Pengertian Konsep Diri Adalah : Komponen, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri

Konsep Diri Artinya
Apa yang dimaksud dengan konsep diri? Definisi konsep diri adalah cara pandang dan sikap seseorang terhadap dirinya sendiri. Konsep diri mencakup berbagai kekuatan maupun kelemahan individu. Untuk lebih lengkapnya, mari kita baca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Konsep Diri

Arti konsep diri adalah cara pandang dan sikap seseorang terhadap dirinya sendiri, mulai dari dimensi fisik, karakter individu, dan motivasi diri. Konsep diri memiliki peranan penting dalam mengarahkan dan menentukan perkembangan kepribadian seseorang di tengah masyarakat.

Bisa dikatakan bahwa konsep diri adalah penilaian seseorang pada dirinya sendiri. Konsep diri dibagi menjadi tiga bentuk, antara lain :
  1. Body image, yaitu kesadaran seseorang melihat tubuh dan dirinya sendiri.
  2. Ideal self, yaitu harapan dan cita-cita seseorang tentang dirinya sendiri.
  3. Social self, yaitu bagaimana ia berpikir orang lain melihat dirinya.

Konsep diri mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia, baik aspek sosial maupun dalam lingkungan pekerjaan. Konsep diri bisa bernilai positif dan negatif, dimana seseorang bisa memandang dirinya kuat, cerdas, optimis, kompeten atau bisa juga sebaliknya.


Pengertian Konsep Diri Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami pengertian konsep diri, mari kita lihat pandangan beberapa ahli mengenai konsep diri, diantaranya :

1. Potter dan Perry

Potter & Perry menjelaskan arti konsep diri adalah citra subjektif dari diri dan pencampuran yang kompleks dari perasaan, sikap dan persepsi bawah sadar maupun sadar, yang mempengaruhi manajemen diri terhadap situasi dan hubungan seseorang dengan orang lain.

2. James F. Calhoun

James F Calhoun menjelaskan, arti konsep diri adalah gambaran mental individu yang terdiri dari pengetahuan tentang dirinya sendiri, pengharapan diri, dan penilaian terhadap diri sendiri.

3. Stuart & Sundeen

Stuart & Sundeen menjelaskan arti konsep diri adalah pikiran, keyakinan dan kepercayaan yang menjadi pengetahuan individu mengenai dirinya sendiri yang akan mempengaruhi hubungannya dengan orang lain.

4. Rochman Natawidjaya

Rochman Natawidjaya menjelaskan, arti konsep diri adalah persepsi individu mengenai dirinya sendiri, kemampuan dan ketidakmampuannya, tabiat-tabiatnya, harga dirinya dan hubungannya dengan orang lain.

5. Keliat

Keliat menjelaskan, arti konsep diri adalah cara individu memandang dirinya secara utuh, fisikal, emosional, intelektual, sosial dan spiritual.


Komponen Konsep Diri

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, konsep diri terdiri dari beberapa komponen, diantaranya :

1. Citra Tubuh

Citra tubuh adalah sikap individu terhadap fisik dirinya sendiri baik yang disadari maupun tidak disadari. Hal ini mencakup pandangan masa lalu dan masa kini tentang bentuk tubuh maupun potensinya.

2. Ideal Diri

Ideal diri adalah pandangan individu mengenai bagaimana seseorang sebaiknya berperilaku sesuai dengan standar pribadinya yang akan berkaitan dengan harapannya atau cita-citanya.

Pembentukan ideal diri biasanya sudah dimulai sejak masa kanak-kanak, dan banyak faktor yang mempengaruhi komponen ini, dan faktor utama yang paling mempengaruhi adalah orang-orang terdekat.

3. Harga Diri

Harga diri adalah pandangan individu mengenai pencapaian dirinya setelah menganalisa kesesuaian tingkah laku dengan ideal dirinya. Biasanya hal ini terbentuk sejak kecil karena adanya penerimaan dan perhatian dari sekitarnya.

4. Peran Diri

Peran diri adalah serangkaian pola sikap perilaku, nilai dan tujuan yang diharapkan kelompok sosial terkait dengan fungsi seseorang di dalam masyarakat.

5. Identitas Diri

Identitas diri adalah kesadaran tentang diri sendiri yang dimiliki oleh seseorang dari hasil observasi dan penilaian dirinya, baik itu kesamaan maupun perbedaan dirinya dengan orang lain yang biasanya terbentuk sejak masa kanak-kanak.

Macam-Macam Konsep Diri

Jenis-Jenis Konsep Diri
Jika dilihat secara umum, maka konsep diri terbagi menjadi dua macam, diantaranya  :

1. Konsep Diri Positif

Konsep diri positif adalah konsep diri dimana seseorang akan mudah beradaptasi dengan banyak situasi, dan cenderung melihat hal buruk yang terjadi dalam hidupnya memiliki hikmah dan bukan akhir dari segalanya.

Sikap optimis dan percaya diri adalah sesuatu yang mutlak dimiliki oleh orang dengan konsep diri positif, dan selalu meyakini bahwa semua permasalahan dapat dipecahkan.

Ciri lainnya yang dimiliki individu dengan konsep diri positif antara lain :
  • Menganggap orang lain sama dengan dirinya.
  • Keinginan dan kemampuan dalam memperbaiki diri sendiri.
  • Yakinan mampu mengatasi bermacam masalah.
  • Dapat menerima pujian tanpa merasa canggung.
  • Memiliki kesadaran bahwa semua orang punya perasaan, keinginan, dan perilaku yang belum tentu diterima semua anggota masyarakat.

2. Konsep Diri Negatif

Konsep diri negatif adalah konsep diri dimana seseorang cenderung lebih pesimistik dan jarang melihat kesempatan, tidak jarang juga individu ini akan merasa kalah sebelum mencoba. Dan tidak segan untuk menyalahakan diri sendiri maupun orang lain.

Ciri lainnya yang dimiliki individu dengan konsep diri negatif antara lain :
  • Responsi terhadap pujian.
  • Sangat sensitif terhadap kritikan.
  • Cenderung bersikap hiperkritis.
  • Punya perasaan tidak disenangi oleh orang lain.
  • Merasa pesimis setiap kali menghadapi persaingan.


Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri

Pembentukan pola pikir sangat dipengaruhi oleh banyak hal, baik pola asuh dan perhatian dari orang tua, hingga dari faktor lingkungan. Pengalaman akan hal-hal tersebutlah yang akan menjadi terbawa sampai kehidupan dewasa.

Anak yang sering dibentak, dihina dan jarang dipuji biasanya memiliki konsep diri yang negatif, dan anak yang tumbuh di lingkungan yang baik pastinya akan merasa dihargai dan tumbuh lebih positif. Akan tetapi konsep diri tidak bersifat statis, melainkan dinamis dan bisa dipengaruhi olehaspek lainnya sehingga suatu saat akan berubah.

Masalah yang terjadi pada manusia sebagian besar berakar pada cara pandangnya terhadap diri sendiri. Pemahaman ini kerap berakar dari pikiran negatif baik pada diri sendiri, seperti merasa inferior, tidak berguna, tidak cantik dan berbagai kritik pada diri sendiri yang justru membangun problematika.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri seseorang selain pola asuh orang tua antara lain adalah :

1. Stress dan Depresi

Saat sebuah individu merasakan tekanan yang berlebihan bisa saja dirinya menjadi depresi, hal ini bisa membangun kecenderungan untuk berfikir sesuatu yang negatif. (Baca : Pengertian Stress)

2. Kegagalan

Kegagalan yang terjadi secara berturut-turut secara tidak langsung bisa memberikan efek yang berbahaya. Seseorang bisa menjadi ragu terhadap kemampuan dirinya, bahkan bisa berujung kepada pemikiran bahwa dirinya lemah atau tidak berguna.

3. Berfikir Secara Berlebihan

Berfikir dengan berlebihan bisa membebani diri dan mengarahan pikiran kepada hal yang buruk, terlebih pada penilaian diri sendiri. Jika kita sudah terjadi sebaiknya segera dihentikan agar tidak membawa penilaian negatif terhadap diri kita sendiri.

Paham terhadap konsep diri sangatlah penting, terlebih bagi yang ingin atau sudah terjun di dalam dunia bisnis. Sebab akan banyak kendala yang menghadang dan kita dituntut untuk selalu bersikap dan berpikir positif dalam mencari solusi.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian konsep diri, komponen, jenis-jenis dan faktor yang mempengaruhi konsep diri. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai pengertian konsep diri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel