Tes Wartegg : Arti Tes Wartegg dan Tips Mengerjakan

Test Wartegg Adalah
Apa itu Tes Wartegg? Bagaimana cara mengerjakan? Pertanyaan-pertanyaan demikian sering kali ditanyakan para pencari kerja yang ingin menghadapi psikotes. Tes wartegg adalah salah satu tes psikologi yang selalu hadir ketika melakukan tes IQ untuk mengetahui seberapa baik kemampuan berpikir sesorang.

Bagi beberapa orang yang pernah melamar kerja di perusahaan tertentu pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya tes wartegg. Untuk lebih jelasnya mari kita baca penjelasan dibawah ini mengenai pengertian tes wartegg dan tips cara cepat mengerjakannya.


Pengertian Tes Wartegg

Tes wartegg adalah salah satu bahan tes psikologi atau psikometri yang digunakan untuk mengetahui karakter seseorang dari segi imajinasi, emosi, dinamisme, reality function, dan kemampuannya dalam mengontrol sesuatu.

Pada tes ini, peserta diminta untuk melengkapi atau menyelesaikan beberapa gambar yang disediakan. Tes ini sendiri diciptakan oleh Krugger dan Sander dari University of Leipzig, yang akhirnya dikembangakan dan disempurnakan kembali oleh Ehrig Wartegg dan Marian Kinget.

Pada tes ini, akan disediakan 8 kotak yang di dalamnya terdapat gambar yang belum selesai. Ada yang berupa titik, garis lurus dan melengkung, atau gabungan antar titik dan garis. Titik-titik maupun garis tersebut akan diselesaikan oleh peserta tes, dan akan menghasilkan yang tentunya memiliki makna tersendiri dalam ilmu psikologi.

Dalam kurun waktu 30 menit, peserta tes harus menyelesaikan gambar tersebut dan diharuskan memberi nomor urut gambar, sesuai dengan urutan pengerjaannya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui mana yang termudah hingga yang tersulit bagi peserta, begitu juga dengan gambar mana yang paling disukainya.


Keterangan Gambar Dalam Tes Warteg

Sesuai dengan penjelasan di atas yang mana dari 8 kotak tersebut terdapat gambar yang berbeda. Di bawah ini akan dijelaskan keterangan gambar dalam tes tersebut, berurutan dari gambar atas kiri ke kanan, dilanjutkan dengan gambar bawah kiri ke kanan.

1. Gambar Titik

Gambar titik pada bagian tengah kotak adalah untuk menjelaskan karakter seseorang dimana akan menjadi penilaian atas penyesuaian dirinya terhadap lingkungan baru yang berbeda.

2. Gambar Coretan dan Garis Berliku

Gambar kedua ini berbentuk gelombang, yaitu untuk menunjukkan fleksibilitas dari perasaan sesorang, atau dengan kata lain untuk mengisyaratkan suatu kehidupan yang bebas namun tetap dinamis.

3. Gambar Beberapa Garis Vertikal

Gambar ini menunjukkan 4 buah garis lurus vertikal dengan posisi yang sejajar, namun dengan ketinggian yang berbeda atau semakin tinggi. Gambar ini digunakan untuk menilai seberapa besar ambisi sesorang dalam meraih cita-cita dan kesuksesan.

4. Gambar Blok Persegi Panjang

Gambar berikutnya adalah sebuah blok warna hitam pada bagian kanan atas kotak. Gambar ini digunakan untuk mengetahui mengenai pola pikir dan kemampuan peserta dalam memecahkan sebuah masalah.

5. Gambar Dua Garis Diagonal

Gambar ini bentuknya menyerupai huruf T kapital diagonal yang tidak tersambung. Gambar ini digunakan untuk menilai inisiatif peserta dalam bertindak atau melakukan sebuah hal.

6. Gambar Garis Vertikal dan Horizontal

Gambar berikutnya merupakan garis horizontal dan vertical yang tidak bersambung, dan gambar ini digunakan untuk penilaian mengenai cara berfikir dan kekuatan analisa dari peserta.

7. Gambar Kumpulan Titik Membentuk Lengkungan

Gambar berikutnya merupakan mumpulan dari titik-titik yang yang membentuk sebuah garis putus melengkung. Gambar ini digunakan untuk menilai mengenai perasaan dan pandangan seseorang terhadap kehidupan, dan untuk melihat apakah orang tersebut stabil atau tidak, maupun dewasa atau kekanakan.

8. Gambar Garis Lengkung

Gambar yang terakhir adalah sebuah garis lengkung, setengah lingkaran dan menyerupai paying yang digunakan untuk menilai sifat asli seseorang dalam kehidupan sosialnya.

Baca Juga : Manajemen Strategi

Tips Mengerjakan Warteg Test

Untuk yang baru pertama kali melihat dan mengerjakan tes ini pastinya akan mengalami sedikit kesulitan. Oleh sebab itu disini akan dijelaskan beberapa tips mengerjakan tes wartegg untuk mendapatkan hasil yang pastinya lebih baik.

Adapun tipsnya adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan kertas tetap dalam keadaan bersih sebelum dan sesudah mengerjakan.
  2. Selesaikan tes ini dengan menggambar secara acak namun tetap dinamis, untuk menunjukkan kesan diri yang stabil dan konsisten.
  3. Selalu mulai dengan pilihan yang paling mudah dan jangan menghabiskan waktu terlalu lama untuk berfikir.
  4. Khusus untuk laki-laki ada baiknya tidak memulai dari gambar nomor 5 terlebih dahulu, sebab bisa saja memberikan hasil bahwa adanya kelainan seksual pada peserta tes.
  5. Sebaiknya kotak no. 1, 2, 7, dan 8 diisi dengan gambar yang bersifat hidup, sedangkan nomor lainnnya bisa diisi dengan gambar-gambar benda mati.
  6. Ketika menggambar sebaiknya pikirkan hal sederhana, sehingga tidak perlu menghapus gambar karena hal tersebut menandakan dirinya adalah orang yang tidak tegas dan tidak terencana.
  7. Hindari menekan garis terlalu kuat, karena bisa menandakan bahwa peserta seolah adalah orang yang keras kepala.

Contoh Hasil Gambar Tes Wartegg

Di bawah ini adalah beberapa contoh hasil gambar tes warteg :

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 3

Gambar 4

Ketika mengerjakan tes wartegg, peserta harus menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya, dan tidak terfokus kepada hal-hal yang ada diluar tes tersebut agar dapat menyelesaikan semua gambar sesuai dengan panduan yang sudah dijelaskan di atas.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian tes warteg, tips cara mengerjakan tes warteg dan contoh-contoh gambar hasil tes warteg. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk dapat mengerjakan tes ini dengan lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel