Pengertian Informasi : Definisi, Fungsi, Jenis dan Contoh Informasi

Pengertian Informasi Adalah
Apa itu informasi? Apa saja fungsi dan jenis informasi? Informasi adalah kumpulan data yang diproses agar lebih mudah dimengerti. Untuk lebih jelasnya mari kita baca tulisan di bawah ini.

Pengertian Informasi

Definisi informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang sudah dikelola hingga menjadi sesuatu yang mudah dimengerti dan dapat bermanfaat bagi yang menerimanya. Sedangkan kata data sendiri artinya fakta yang masih bersifat mentah atau belum diolah.

Jadi bisa kita simpulkan kalau kata “informasi” memiliki arti yang berbeda dengan kata “data”. Dan tidak semua data atau fakta dapat dikelola hingga menjadi sebuah informasi bagi penerimanya.

Sebab kalau sebuah data yang diolah ternyata tidak bermanfaat bagi penerimanya, maka hal tersebut belum bisa disebut sebagai sebuah informasi.

Jika dilihat dari segi etimologi kata, istilah “informasi” berasal dari bahasa Latin yaitu “Informatinem” yang artinya ide, kode, atau garis besar. Informasi sendiri bisa disajikan dalam beragam media maupun bentuk, baik itu tulisan, gambar, tabel, diagram, audio, video, dan lain sebagainya.


Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami arti kata informasi, mari kita lihat definisi informasi menurut pandangan beberapa ahli di bawah ini, diantaranya :

1. Jogiyanto HM

Jogiyanto HM menjelaskan bahwa pengertian informasi adalah hasil dari pengolahan data menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat bagi penerimanya yang menggambarkan kejadian-kejadian yang nyata untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.

2. Lina Sidharta

Lina Sidharta menjelaskan bahwa pengertian informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk yang lebih berguna untuk mengambil suatu keputusan.

3. George R. Terry

George R. Terry menjelaskan bahwa definisi informasi adalah suatu data penting yang memberikan pengetahuan yang berguna bagi penerimanya.

4. Azhar Susanto

Azhar Susanto menjelaskan bahwa informasi adalah suatu hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat bagi penerimanya.

5. Raymond McLeod

Raymond McLeod menjelaskan bahwa pengertian definisi informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sesuatu yang berarti atau berguna bagi penerimanya dan bisa dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan di saat ini atau di masa mendatang.


Fungsi Informasi

Jika dijabarkan secara umum, setidaknya ada tujuh fungsi informasi, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sebagai Sumber Pengetahuan Baru

Segala bentuk informasi yang didapatkan manusia bisa jadi adalah pengetahuan yang baru baginya dan memperluas wawasannya. Bisa saja hal tersebut adalah hal umum yang sudah diketahui banyak orang, akan tetapi adalah hal yang baru bagi orang-orang tertentu.

2. Menghapus Ketidakpastian

Informasi yang tidak lengkap atau tidak detail biasanya dapat menimbulkan keraguan karena ketidakpastian. Oleh sebab itu diperlukan informasi yang lengkap dan valid dari sumber terpercaya.

3. Sebagai Media Hiburan

Informasi sebagai media hiburan misalnya ketika menyajikan informasi tentang tempat-tempat wisata yang menarik, dimana informasi tersebut juga disajikan dengan bahasa dan gambar-gambar yang menarik.

4. Sebagai Berita

Informasi berfungsi sebagai sumber berita adalah sesuatu yang sangat umum, dimana media yang digunakan pun beragam mulai dari televisi, radio maupun media sosial, untuk menyampaikan berita kepada khalayak.

5. Untuk Sosialisasi Kebijakan

Informasi adalah komponen yang sangat penting dalam berkomunikasi, dan salah satu fungsinya adalah untuk mensosialisasikan pesan layanan masyarakat atau kebijakan pemerintah kepada masyarakat. 

6. Sebagai Media Promosi

Penyampaian informasi melalui media massa sering kali dilakukan untuk mempengaruhi khalayak. Contohnya seperti pesan layanan masyarakat atau penjelasan suatu produk melalui Televisi yang tujuannya agar masyarakat mengenal dan tertarik untuk menggunakannya.

7. Menyatukan Pendapat

Dewasa ini semua orang dapat menyampaikan pendapat ke ruang publik melalui media sosial, sayangnya tidak semua pendapat yang disampaikan sesuai dengan fakta yang ada. Akan tetapi informasi yang valid dari sumber terpercaya pastinya bermanfaat dan bisa dijadikan penilaian untuk menyatukan pendapat-pendapat yang dikemukakan di ruang publik.

Baca Juga : Pengertian Evaluasi

Jenis-Jenis Informasi

Jika merujuk pada pengertian informasi, maka informasi dapat kita bedakan menjadi empat jenis. Adapun beberapa jenis informasi adalah sebagai berikut :

1. Informasi Berdasarkan Sifat

Informasi berdasarkan sifat, terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :

a. Faktual
Informasi yang dibuat berdasarkan fakta dan dapat dibuktikan kebenarannya.
b. Opini atau konsep
Informasi yang dibuat berdasarkan pendapat seseorang tentang sesuatu hal.
c. Deskripsi
Informasi yang dibuat dalam bentuk penjelasan terperinci mengenai sesuatu hal.

2. Informasi Berdasarkan Kegunaan

Informasi berdasarkan kegunaan, terbagi dua bagian, yaitu :

a. Informasi yang menambah pengetahuan
Informasi ini berisi hal-hal yang mengedukasi atau menambah pengetahuan baru bagi seseorang.
b. Informasi dengan ragam penyajian
Informasi ini disampaikan dalam beberapa bentuk dan media, misalnya artikel, audio, gambar, video, dan lainnya.

3. Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan

Jenis informasi ini dibuat dalam beberapa kategori, misalnya seperti dibidang kesehatan, pendidikan, bisnis, olahraga, dan lain sebagainya.

4. Informasi Berdasarkan Lokasi Peristiwa

Informasi berdasarkan lokasi peristiwa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu informasi domestik atau informasi dalam negeri dan informasi luar negeri.

Contoh Informasi

Pada umumnya penyampaian sebuah informasi akan disertai dengan data dan fakta yang sudah dikelola. Disini diberikan sebuah contoh informasi harga barang pada sebuah toko, yang sesuai dengan data dan fakta.

Toko Jaya Abadi

Periode : 20 Juli 2018
1. Beras - Rp 10.000/kg
2. Telur Ayam - Rp 29.000/kg
3. Kecap Manis - 15.000@275ml
4. Gula Pasir Rp - 12.000/kg
5. Minyak Goreng - Rp 20.000/kg
6. Mentega - Rp 6.500 @200 gram

Dari data yang ada di atas kita bisa mengetahui informasi mengenai harga barang-barang yang dijual di Toko Jaya Abadi. Dan informasi yang bisa kita kumpulkan dari data tersebut adalah :
  • Nama toko
  • Periode waktu
  • Nama barang
  • Harga barang

Data tersebut sudah melalui proses pengelolaan terlebih dahulu, dan karena bermanfaat, mudah dipahami dan menyediakan data valid, maka bisa disimpulkan bahwa tulisan tersebut merupakan sebuah informasi.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian informasi, fungsi, jenis-jenis dan contoh informasi. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dan menambah wawasan kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel