Dipenuhi Sampah
Penyebab banjir yang utama bagi masyarakat di Indonesia adalah buang sampah sembarangan. Menumpuknya sampah pada saluran pembuangan kerap kali membuat air meluap dan menyebabkan banjir ketika musim penghujan tiba.

Meskipun sudah menelan banyak korban jiwa, akan tetapi hingga saat ini masih sering ditemukan kejadian dimana saluran pembuangan penuh oleh sampah, baik dari sampah rumah tangga, sampah industri hingga kulit kabel.

2. Penebangan Hutan Liar

Illegal Logging
Penebangan hutan secara ilegal, atau legal akan tetapi secara besar-besaran akan membuat hutan menjadi gundul. Hal ini adalah salah satu penyebab banjir, dimana akar pohon yang membantu penyerapan air sudah tidak ada lagi, dan ketika hal ini terjadi maka resiko banjir akan semakin tinggi bahkan bisa memicu longsor pada dataran tinggi.

3. Pemukiman di Bantaran Sungai

Rumah di Pinggir Kali
Pemukiman yang dibangun pada bantaran sungai cenderung memicu pendangkalan sungai. Selain karena pondasi bangunan yang amblas dapat membuat sungai semakin dangkal dan kecil, masyarakatnya sendiri kerap membuang sampah di sungai.

Hal ini jelas menaikkan resiko banjir ketika nanti musim penghujan tiba, sungai yang mengecil dan dangkal tidak sanggup menampung debit air yang tinggi. Akhirnya air akan meluap dan membanjiri daratan.

4. Curah Hujan Tinggi

Hujan Deras
Curah hujan yang tinggi juga menjadi salah satu penyebab banjir, dan karena merupakan faktor cuaca maka hal yang satu ini sulit untuk dihindari. Ditambah jika terjadi dalam jangka waktu yang panjang, maka pastinya akan menjadi mimpi buruk bagi masyarakat yang tinggal di dataran rendah.

5. Sistem Drainase Buruk

Perencanaan sistem drainase adalah salah satu hal terpenting di lingkungan perkotaan. Hal ini untuk mencegah atau mengurangi resiko banjir, sebab daerah perkotaan sudah sangat minim lahan yang bisa dijadikan tempat penyerapan air ke dalam tanah, oleh sebab itu sistem kelola tata ruang dan drainase yang baik adalah solusinya.

6. Tsunami

Banjir dari tsunami adalah banjir yang disebabkan gelombang air laut yang sangat besar. Tsunami sendiri terjadi karena pergeseran lapisan lempeng bumi. Kerusakan yang diakibatkan tsunami sangatlah besar, dan biasanya menimbulkan banyak kerugian dan korban jiwa.

Dampak Banjir

Kerugian dan Kerusakan Akibat Banjir
Kejadian bencana alam selalu menimbulkan dampak negatif maupun positf pada wilayah yang terkena bencana, begitu juga dengan banjir. Dibawah ini adalah beberapa dampak banjir, diantaranya adalah :

1. Dampak Negatif

  • Terjadinya penyebaran berbagai bibit penyakit.
  • Kehilangan nyawa atau harta benda.
  • Rusaknya lahan pertanian, perkebunan dan peternakan.
  • Rusaknya fasilitas umum atau sarana dan prasarana pendukung aktivitas manusia.
  • Kesulitan untuk mendapatkan air bersir, sebab air yang biasa dikonsumsi sudah terkontaminasi dengan banjir.
  • Pada tempat wisata akan mengakibatkan jatuhnya angka jumlah wisatawan yang datang, dalam waktu yang cukup lama akibat kerusakan.
  • Terjadi kenaikan harga karena terbatasnya ketersediaan bahan makanan.

2. Dampak Positif

  • Air tanah terisi dan menjaga ketinggian tanah.
  • Banjir membawa zat hara untuk tanah.
  • Pada wilayah kering akan mencukupi kebutuhan air dalam beberapa masa.
  • Menyeimbangkan ekosistem sungai.
  • Membuka habitat baru bagi makhluk hidup air.
  • Burung memiliki cadangan makanan melimpah.


Cara Mencegah Banjir

Ada banyak sekali cara mencegah banjir yang kerap disuarakan oleh pemerintah kepada masyarakat. Dibawah ini adalah berapa cara mencegah banjir yang bisa kita lakukan, diantaranya :
  • Menata tempat aliran air seperti sungai, danau dan lain agar bisa berfungsi secara maksimal
  • Tidak membuang sampah sembarangan
  • Tidak mendirikan bangunan dibantaran sungai.
  • Melakukan pengerukan berkala untuk menjaga kedalaman sungai.
  • Melakukan penghijauan hutan atau reboisasi.
  • Menyiapkan sistem pemantau dan peringatan dini untuk pencegahan bencana banjir, terutama pada daerah yang rawan banjir.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian banjir, macam-macam, penyebab, dampak dan cara mencegah banjir. Semoga ringkasan diatas bermanfaat, dan memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai istilah banjir.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel