Pengertian Opini Adalah : Arti, Ciri-Ciri, Unsur, Jenis, dan Contoh Opini

Definisi Opini Adalah
Apa itu opini? Apa saja ciri dan jenis opini? Arti opini adalah hasil pikiran seseorang terhadap suatu hal yang bersifat subjektif dan belum tentu benar. Untuk lebih jelasnya mari kita baca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Opini

Definisi opini adalah suatu pendapat, tanggapan, pandangan, atau hasil pemikiran seseorang dalam menjelaskan atau menyikapi suatu hal tetapi sifatnya tidak objektif dan belum dipastikan kebenarannya.

Arti opini adalah suatu pendapat atau pikiran yang bersifat subjektif dimana semua orang bisa memiliki pendapat yang berbeda terhadap suatu peristiwa atau objek. Opini adalah bersifat pendapat pribadi baik terhadap hal yang sudah terjadi maupun belum terjadi.

Opini bisa disampaikan dengan banyak cara, baik secara aktif dan pasif, verbal maupun non verbal, secara kiasan, bahkan melalui gestur.

Baca Juga : Pengertian Emosi

Ciri-Ciri Opini

Sesuai dengan penjelasan di atas, kita bisa melihat adanya opini berdasarkan ciri-cirinya, adapun ciri-ciri opini adalah sebagai berikut :

1. Bersifat Subjektif

Opini merupakan penilaian seseorang mengenai sebuah hal, dimana penilaian tersebut lahir berdasarkan pengetahuan, pengalaman atau keinginan. Jadi bisa dikatakan kemungkinan besar semua orang memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang suatu kejadian yang sama.

2. Menjelaskan Tentang Hal Tertentu

Opini kerap kali menjelaskan tentang sesuatu hal hanya dengan memperhatikan gejala tertentu kemudian menyampaikan pendapat, prediksi, saran dan harapan dari kejadian tersebut.

3. Kebenarannya Masih Diragukan

Isi sebuah opini tidak bisa dipastikan kebenarannya, dan perlu diuji apalagi dibuktikan. Itulah yang membuat ketika seseorang menyampaikan opininya biasanya akan memakai kata mungkin, menurut saya, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Apatis

Unsur-Unsur dalam Opini

Arti Opini Adalah
Penyampaian sebuah opini biasanya didasari oleh beberapa unsur, adapun beberapa unsur yang membentuk suatu opini antara lain seperti :

1. Nilai Kepercayaan

Penyampaian opini terhadap suatu hal biasanya karena didasari oleh adanya kepercayaan, dan nilai kepercayaan ini sendiri terbentuk karena pengaruh agama, politik, budaya, dan lain sebagainya.

Nilai kepercayaan pada umumnya memberi pengaruh yang sangat besar bagi pendapat seseorang, itu juga yang membuat orang dengan latar belakang kepercayaan yang sama cenderung memiliki opini yang sama.

2. Sikap

Sikap seseorang dalam menyikapi sebuah peristiwa bisa melahirkan opini, sikap yang ditunjukkan baik membenarkan atau menyanggah informasi bisa beragam, dan dipengaruhi oleh media lain yang dilihat atau didengar.

3. Persepsi

Opini publik terbentuk karena adanya persepsi, atau sebagai pemberi makna dalam sebuah peristiwa. Ketika seseorang mendapatkan informasi tertentu maka pada saat itu akan terjadi penilaian terhadap penyebab dan kemungkinan yang dapat terjadi, dan pada akhirnya akan menghasilkan suatu opini.


Jenis-Jenis Opini

Secara umum, opini dapat dibedakan menjadi empat jenis, antara lain adalah adalah sebagai berikut :

1. Opini Pribadi

Opini pribadi adalah pendapat seseorang terhadap sebuah hal tanpa dipengaruhi oleh pendapat dari orang lain, yang biasanya tidak diungkapkan secara publik karena bersifat pribadi, meskipun pada kasus tertentu hal tersebut dilakukan.

2. Opini Kelompok

Opini kelompok adalah pendapat sekelompok orang terhadap sesuatu yang menjadi kepentingan orang banyak. Opini kelompok ini terdiri dari mayoritas dan minoritas, yang ditandai dengan jumlah pro dan kontra terhadap suatu peristiwa.

3. Opini Publik

Opini publik adalah pendapat yang muncul dari suatu diskusi dalam menyikapi hal tertentu dan menghasilkan suatu kesimpulan yang kemudian menjadi opini bersama.

4. Opini Umum

Opini umum adalah pendapat yang berlaku secara umum atau dipahami secara bersama-sama oleh masyarakat.

Contoh Kalimat Opini

Sebetulnya ada banyak sekali contoh kalimat opini yang bisa kita temukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Adapun beberapa contoh kalimat opini adalah sebagai berikut :

  • Langit terlihat sangat mendung, menurut saya tidak lama lagi akan turun hujan.
  • Korupsi semakin merajalela, menurut saya menerapkan hukuman mati bagi koruptor bisa menekan angka korupsi di Indonesia.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian opini, ciri-ciri, unsur-unsur, jenis-jenis, dan contoh kalimat opini. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca, terlebih mengenai istilah opini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel