Manajemen Sumber Daya Manusia : Pengertian, Tujuan dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen SDA Adalah
Apa yang dimaksud dengan manajemen sumber daya manusia? Apa saja fungsi dan tujuan manajemen sumber daya manusia. Manajemen SDM adalah ilmu untuk mengatur hubungan dan peran tenaga kerja secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan utama perusahaan. Untuk lebih memahami pengertian mamajemen SDM mari kita baca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Manajemen Sumber daya Manusia

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia adalah proses dan upaya untuk merekrut, mengembangkan, memotivasi, serta melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap sumber daya manusia yang dibutuhkan perusahaan dalam mencapai tujuan.

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah ilmu untuk mengatur hubungan dan peran tenaga kerja secara efisien dan efektif agar tujuan utama perusahaan bisa dicapai. Manajemen SDM adalah kajian bidang ilmu manajemen yang menggabungkan teori psikologi, sosiologi dan lainnya.

Penerapannya meliputi desain dan implementasi perencanaan, penyusunan karyawan, pengelolaan karir, pengembangan karyawan, evaluasi kinerja, hubungan ketenagakerjaan, hingga melibatkan kebijakan dan keputusan yang berpengaruh terhadap tenaga kerja.


Pengertian Manajemen SDM Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami mengenai manajemen SDM, mari kita lihat penjelasan para ahli mengenai definisi manajemen SDM, diantaranya :

1. Mary Parker Follett

Menurut Mary Parker Follett pengertian manajemen sumber daya manusia adalah seni dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai tugas yang diperlukan.

2. Melayu SP Hasibuan

Melayu Hasibuan menjelaskan bahwa pengertian manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur peran hubungan kerja agar dapat secara efektif dan efisien dalam rangka untuk mencapai tujuan perusahaan, pekerja, dan masyarakat.

3. Henry Simamora

Henry Simamora menjelaskan bahwa definisi manajemen sumber daya manusia adalah pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian remunerasi, serta pengelolaan individu anggota kelompok pekerja.

4. Hadari Nawawi

Nawawi menjelaskan bahwa manajemen SDM adalah proses pendayagunaan manusia sebagai tenaga kerja secara manusiawi agar potensi fisik dan psikis yang dimiliki berfungsi maksimal bagi tercapainya tujuan perusahaan.

5. Anwar Prabu Mangkunegara

Anwar Prabu Mangkunegara menjelaskan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah suatu perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian remunerasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

6. Mutiara S. Panggabean

Mutiara S. Panggabean bahwa definisi manajemen SDM adalah suatu proses manajemen yang terdiri dari pengorganisasian, perencanaan, kepemimpinan dan pengendalian kegiatan yang berhubungan dengan analisis pekerjaan, pengadaan, evaluasi pekerjaan, pengembangan, promosi, kompensasi dan pemutusan hubungan kerja dalam rangka mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.

6. Gary Dessler

Gary Dessler menjelaskan bahwa definisi manajemen SDM adalah kebijakan dan latihan untuk memenuhi kebutuhan pekerja atau aspek-aspek yang terdapat dalam SDM, seperti posisi manajemen, rekrutmen, seleksi, pelatihan, kompensasi, dan penilaian prestasi kerja karyawan.

7. Handoko

Handoko menjelaskan bahwa arti manajemen sumber daya manusia adalah kegiatan seleksi, perekrutan, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia dalam rangka untuk mencapai tujuan individu maupun organisasi.

Baca Juga : Manajemen Strategi

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Ada banyak penjelasan mengenai tujuan manajemen sumber daya manusia, akan tetapi secara umum terdapat lima tujuan pokok dari manajemen SDM, antara lain :

1. Membuat Kebijakan dan Pertimbangan

Manajemen SDM bertugas untuk membuat kebijakan dan pertimbangan bagi perusahaan dan para pekerja.

2. Membantu Perusahaan Mencapai Tujuan

Manajemen SDM bertanggungjawab dalam penerapan kebijakan yang dibuat serta memperhatikan dampak kebijakan dan prosedur terhadap para pekerja.

3. Memotivasi Penuh

Manajemen SDM memberikan dukungan nyata kepada perusahaan, misalnya dalam bentuk perekrutan SDM berkualitas dan menciptakan kondisi yang kondusif di perusahaan.

4. Membantu Penyelesaian Masalah

Manajemen SDM membantu dalam penyelesaian masalah yang umum terjadi dalam organisasi atau perusahaan, sekaligus mencegah perusahaan jatuh pada situasi krisis yang bisa memberikan resiko negatif bagi banyak pihak.

5. Sebagai Media Komunikasi

Manajemen SDM menjadi media komunikasi yang menjembatani hubungan antara pekerja, manajer, dan perusahaan. Dimana sering terjadi adanya karyawan yang menghindari komunikasi langsung dengan staff maupun manajer, dan disinilah divisi Manajemen SDM memberi peran untuk membantu komunikasi tersebut.


Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen SDM memiliki hubungan yang erat dengan pengaturan tenaga kerja perusahaan dan interaksi antar anggotanya. Melalui penerapan manajemen SDM yang baik dalam perusahaan, pastinya akan membantu berkembanganya perusahaan atau bisnis tersebut.
Adapun fungsi manajemen SDM adalah sebagai berikut :

1. Staffing/ Employment

Manajemen SDA membentuk perencanaan yang baik terkait seleksi tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, berdasarkan keahlian dasar atau kompetensi khusus, agar tidak terjadi kelebihan dan kekurangan tenaga kerja.

2. Perfomance Evaluation

Manajer bertanggung jawab dalam mengevaluasi tenaga kerja di divisinya, dan melalui manajemen SDM maka penilaian kinerja anggota akan lebih mudah dan bisa dipastikan setiap orang melakukan tanggung jawabnya.

3. Compensation

Manajemen SDM memberikan reward kepada tenaga kerja berprestasi, sesuai dengan pembayaran dan manfaat yang diberikan oleh tenaga kerja tersebut.

4. Training and Development

Manajemen SDM memberikan pelatihan dan pengarahan yang baik terhadap anggota perusahaan, untuk dapat meningkatkan kualitas kerja setiap tenaga kerja. Dan melakukan pemutusan hubungan kerja bilamana ada anggota yang tidak memenuhi kriteria kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan.

5. Personnel Research

Meningkatkan efektifitas kerja dalam perusahaan melalui analisis terhadap permasalahan individu pekerja juga menjadi perhatian divisi manajemen SDM. Mulai dari keterlambatan kerja hingga masalah absensi, atau ketika ada masalah yang timbul karena ketidaknyamanan pekerja terhadap sistem perusahaan.

6. Employe Relations

Perusahaan dengan manajemen SDM yang baik akan menjaga hubungan antara perusahaan dengan pekerja, untuk mencegah adanya permasalahan dengan dengan serikat pekerja yang memicu aksi-aksi yang mempengaruhi jalannya perusahaan.

7. Safety and Health

Selain untuk mengatur interaksi dengan tenaga kerja, manajemen SDM juga berperan dalam keselamatan kerja karyawan, karena akan mempengaruhi kredibilitas perusahaan. Oleh sebab itu perlu dibuat standar operasional prosedur kerja dalam beberapa perusahaan.

Demikianlah penjelasang singkat mengenai pengertian manajemen sumber daya manusia, fungsi, tujuan, peranannya dalam bisnis atau perusahaan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai istilah manajemen sumber daya manusia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel