Pengertian Iklan Adalah : Arti Iklan, Tujuan, Ciri-Ciri, Syarat dan Jenis-Jenis Iklan

Pengertian Iklan Adalah
Apa yang dimaksud dengan iklan? Definisi Iklan adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, instansi/ lembaga, atau perusahaan, yang isinya berupa pesan yang menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak.

Tujuan iklan sendiri ialah untuk membuat masyarakat menjadi tertarik menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Iklan biasanya dipasang pada bermacam-macam media supaya peluangnya semakin besar untuk dilihat oleh banyak orang.

Iklan bisa dipasang pada media offline maupun media online, mulai dari tabloid, koran, majalah, televisi, situs berita, blog, hingga media sosial dan tempat-tempat umum. 

Baca Juga : Pengertian Informasi

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami definisi iklan, maka kita mari kita lihat pengertian iklan menurut para di bawah ini, diantaranya :

1. Rhenald Kasali

Rhenald Kasali menjelaskan bahwa pengertian iklan adalah suatu pesan yang menawarkan sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak dengan melalui suatu media.

2. Kotler

Kotler menjelaskan bahwa pengertian iklan adalah suatu bentuk penyajian dan promosi suatu barang, jasa, dan ide, secara non-personal oleh suatuk sponsor tertentu dimana untuk penayangannya biasanya harus membayar suatu media.

3. Courtland L. Bovee

Courtland L. Bovee menjelaskan bahwa pengertian iklan adalah suatu komunikasi non-personal yang biasanya berbayar dan sifatnya persuasif tentang suatu produk, jasa, atau ide dari sponsor yang dimuat melalui berbagai media.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, defisini iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.

Tujuan Iklan

Sesuai dengan yang sudah dijelaskan di atas, tujuan utama dari iklan adalah untuk membuat orang lain menjadi tertarik untuk menggunakan suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Jadi bisa disimpulkan bahwa tujuan iklan antara lain adalah :

  • Memberikan informasi mengenai produk barang atau jasa, merek, perusahaan, ataupun suatu ide kepada orang yang melihat iklan tersebut, melalui penggunaan bahasa persuasif yang menonjolkan kelebihan produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Mempengaruhi orang lain atau target market, untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.

Manfaat Iklan

Sebuah hal tidak dikembangkan jika tidak memiliki manfaat postif bagi pembuatnya, begitu juga dengan iklan yang pastinya akan memberikan manfaat bagi si pengiklan. Adapun maanfaat iklan secara umum adalah sebagai berikut :

  • Membuat produk barang atau jasa yang diiklankan menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas.
  • Meningkatkan jumlah konsumen yang pastinya juga akan meningkatkan angka penjualan produk yang diiklankan.
  • Meningkatkan brand awareness sebuah merek di masyarakat luas sehingga masyarakat mudah mengidentifikasi produknya.

Ciri-Ciri Iklan

Kita bisa melihat sebuah pesan atau informasi merupakan sebuah iklan atau tidak berdasarkan kepada karakteristik pesan tersebut. Adapun ciri-ciri umum sebuah iklan antara lain seperti :

  • Menjelaskan mengenai produk yang tiwarkan.
  • Informasi atau pesan disampaikan secara komunikatif dan informatif.
  • Pemilihan kata atau bentuk kalimat yang persuasif agar lebih menarik bagi orang lain.
  • Menggunakan kata atau bentuk kalimat yang baik, sopan dan mudah dimengerti oleh masyarakat atau target market.

Syarat-Syarat Iklan

Beberapa syarat utama untuk boleh membuat iklan antara lain adalah seperti di bawa ini :

  • Materi yang diberikan harus bersifat obyektif, proporsional, dan jujur.
  • Informasi yang diberikan harus detail, padat dan mudah dipahami.
  • Dibuat semenarik mungkin agar mendapat perhatian dan minat masyarakat.
  • Tidak menyinggung atau merendahkan pihak ataupun produk lain.

Jenis-Jenis Iklan

Terdapat banyak jenis iklan  yang dapat kita temukan dengan mudah dewasa ini, di bawah ini adalah jenis-jenis iklan berdasarkan isi, media, dan sifat iklan tersebut, berikut penjelasannya.

A. Jenis Iklan Berdasarkan Isi

1. Iklan Pemberitahuan atau Pengumuman

Iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian khalayak tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan. Contohnya adalah seperti iklan reuni alumni sekolah atau perguruan tinggi atau iklan berita duka cita.

2. Iklan Niaga atau Penawaran

Contoh Iklan Penawaran Barang
Iklan ini bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai. Contoh iklan penawaran barang seperti makanan dan minuman kemasan, produk fashion atau gadget, dan iklan penawaran jasa seperti jasa expedisi (kurir), asuransi dan lain sebagainya.

3. Iklan Layanan Masyarkat

Iklan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada masyarakat tentang suatu isu atau hal tertentu. Iklan layanan masyarakat dibuat oleh lembaga atau instansi pemerintah atau organisasi non-profit. Contohnya iklan dari Unicef dan WHO.

B. Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Dipakai

1. Iklan Media Cetak

Iklan media cetak adalah iklan yang dipasang pada media yang memakai teknik cetak, baik itu cetak sablon, konventional maupun digital. Iklan-iklan tersebut biasanya kita temukan pada tabloid, koran, majalah poster dan lain sebagainya.

2. Iklan Elektronik

Iklan media eletronik adalah jenis iklan yang memanfaatkan media berbasis perangkat elektronik seperti radio, televisi, billboard dan media digital interaktif seperti internet.

C. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Jika dilihat berdasarkan tujuannya, maka iklan dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu iklan komersial dan iklan non-komersial. Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Iklan Komersial

Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mencari keuntungan ekonomi, atau untuk meningkatkan penjualan. Jenis iklan komersial sendiri masih dibagi menjadi tiga, antara lain:

  • Iklan konsumen, yaitu iklan yang ditujukan pada konsumen akhir (end consumer) suatu produk.
  • Iklan Bisnis, yaitu iklan yang ditujukan kepada pihak yang dapat mengolah atau menjual produk yang diiklankan kepada konsumen akhir.
  • Iklan Profesional, yaitu iklan yang ditujukan bagi segmen tertentu, yaitu para profesional.

2. Iklan Non-Komersial

Iklan non-komersial adalah iklan yang dibuat dengan tujuan memberikan informasi, ajakan, dan edukasi terhadap masyarakat. Iklan non-komersial tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dalam bentuk ekonomi, melainkan untuk keuntungan sosial bagi semua masyarakat.

Iklan Layanan Masyarakat
Pastinya untuk memberikan kesadaran, pengetahuan, sikap dan perubahan perilaku masyarakat terhadap isu yang diiklankan. Misalnya seperti iklan mengenai Keluarga Berencana, iklan tentang pentingnya pendidikan, iklan global warming, iklan tentang penyakit-penyakit menular, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian iklan, tujuan dan manfaat iklan, hingga jenis-jenis iklan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel